28
Feb
11

Perbedaan Honda CBR 250R Versi Indonesia Dengan Versi Luar

picture : press release AHM

Honda CBR 250R telah diperkenalkan kepada publik Indonesia hari Jumat, 25 Februari 2011. Pembalap papan atas seperti Dani Pedrosa, Casey Stoner & Andrea Dovizioso pun dihadirkan guna memeriahkan acara peluncuran. Terinspirasi dari model Honda VFR1200F, CBR 250R merupakan motor premium kedua andalan PT. Astra Honda Motor (AHM) setelah skutik Honda PCX. Pesaing Kawasaki Ninja 250R ini hadir dalam 3 warna pilihan Candy Ruby Red, Asteroid Black Metallic & Sword Silver Metallic. Harga jualnya adalah Rp39,9 juta untuk tipe standar & Rp46,5 juta untuk tipe ABS.

Yup seperti yang kita ketahui, kendaraan yang dijual secara global begitu masuk kesini tentu butuh beberapa penyesuaian/perubahan. Tak terkecuali Honda CBR 250R ini. Apa saja sih perbedaannya CBR 250R versi AHM dengan versi yang diimpor oleh importir umum (Thailand).

picture : press release AHM

  • Tempat plat nomor depan

Aslinya motor2 versi luar gak ada tempat plat nomor di bagian depan. Berhubung disini ada aturan wajib menggunakan nopol di depan, mau gak mau AHM menambahkan braket plat nomor (lihat gambar di atas). Hal ini mirip dengan Honda PCX, versi Thailand polos sedangkan versi AHM sudah dibekali braket nopol. 

  • Sakelar headlamp

CBR 250R versi AHM tidak menerapkan DRL (Daytime Running Light) ato AHO (Automatic Headlight On). Jadi masih ada saklar buat nyalain lampu utama. Fitur ini mirip dengan Honda PCX versi AHM. Yang versi Thailand tidak ada karena sudah menerapkan DRL / AHO.

  • Remapping ECU

Remapping ato pemetaaan ulang otak komputer ECU. Lebih jelasnya tentang remapping silakan baca disini. Nah kenapa remapping ECU diperlukan ??? karena kualitas & ketersediaan BBM sekelas Pertamax yang dibutuhkan oleh CBR 250R belum merata di semua daerah. Apalagi perbandingan kompresi CBR 250R mencapai 10,7:1. Kalo tidak ada penyesuaian ECU tentu bisa menimbulkan masalah bagi konsumen yang tinggal di daerah. Tunggangan kesayangan bisa batuk2. Dengan remapping ECU CBR 250R masih bisa minum Premium. Hanya saja konsekuensinya terjadi penurunan performa, tidak segalak jika minum Pertamax… lebih2 Pertamax Plus.


33 Responses to “Perbedaan Honda CBR 250R Versi Indonesia Dengan Versi Luar”


  1. 28 Februari 2011 pukul 8:36 pm

    apakah dengan adanya Remapping berarti ngaruh ke performa di banding versi luar Pak MIt ?

    • 28 Februari 2011 pukul 8:40 pm

      Tujuan remapping yakni untuk mengatur semua variabel / parameter yang berkaitan dengan sensor2 elektronik yang terhubung ke ECU seperti limit RPM, mengatur ulang injection timing, ignition timing, dsb. Dengan adanya pemetaan ulang tersebut diharapkan gejala ngelitik/knocking akibat penggunaan BBM beroktan di bawah 92 (Premium) dapat diminimalisir.

  2. 5 Pino Kio
    28 Februari 2011 pukul 9:08 pm

    sayang aja gak ada versi REPSOL-nya.

  3. 28 Februari 2011 pukul 9:59 pm

    Versi IU dan AHM gimana perbedaannya pak?

  4. 28 Februari 2011 pukul 10:08 pm

    gak terlalu signifikan ya bedanya?

  5. 1 Maret 2011 pukul 12:16 am

    absen saja, masih jetlag

  6. 1 Maret 2011 pukul 4:14 am

    oww..twrnyata ada remappingnya jg tho…

  7. 1 Maret 2011 pukul 10:02 am

    harganya juga membedakan om:mrgreen:

  8. 15 Rollerman
    2 Maret 2011 pukul 5:54 pm

    hmmmmmm

    sedikit berkurang neh nialai MEWAHnya CBR 250,pdhal motor skelas ini udah pst ownernya tahu kalo harus pke PERTAMAX

  9. 17 aan
    3 Maret 2011 pukul 8:05 pm

    kenapa dg slogan one heart dan produk global, honda cbr harga ditiap tiap negara beda apalagi di indonesia. Harusnya dg slogan itu paling hrus ttp sama dg hrga di thailand

    • 18 Andra
      18 April 2011 pukul 11:02 am

      One heart berarti keluar dari pabrik ya sama, kalo udah masuk distribusi ya disesuaiin pajak bea transportasi dll
      Itu udah bukan Honda lagi deh. Gk mungkin yang di Thailand, khusus untuk Indonesia misalnya, harganya dimurahin, berarti gk one heart

  10. 19 ida
    31 Maret 2011 pukul 10:26 am

    perbedaab harga untuk CBR indonesia dan CBR impor berapa pak?

  11. 21 wisas
    6 April 2011 pukul 9:18 pm

    ko euro 2 ato euro 3 nya ga di bahas ???

