Mesin2 berkompresi tinggi di atas 10:1 yang ditemui pada mobil & motor injeksi seperti Yamaha Vixion, Honda PCX & Kawasaki KLX250 mensyaratkan minimal menggunakan BBM beroktan 92. Tapi mengapa kendaraan2 itu masih bisa minum Premium ??? belum meratanya distribusi BBM sekelas Pertamax di berbagai daerah mau gak mau memaksa para ATPM mobil maupun motor melakukan penyesuaian terhadap kondisi yang ada di Indonesia.
Yang dilakukan oleh pihak ATPM disini adalah penyesuaian pada ECU ato lebih dikenal dengan istilah remapping (pemetaan ulang). Disini program yang ada di chip ato eprom mengalami perubahan. Ada 2 metode yang dilakukan yakni ganti chip ato cukup dengan upgrade software. Menurut rekan saya bro Adrian Hendrayana tujuan remapping yakni untuk mengatur semua variabel / parameter yang berkaitan dengan sensor2 elektronik yang terhubung ke ECU seperti limit RPM, mengatur ulang injection timing, ignition timing, dsb. Dengan adanya pemetaan ulang tersebut diharapkan gejala ngelitik/knocking akibat penggunaan BBM beroktan di bawah 92 (Premium) dapat diminimalisir. Jadi jangan kaget yah kalo akhirnya banyak mobil2 canggih & mewah bisa minum Premium…Kalo yang ini salah sapa ???
Meski bisa diisi Premium namun cara ini mempunyai kekurangannya yaitu kurang optimalnya performa kendaraan. Buat mas bro yang beli tunggangan lewat importir umum alias CBU misalnya Honda PCX, jangan coba2 diisi ama Premium, dijamin bakalan ngelitik deh tuh mesin…lah wong settingan ECU-nya beda ama yang lokal punya 🙂
Bonusnya ini aja deh…
klo seandainya isi dompet org indonesia tebel2, bensinx jg bagus.pasti aja bisa beli yg bagus,tapi isi dompetx musti makmur dl…..
nice inpo
weleh2 kok ya nemu iklan juadul gitu 🙂 nais inpoh
Nemu di gudang pak, sebelum diloakin dicopot dulu terus di scan 😀
Kalo distribusi pertamax sudah merata di Nusantara dan kualitasnya standar internasional pasti banyak yang pake , sebenernya banyak orang kita yang mampu dan mau hanya prasarana yang belum siap,,,
wah Hijet udah injeksi to??…wkkwkwkkw
kalo orangnya yg punya kendaraan injeksi pelit..yah ttp ogah isi Pertamax
ciri2 mesin ngelitik itu seperti apa sih?
Pada putaran RPM tertentu ada gejala mbrebet seolah mesin tertahan. Di samping itu suara mesin rada kasar karena proses pembakaran terlalu cepat/terlambat.
wonderpul inpone pak Mit,
Matur nuwun, semoga bermanfaat menambah wawasan qta semua.
ikut membaca sambil manggut-manggut 🙂
Sama dunk pak, saya jg manggut2 ketika dijelaskan masalah remapping 🙂
wiih hijet!! mobil belajaran saya dulu awal2 nyetir!
wah, scorpio sy pakai premium murni juga nglitik kok mas mitra.
Kalo Scorpio cocoknya pake pertamax, biar tambah ngacir turingnya 😀
ilmu baru lagi nih
top dah
Terima kasih pakde 🙂
pada jupiter mx dan vixion jga kompresinya tinggi, tapi diimbangi dengan maping pengapinnya yang nggak terllu advance…
sepeda motor banyak kok yang lokalan tapi komprei diats 10:1…yah macam satria FU ama Vario…kalo dipaksa minum premium…suara mesin brisik banget…kayak mesin disel suaranya…..
heheuuu heuuu
bonusnya dapet darim naatu
Bonusnya nemu majalah lawas di gudang 🙂
mantaf dah pak mit
makasih pak 🙂
yang ane rasain kalau make premium pada pulsar 200 ane :
* RPM naiknya lama banget
* top speed langsung down ( baru 110 km/h udah begetar )
* akselerasi otomatis ikut lemot
beda banget kalau pake shell meski yang super aja. . .
larinya maknyussssss zwingggggggggggggg. . . .
keep brotherhood,
salam,
mas mitra. . .
iklan tahun berapa itu mas? daihatsu hijet1000 . . . jaman aku sd kuwi mas. . . .
keep brotherhood,
salam,
Sekitar thn 78an. Aku durung lahir hehehe…Salam brotherhood jg
tahun 78 yo mas? aku yo durung lahir
aku ngertine pas pak dheku tuku mobil koyo ngono kuwi tahun 89/90 an waktu iku aku baru kelas 2 sd baru belajar naik sepeda bmx . . .
keep brotherhood,
salam,
Yup sekitar tahun segituan. Thn 89/90 aku durung lahir 😀 qeqeqe…
salam brotherhood jg… 🙂
maaf OOT mas mit..ngomong2 soal hijet, ada yg lucu nih 😀
http://aditninjamaniac.wordpress.com/2010/10/21/lucu-lucuan-mobil-tua-yg-nyentrik-di-parkiran-kampus/
Siap meluncur ke TKP…