    • 22 Andra
      18 April 2011 pukul 11:03 am

      Motor teknologi terbaru gk perlu bahas lagi euro 2 3 karena saat produksi sudah diikutsertakan speknya.
      Kecuali produk lama yang dulu saat diproduksi belum euro, kemudian diproduksi ulang dilabelin euro biar diterima.

  12. 23 vanderjar
    24 Mei 2011 pukul 8:46 am

    Mas, tentang remapping ecu apa dapet info langsung dari AHM? kok saya belum pernah baca artikel lain yang mbahas ini? stau sy bedanya yang ketiga di bagian canister evaporator yang dihilangkan.

    • 24 Mei 2011 pukul 10:12 am

      Yup, saya dapat info dari seorang instruktur AHM. PCX ecunya juga diremapping. Hal ini bertujuan agar konsumen bisa menggunakan bbm sekelas premium, kan tidak semua daerah tersedia bbm sekelas pertamax.

  13. 26 Dody
    30 Agustus 2011 pukul 8:33 pm

    saya salah satu pengguna cbr 250R… setelah sebulan pake (sejak bulan juli) saya mengalami musibah.. karena kecerobohan orang..aya yang menjadi korban… cbr saya nubruk jupiter Z….. tabrakan yang lumayan.. saya menabrak dari samping…. sempat ngerem sampe bergaya “stopie”…. ban belakang terangkat….hufff….. setelah nabrak trus terjatuh kesamping….. alhasil.. head lamp beset2…. holder belakang (bahasa suroboyonya “PLENGER” ) patah…. tanki sedikit beret dan footstep kiri patah……
    kesimpulan dari kejadian ini…..
    salah satu kelebihan dari motor ini..Body/fairingnya KUAT BANGET!!! hanya pangkonnya yang miring…. tapi ga ada yang pecah.. beberapa temen pengguna motor lain (yang berSILINDER 2 itu lo….) setelah mendengar cerita saya jatuh…sudah banyak yang menyangka saya akan beli satu set fairing dan inden dengan harga yang menguras kocek lebih dalam..lebih dalam..dan lebih dalam lagi..hehehehhe………….. ternyata harga body cbr 250R juga murah bgt!!!………. sangat jauh dengan harga body saudara TUA yang satunya..hehehhe…….
    over all…dengan body segini..( 100 Kg+) saya baru berani memacu kecepatan 142 km/jam….. lumayan lah… dibandingkan rx king saya..125km/jam…vixion..115 km/jam.. suzuki TS 125 … 110 km/jam… rxz…110 km/jam… vespa…ga tau..speedometernya mati,,hihihihi……jadi menurut saya utk akselerasi motor ini cukup buat saya….
    oh ya.. konsumsi bahan bakar dengan pertamax plus/ shell super extra…say ukur 22 km/liter…. kalo honda bilang bisa 27km/liter..hmmh…..mungkin ga pernah diajak lari tuh motor….. tapi lumayan lah…yang penting masih nisa beli..hihihihi……
    cuman satu ganjakan hati ini…….. SUARA KNALPOT CBR ini…..aduhhhhh.seperti BANCI !!!!!!!!! seperti orang bersiul di WC…hahahahahhaha…. tapi dipikir2 ya gpp lah..setiapp produk ada kekurangan dan kelebihan…. namanya juga terlanjur jatuh hati…..
    demikin sedikit (apa??? sedikit??????) testimoni dari saya….salam satu hati,,,,
    CBR250R… M.A.N.T.A.P…..

  14. 28 khaalid al barra
    1 September 2011 pukul 10:21 pm

    gmana klau cbr250r tdk mengunakan pertamax. Pak saya punya cbr250R warna hitam,silver!!!!! Oil nya apa ya pusing !!! Aqu miqir tu cbr250R.kra 2 brapa juta ? hrga ban y pak ya. Saya perna mengalami, knalvot nya kna diding rmh wak tu mau masuk k mtr mah sdah sdit hlang warna knalpot nya ..-gmana tangapan bpak dan ibu.. Bodi ampir sama sma mengap ro yg keluaran bru…..cbr250+R M.A.N.T.A.P. KNAPA Y IKLAN TLEVISI/TV YANG MENGUNAKAN STONER…KNAPA G PEDROSO.PED KAN PEMBALAP AHM ASTRA HONDA MOTOR./HONDA KIRA 2 BRAPA LAMA STNK

  15. 29 joko
    6 September 2011 pukul 10:34 pm

    kalo dikasih brokit gimana,apa masih bisa pakai premium….

  16. 30 darson
    13 Oktober 2011 pukul 12:29 pm

    bro ada kendala sma CBR 250 gw,CBR gw kmrin gw ajak mudik ke ponorogo,tetapi di kcepatan 125km/jam getaran mesin terasa bngt.RPM pd posisi 9000.apakh kendala ini cuma di motor gw aja ato terjadi di motor” yg lain bro.tq

    • 13 Oktober 2011 pukul 3:45 pm

      Oli mesinnya pake apa mas bro ??? kalo masih pake standar pabrikan saran saya minimal pake oli mesin semi sintetik sekelas Motul ato Shell. Pengalaman saya juga gitu, oli mesin yang bagusan salah satu efeknya yaitu getaran mesin lebih minim meski belinya mahal.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
Februari 2011
S S R K J S M
« Jan   Mar »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 6,484,629 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 378 pengikut lainnya

Suka Blognyamitra ???

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: