03
Jan
12

Adu Castrol Power 1 vs Shell Advance AX7…Unggul Siapa…???

Menindaklanjuti request dari mas bro Munding Beureum & Adit di artikel ini, saya mencoba mengulas kelebihan & kekurangan dari oli tersebut. Castrol Power 1 & Shell Advance AX7, kedua oli ini punya spek sama persis yakni SAE 10W-40 API Service SL JASO MA2. Kemudian harga olinya pun nyaris sama yakni di kisaran Rp45rb-an. Kedua pabrikan ini mengklaim bahwa olinya punya kelebihan dalam hal meningkatkan performa mesin hingga mengurangi gejala selip kopling. Sapakah pemenangnya ???

Castrol Power 1

Oli ini dibekali Power Release Formula terbaru. Dengan ramuan terbaru oli ini dapat meningkatkan akselerasi, mengurangi gesekan berlebih pada mesin yang dapat menurunkan tenaga mesin, memberi perlindungan terhadap jeroan mesin hingga mengurangi gejala selip kopling. Yang saya rasakan akselerasi cukup baik, suara mesin halus & perpindahan gigi cukup lancar meski lalu lintas cukup padat. Hingga mencapai 1.000 km, performa oli masih menunjukkan kinerja cukup baik. Di kemacetan kipas radiator Yamaha Vixion jarang sekali menyala, hal ini menunjukkan oli sanggup meredam panas mesin. Hanya saja kemampuan kuda besi untuk berakselerasi mengalami penurunan.

Shell Advance AX7

Pabrikan dari Belanda memperkenalkan formula RCE (Reliability, Control & Enjoyment) yang terkandung di dalamnya. RCE memberikan perlindungan lebih terhadap komponen mesin, mengoptimalkan kopling sehingga mencegah terjadinya selip kopling & mengurangi getaran mesin. Yang saya rasakan dengan oli ini adalah tarikan mesin enteng & perpindahan gigi lebih enak. Pokoknya ngacir bener deh tuh tunggangan. Meskipun begitu oli ini ada sedikit kekurangannya. Untuk kondisi macet parah, pindah gigi agak sulit & kipas radiator Yamaha Vixion suka nyala. Tapi kalo kemacetan sudah berlalu, semuanya akan kembali normal.

Kesimpulan

Disini saya akan beri nilai dengan rentang 1-5. Makin tinggi nilainya makin bagus.

Castrol Power 1

  • Kemampuan mengurangi getaran mesin : 5
  • Perpindahan gigi : 4
  • Performa mesin : 3
  • Kemampuan meredam panas mesin (jalanan macet) : 4
  • Skor Total : 16

Shell Advance AX7

  • Kemampuan mengurangi getaran mesin : 5
  • Perpindahan gigi : 4
  • Performa mesin : 4
  • Kemampuan meredam panas mesin (jalanan macet) : 3
  • Skor Total : 16

Agak susah menentukan siapa yang menang…kedua oli tersebut punya kelebihan masing2. Shell unggul dalam hal performa mesin tapi kalo urusan macet seperti di Jakarta, agak kedodoran dibandingkan Castrol. Di tengah kemacetan pake oli Castrol terasa lebih pas, mesin tidak kegerahan terlihat dari kipas radiator yang jarang menyala. Saya kurang tahu bagaimana hasilnya jika dituang di motor lain, apakah hasilnya sama dengan Vixion atokah ada perbedaan.

Tinggal pilih mau yang mana, yang ini ato yang itu… :)

Ada pendapat ??? monggo dikomentari mas bro…


119 Responses to “Adu Castrol Power 1 vs Shell Advance AX7…Unggul Siapa…???”


    • 23 Desember 2014 pukul 7:00 pm

      IL MOTOR LUBUK BEGALUNG dapat kan barang nya di bengkel spare part kami. lokasi : di depan central motor yamaha lubeg / di sebalah radio pesona 105 fm.
      PADANG
      HP:085264100020
      pin bb:29d4b762

      UKURAN OLIE SEAL
      SEAL CRANK SHAFT / KRUK AST K.GTO 20X40X7
      SEAL CRANK SHAFT / KRUK AST Y.F1/F1ZR 32X44X8
      SEAL CRANK SHAFT / KRUK AST Y.RX 100 20X40X8
      SEAL CRANK SHAFT / KRUK AST Y.RXS/RXK 28X40X8
      SEAL CRANK SHAFT / KRUK AST RC 30X44X7
      SEAL CRANK SHAFT / KRUK AST L TRS,SAT,TORN 25X44X7
      SEAL KICK STARTER H.C800 13,7X24X5
      SEAL KICK STARTER H.CB/GL100/PRO 16X28X7
      SEAL KICK STARTER Y.RX KING 17X25X4
      SEAL KICK STARTER Y.F1 15X26X6
      SEAL KICK STARTER KICK S. SHOGUN 14X24X6
      SEAL KICK STARTER KICK S. GRAND 14X24X5
      SEAL KICK STARTER KICK S. PRIMA 13,8X24X5
      SEAL SHOCK FRONT  H.CB100 27X37X7,5
      SEAL SHOCK FRONT H.KEV/ALFA/GN5/F1/JUP/SMASH 26X37X10,5
      SEAL SHOCK FRONT H.GL/RXS/SHOGUN  27X39X10,5
      SEAL SHOCK FRONT  H.GL PRO 31X43X10,5
      SEAL SHOCK FRONT Y.RXK/THD/RGR 30X40,5X10,5
      SEAL SHOCK FRONT GTO 30X42X10,5
      SEAL TUTUP SHOCK ABSORBER DEPAN H.GRAND 26X37
      SEAL TUTUP SHOCK ABSORBER DEPAN H.GL PRO 31X43
      SEAL GIR DEPAN ASTREA 17X25X5
      SEAL GIR DEPAN H.GL100/PRO 20X34X7
      SEAL GIR DEPAN A100/RC 17X28X6
      SEAL GIR DEPAN F1/RXK 20X38X5
      SEAL GIR DEPAN GRAND 17X29X5
      SEAL GIR DEPAN L2G 26X38X7
      SEAL GIR DEPAN PRO 20X34X7
      SEAL TRANSMISSION H.CB/GL100/PRO 14X28X7
      SEAL TRANSMISSION H.ASTREA 11,6X24X10
      SEAL TRANSMISSION S.A100 12X22X9
      SEAL TRANSMISSION S.SMASH 14X24X5
      SEAL TRANSMISSION F1 22X32X6
      SEAL TRANSMISSION F1ZR 12X18X5
      SEAL TRANSMISSION KAZE 12X20X6
      SEAL TRANSMISSION Y.RX100/RXK 14X24X6
      SEAL TRANSMISSION Y.JUPITER Z 12X22X5
      SEAL MAGNIT H.WIN 18,9X30X5
      SEAL MAGNIT Y.F1/ALFA/RXK 25X40X8
      SEAL MAGNIT SMASH 25X44X7
      SEAL MAGNIT RXS 20X40X8
      SEAL MAGNIT A100 20X37X8
      SEAL MAGNIT CB 22X35X7
      SEAL STARTER BASE(BIG)H.ASTREA 30X42X4,5
      SEAL AUTOMATIC STARTER(SMALL) H.ASTREA 18,9X28X5
      SEAL CHAM SHAFT / NOKEN AS H.CB/GL100 15X25X7
      SEAL RPM H.GL100/PRO 6,5X14,5X7
      SEAL RPM RXK 8X18X5
      SEAL STUD KOPLING Y.RX100 4,8X22X7
      SEAL STUD KOPLING A100 5,5X16X8
      SEAL STUD KOPLING RXK 4,8X25X5,5
      SEAL OIL PUMP F1 10X21X5
      SEAL OIL PUMP F1/RXK 4X9X3
      SEAL OIL PUMP RXK 14X25X5
      SEAL OIL PUMP RXK 5,5X9X3

      Demikianlah informasi tentang Daftar Harga Tebaru Untuk Semua Merk Motor yang bisa Spesifikasi Dan Harga Otomotif Terbaru berikan, semoga bisa bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya.

  1. 3 Januari 2012 pukul 12:15 pm

    belum nyoba di P220… Castrol Power1 dulu di King, Ax7 dan Enduro dulu di Tiger kurang greget

  2. 3 Januari 2012 pukul 2:47 pm

    Gejala Shell mirip2 sama oli bawaan, klo macet rada susah ganti gigi (slip)+kipas nyala…..

  3. 3 Januari 2012 pukul 5:19 pm

    vixion ane udah dari awal pake SHELL VSX dan sekarang berganti nama menjadi SHELL AX7..so far gga ada kendala.lebih enak ketimbang t*p1 action plus yang iklannya ninnja 250 black..
    getaran mesin minim.kebetulan juga ane pecinta produk shell.jadi dari BBM sampe OLi pun ane pake SHELL biar seragam..vixi ane udah 2 tahun lebih dgn perawatan yg baik dan pakai produk pelumas yg baik masih seperti motor baru 3 bulan keluar dari pabrikan…

    semua tergantung agan2 yang sayang sama masin motor..cari yg terbaik aja..

    salam hangat rider indonesia
    safety riding gan

    thx

  4. 3 Januari 2012 pukul 10:59 pm

    Mantap masbro…request saya terkabul
    hatur nuhun :D

  5. 8 5800
    3 Januari 2012 pukul 11:29 pm

    Untung punya stok 2 castrol lama ma shell ax7 tinggal nanti minggu depan sekalian servis ke4 plus dapat bonus yamaha coolant gratis dr dealer…
    Sekalian nanti tak ganti filter olinya biar oli barunya langsung kerasa kasiatnya..
    hehehe…
    Mending yg kutuang nanti castrol lamanya pa new AX7nya pak mit…
    Jadi penasaran ma AX7….

  6. 11 supriyanto
    4 Januari 2012 pukul 9:58 am

    pake enduro racing nya pertamina bro….
    ok bangeth…

  7. 12 mahesha
    4 Januari 2012 pukul 2:58 pm

    FU ane dr awal thn 2009 udh pake Shell VSX skg AX7..motor terasa mak wuuuss bro..

  8. 5 Januari 2012 pukul 11:34 pm

    Dua-duanya bagus ya.

    Klo gitu nggak jadi nyoba.

    Balik ke mesran super aja.

  9. 6 Januari 2012 pukul 6:28 am

    ane vote motul ester wae laghh ;)

  10. 21 Januari 2012 pukul 4:29 pm

    wah baru baca skrg nih pak mit..hehe..makasih reviewnya..dari AX7 yg disebutin itu memang bener..kipas sering nyala..tapi masih setia pake AX7 nih.. :D

    Adit..

  11. 2 Februari 2012 pukul 12:24 pm

    Sya mw cari oli ” MOTUL ” untk ” PIO Z ” sy,tp dimana yg jual ya ? Coz di Aceh & Medan kok susah bngt carinya,tlung kasih pencerahan ya……

  12. 21 Amar
    6 Februari 2012 pukul 6:07 pm

    Gan tolong diadu Shell Advance AX7 VS Pertamina ENDURO RACING ?

    • 22 syafrial
      23 Desember 2012 pukul 12:08 am

      udah ane coba loh pertama motor honda ane pke enduro biasa aja kga kerasa trs ane coba pake shell ax7 gila perubahanya kerasa dulu ane pke enduro trs bensin total 95 1liter alias pertamax plus trs ane campur 2 liter premium cma sedikit berasa tp setelah pake sell ajibbbbbbbbbbbbbbbb gk nahan

  13. 23 inung
    19 Februari 2012 pukul 7:00 pm

    barusan ganti dari yamalube sport ke ax7,.mg aja bener jd lebih baek,.!

  14. 24 ADI PRAMONO
    10 Maret 2012 pukul 10:38 pm

    Sesuai dgn selera

  15. 25 rere fuers
    26 Maret 2012 pukul 11:12 pm

    mesinya alus nggak pake ax7

  16. 4 April 2012 pukul 10:29 am

    Belum nyoba dua2nya, baru nyoba Enduro Racing.
    So far so good. Dalam kota oke. Jalan Solo-Purwokerto gak ada trobel.
    Kalo ada yg bilang menguap, sy pake sampe 1000km gak berkurang tuh.

    Tapi masih pengen nyobain yg lain: Castrol, Shell, ‘n Motul.
    Biar tahu rasanya gimana..

  17. 6 April 2012 pukul 8:52 am

    duh, bingung jadinya, hemmm,
    gan, qu mo nanya dikit bolehkan?

    bila di bandingkan sama oli pabrikan honda yg MPX masih bagus mana gan?

  18. 30 Arya Manchunian
    9 April 2012 pukul 6:10 pm

    kedua oli tersebut yang paling cocok untuk new jupiter mx 2011 yang mana ?
    mohon jawabannya !!

    Trims

  19. 32 Rassyah
    12 Mei 2012 pukul 9:55 am

    wah , , , thanx mas brow buat infonya
    tp ini sih ngeshare pngalaman ane aj, klo dlu sempet mke R*ps*l yg 20-50, mesin jd berat n ga enak trus getaran nya jg parah, , make skitar 6bulanan
    eh, ada temen nyaranin buat mke shell, alhamdulillah, jd lebih enakan. . .
    Motor ane scorpio 2008

  20. 33 kocci-kocci
    1 Juni 2012 pukul 8:52 pm

    mending pake oli bekas aja, campur minyak tanah dikit….. irit dan sederhana, biar cepat ancurrr mesinnya tuh motor……. heheee…

  21. 34 kevin penalosa
    20 Juni 2012 pukul 10:22 pm

    pake shell AX7 itu motor mjd lbh ringan, dengarin tarikan motor nya seperti suara jet…
    tarikan enteng dan bertenaga, walaupun panas akselerasi tetap meningkat daripada pke castrol mesin suka ngejut…

  22. 35 hendra
    2 Juli 2012 pukul 2:58 pm

    kalo ane pake shell advance gan, motor ane jup mx kopilng kurang lebih pake 2 bulan ini kecepatannya meningkat lumayanlah pulang kerja bisa cepet

  23. 36 hendri
    7 Juli 2012 pukul 4:56 pm

    shogun sp lama qu pke castrol power 1 tpi kok speknya API SJ JASO MA2 ya mas bro??? n di situsnya castrol juga API SJ JASO MA,. smentara yg diatas udh API SL,. mohon pencerahannya

    pemakaian baru 3 hari,. mantep juga akselerasi enteng mesin halus minim getar,. tpi gk tau juga ntr apakah sama performanya jika di atas 750 km

  24. 38 Carabaz
    10 Juli 2012 pukul 11:48 pm

    Klo motor dah pake radiator gk usah kwtr kipas sering nyala..motor yg udah pake radiator gua saranin pake shell ax7. Klemahan ax7 yg mudah memanas bisa diperkecil dgn adanya fitur radiator pd spda motor.
    Klo motor masih pake pendingin udara mending pake castrol p1..ato motul 3100.

  25. 39 hans
    13 Juli 2012 pukul 2:10 pm

    yang aq rasain sih castrol power1ne masih jd yg terbaik disegala medan
    dan untuk motor jenis apapun
    coz aq da pke 2 taon castrol power1 g pernah ada masalah pada mesin
    smua dalam kondisi fine,,,

  26. 40 kopek123
    15 Juli 2012 pukul 11:38 pm

    ane udah coba gan enduro racing ke ax 7, lebih enak ax 7 gan, rasanya lebih enteng, apalagi motul 5100 ester, tapi lebih mantabs lagi tambah adiktif nano n oil booster/norival oil, mantabs…

  27. 41 tengku nanggroe
    23 Agustus 2012 pukul 2:20 pm

    Gan apa ada yg jual Shell ADVANCR ULTRA RCE di semarang? Bagi” info yak, Pingin nyobain bos buat kuda ane hehe

  28. 42 tengku nanggroe
    23 Agustus 2012 pukul 2:21 pm

    Gan apa ada yg jual Shell ADVANCE ULTRA with RCE di semarang? Bagi” info yak, Pingin nyobain bos buat kuda ane hehe

  29. 23 Agustus 2012 pukul 6:02 pm

    klw kedua oli castror pwr 1 dan shell ax7 klw di banding oli bm1 bgus mana?, soalnya sya pnya motor satria fu kluaran 2005 tuh motor pake oli bm1 dr baru smpe lamanya tuh motor fine2 aja klw di itung2 udh 7 tahun pake bm1 blm pernah pejala motor rusak ( turun mesin) tp klw shell ax7 dan castrol power1 gak taudah kualitasnya sma gak sama bm1.

  30. 45 black ded
    29 Agustus 2012 pukul 3:06 am

    klo motul sm enduro racing gmn brader? :)

  31. 6 September 2012 pukul 8:27 pm

    makasi agan buat infonya
    ijin share: kalo ane pernah pake shell advance 15-40 tarikan berat, mesin terasa panas padahal BBM shell superextra. trus pake shell ax7 tarikan mesin enteng, tapi masuk gigi agak sulit mesin jg cepet panas kalo rpm >1000. vixy ane masih std, busi denso/NGK. belum pernah setting CO dari baru sama ganti air radiator. hehehe…

  32. 47 Aldrin
    6 September 2012 pukul 9:46 pm

    Saya pernah rasa Enduro Racing … Getaran terasa banget dan mengganggu … Mungkin Oli ini terlalu encer dengan spek bahwa Oli ini diperuntukkan Race … Kalau dibanding dengan AX7 agak jauh soal meredamnya, lebih stabil AX7 … Oh ya motor ane Jup. MX . Saran : Untuk pemakaian hari2 saya sarankan ke AX7 ….!!

  33. 17 September 2012 pukul 1:09 am

    KALO ANE PILIH CASTROL, DARI PERTAMA BELI MOTOR SMASH KELUARAN THN 2002 AMPE SEKARANG DAH 10 THN PAKE OLI CASTROL TERBUKTI BLOK MESIN ANE GAK PERNAH GANTI GEAR DALEMAN ATO SEHER SUARA MESIN HALUSSSS GAK BERISIK SAMA SEKALI, TARIKAN MASIH MANTABB AMPE 100KM/H LEBIH MASIH BISA. BUKTI TEMEN2 PADA NAKSIR MOTOR ANE KARENA MESINNYA MASIH HALUS. PEMAKAIAN MOTOR DARI PERTAMA BELI 2002 – 2012 HAMPIR SETIAP HARI DIPAKAI.

    TAPI UNTUK SHELL JUGA BAGUS DI LIHAT DARI KANDUNGANNYA HAMPIR SAMA TAPI ANE BELUM COBA. XIXIXI

  34. 19 September 2012 pukul 9:29 pm

    ane lebih nyaman pakai enduro 0,8 liter ajalah dimesin adem belinya jg terjamin asli di spbu perta
    mina.selain itu bau knalpot jd wwangi kayak permen dan motor mesin lbih nyaman buat jalan jauh

  35. 50 gudelpiero
    5 Oktober 2012 pukul 6:21 pm

    sebenernya sih enaka pake produk lokal… pakai fastron emang enak cuma agak kemahalan doank… tapi kalo Ax 7 oke jugalah w udah pake dari 2008
    tuh and jagan lupa perawatan motor yg penting bukannya olinya

  36. 51 adi
    9 Oktober 2012 pukul 7:13 am

    kalo motor suzuki thunder lebih baik apa ya?

    thanks.

  37. 53 aldrik
    9 Oktober 2012 pukul 12:42 pm

    Pengalaman saya pernah memakai beberapa oli sebagai berikut :

    1. AHM MPX 1
    2. Shell Advance AX 5
    3. Shell Advance AX7
    4. Federal Oil Supreme Ultratec
    5. Castrol Power 1

    Waktu beli castrol power 1 bulan ini sementara bagus, masih jalan 100km tapi emang ga beda jauh ama AX7. Tapi keliatannya getaran mesin lebih gedean castrol power 1 daripada AX7. Kalo suhu mesin masih belum tau saat ini, karena masih dikit jalannya. Nanti kalo udah >1000km mungkin udah bisa ketauan. Cuma eksperimen aja sih nyoba pake castrol. Karena selama ini beli AX7 di SPBU Shell itu harganya naik terus, bulan kemaren aja tembus 69rb. Ga tau kalo di tempat selain SPBU itu. Suka beli di SPBU karena yakin ama keaslian oli tersebut karena sudah khawatir ama pemberitaan peredaran oli palsu. Btw, thanks artikel ini membantu.

    • 54 aqumaddin
      15 Oktober 2012 pukul 9:59 pm

      pengen oli yang asli coba pke oli yg bungkusnya 1X pAKAI EGAK YG model bisa isi ulang. kan minimalizir tingkat pemalsuan

      • 55 aldrik
        10 Februari 2013 pukul 3:40 pm

        Untuk saat ini sih sementara masih konsisten pake castrol power1. Cara identifikasi kemasannya pertama adalah tutupnya, kayak tutup air minum kemasan gitu modelnya. Trus setelah di buka tutupnya, ada lembaran hologram yang juga berlogo castrol. Jadi hanya itu saja sih. Untuk yang susah isi ulang itu menurut saya model kaleng, tetapi udah lama saya ga pakai top1.

  38. 56 admin
    21 Desember 2012 pukul 6:29 am

    bagaimana untuk suzuki shogun 125 sp, oli apa yang paling cocok ?

  39. 26 Desember 2012 pukul 8:37 am

    oli bwt mtr vixion puth yp co2k n bgs apa ya bro?
    tlng solusinya,

  40. 59 sony d'gokilz
    26 Desember 2012 pukul 11:14 pm

    y saya prcy bhwa oli castrol dan shell advance kualitasnya bagus,
    krna saya sudah membuktiknx scra langsung?
    tp klo di suruh milih diantara kduax,
    saya lebih memilih oli shell advance, alasannya krna mesin lebih cpat dingin saat hbs brkendara jauh?
    suara mesin juga trasa halas, dan selip kopling jd semakin ringan?

  41. 60 davnie
    31 Desember 2012 pukul 1:40 am

    ane tadinya pake enduro racing..mesin cepet panas,perpindahan gigi susah,getaran mesin berasa bnget..,n sekarang pake motul gold ..awalnya tarikan agak berat..selang beberapa hari baru menunjukan performanya,tp sekarang lg mau nyoba shell ax7 yg lebih bersahabat harganya..slm vixi..

  42. 61 Neo
    9 Januari 2013 pukul 2:01 am

    Kedua-duanya masih semi-syntetic, tapi untuk performa mesin, Shell AX7 lebih baik. Kalo mau naik level performance sedikit pake yang full-syntetic : Castrol Power 1 RACING / Motul H-Tech 100, kisaran harga keduanya sama, performa mesin kira-kira sama (by feeling). Semuanya udah pernah di test di Vixion ane.
    Kurang puas ? Masih ada banyak lagi, tapi harganya 200 ribuan keatas. Sayangnya baru cuma SHELL ADVANCE ULTRA yang pernah 2 kali ane pake. Performa ? Jangan ditanya, duit nggak bohong.

  43. 14 Januari 2013 pukul 6:44 pm

    tp seandainya mesin 2 tak apa akan mengalami seperti itu,,misalnya mesin nggk gampang panas dan akan menambah power akselerasi nya atau mesin akan terasa nggk bisik…beri penjelasan ya

  44. 1 Februari 2013 pukul 2:00 am

    motor gue pakein oli ini… clurut2 tarikannya … jos dech pokoknya… yang laen perlu coba tuh ..

  45. 66 Hernawan
    10 Februari 2013 pukul 8:39 am

    tiger saya pake ax7, tapi belum menemkan performa terbaiknya, tapi masih setia juga dg ax7 coz belum menemkan pengganti yang cocok

  46. 67 çahyo
    25 Februari 2013 pukul 2:27 am

    ane pake motor vega r new 2008 ane make tiap hari depok jakarta dengan keadaan macet ama stop and go dan hampir tiap bulan ane ke daerah bandung dan sekitarnya

    kendala di jakarta mesin kepanasan
    jdi yg cocok ane pke oli apa gan? mohon bantuannya

  47. 68 cahyo
    25 Februari 2013 pukul 2:46 am

    ane pake motor vega r new 2008 dari depok ke jakarta bolak balik hampir tiap hari…dengan keadaan macet stop and go pula..mesin ane suka panas bgt..dan hampir tiap bulan ane ke bandung dan sekitarnya..kira2 oli apa yg cocok gan?

  48. 70 sayyid
    4 Maret 2013 pukul 3:07 pm

    Di vega r 2008 saya tak minum castrol power 1

  49. 71 oetjoe
    7 April 2013 pukul 11:02 am

    mas bro,klo castrol buat vario FI bagus gx?

  50. 73 Wawan
    22 April 2013 pukul 9:43 am

    klo buat tiger revo,yg cocok apaan gan ?????

  51. 75 aziez
    24 April 2013 pukul 11:08 pm

    gan klo repsol gmn tlng komentarnya???
    buat motor vixion lighting

  52. 77 utuh walut
    18 Mei 2013 pukul 10:07 pm

    Klu saya pakai mx manual 2008 , dari awal hidup sampai sekarang masih pakai yamalube, kurang lebih 5 tahun makai ngak ada masalah, kemarin saya ganti pir kopling TDR tuk kampas saya bandingkan sama yang baru perbida anya yang baru 100% yang saya pakai 85% luar biasa 5 tahun pakai ngak ngaruh ama kampas kopling , dengan jujur saya terang kan saya pengicir minyak,dengan bawa an beban 6 biji jerigin 35 liter , dengan yang di antar 1000 liter perhari jarak tempuh 45km ,bisa 5X pp baru habis tu minyak , selama 3 tahun saya kerja kayak gitu 2 tahunya nyantai, saya pikir setelah bungkar kampas kopling pasti mau habis tp ternyata cuma 15% kurangnya, , kesimpulan oli yamalube numer 1 buat mx aqu, dengan pergantian oli antara 1200/1500 km, moga berman fa at buat yang makai oli yamalube tuk ber pikir klu mau ganti oli merek laen,

  53. 78 joe
    24 Mei 2013 pukul 9:28 pm

    saya pemakai mx 2007,tiap hari saya rata2 jarak tempuh motor sy 150km, maklum marketing..hehe..selama megang mx sy udah nyoba mulai oli bawaan pabrikan, BM *, T*P 1, cas*rol …dan Ax7 sampai sekarang ini..sy rasa ax7 bener2 oli yg cocok buat MX..selain tarikan bener2 kerasa enteng,bbm juga jadi lebih irit..ternyata menurut info dari Shell yg pernah saya email…ax7 ternyata aman dipake sampe 5000km meskipun dengan style riding dan cuaca yg extrim (panas)..setelah info itu,hampir setengah taun ini sy make oli saya sampe 4000 km ( 1 liter )..alhamdulilah sampe skr ga ada penurunan performa atau perubahan suara mesin.

  54. 1 Juni 2013 pukul 9:24 pm

    shell ax7 jika dipakai 1500 km lebih volume berkurang 100 cc, saat penggantian oli – rata untuk harian motor setelah perjalan non stop 3-4 jam, istirahat hanya isi BBM, maklum biasa pakai FU 2012 (35.000 km), sedangkan Power 1 memang tenaga terasa lebih mendhem, namun volume tetap ini barangkali beda yang nyata..

  55. 80 gie pakotc
    13 Juni 2013 pukul 11:43 am

    bingung gan..
    gan ane mau nanya… pelumas yang cocok buat vario 125 FI yang mana??
    castrol power atau shell ax7 ???
    mhon di jawab gan ^^

  56. 82 patriot
    14 Juni 2013 pukul 9:30 pm

    Oli akan terasa bedanya setelah 2x pemakaian oli yang sama, karena setelah kita ganti oli merk baru, penggantian oli pertama berfungsi sebagai pembilas dan pembersih dari oli merk terdahulu. Nah fungsi oli baru akan terasa pada pemakaian oli kedua, demikian semoga bermanfaat. Salam Enduro

  57. 20 Juni 2013 pukul 8:04 am

    cintailah ploduk ploduk indonisia

  58. 84 afdhal
    23 Juni 2013 pukul 5:27 pm

    semua oli itu bagus menurut pilihan masing2,,,tetapi satria Fu aq keluaran tahun 2009, sejak pertama tunggangin smpex uda msok 2013 blm prnh gonta ganti oli, blm prnh bongkar mesin, blm prnh ada kendala baik perjalanan jarak jauh maupun jarak dekat dalam kondisi cuaca hujan maupun teriknya matahari, ganti oli sehabis 1200km perjalanan secara teratur, oli yg kupakai slama ini cuma CASTROL POWER 1, mgkin lbih banyak lagi oli yg lebih bagus dari castrol hanya saja aq masih percaya sama castrol power bukan karna iklan atau ikut-ikutan karna castrol memberikan aq bukti….trimakasih smuanya.

  59. 85 afdhal
    23 Juni 2013 pukul 5:29 pm

    maksud aq blm prnh gonta ganti merek oli,,,bukan gax ganti oli,gitu toh………

  60. 86 Muhaimin
    9 Juli 2013 pukul 10:56 pm

    Kalau aku enakan pakai enduro

  61. 87 gofur
    29 Juli 2013 pukul 1:17 pm

    Gimana klo moto gw kawasaki klx, pwr 1 ap ax7 buat enduro trail
    ?

  62. 88 moord
    16 Agustus 2013 pukul 6:52 am

    KLo saya yang pake honda beat cukup brmasalah dlm mncari oli yg cocok. Honda gandeng vendor yang jelek sih yaitu ahm. Mesin jadi kasar dan panas
    Begitu juga dg oli2 lain maçem top 1 castrol all variant. Trus pake oli apa saja ga enak. Sayakaget pas mesin beat saya dikasi oli shell advance ultra. Kakaknya ax7. Harganya emg 3x lbh mahal. Tapi benar2 krasa bedanya. Mesin jd enteeeng dan adem. Tarikan beat saya jd lbh cepat dan dari cuma bisa lari 80 an km/ jam skrng smp 100+km/ jam. Saya ga promosi yak. Cuma mw sharing aja

  63. 89 kekasih gelapku
    27 Agustus 2013 pukul 9:22 pm

    FU ane msih bAru bl0m ad 2 bln gan., kl0 udah wktUnya ganti oli oli yang pas buat mt0r ane castrol p1 apa ax7 ya_??
    mh0n inf0nya gan????

  64. 91 abul
    5 Oktober 2013 pukul 7:59 am

    mas,mo nya ni,,,ane pny vixi
    2011,knpa ya mesin ksar,sprti
    ada bnyi klotok2 gtu,tp pas
    kopling dtrik,suara nya dx ksar
    lgi,,,
    n klo dibwa jln jauh tu pas pnas,msin ksar bnar kyak ada
    bnyi serbutan pasir,,,,kasi
    solusinya dong,plis,,,ane bru
    2bln ni,bli seken,,,he

  65. 94 riski
    4 Desember 2013 pukul 10:49 am

    Untuk agan yg nanya enduro gimana ? Klo pengalaman saya kmren nyoba 1 x enduro tarikan parah, pokonya gak enak kali la klo d bwa perjalanan jarak jauh,, sya cba kmren dri medan – pku,, ampun dah sama enduro nie,,, biaasany saya make shell advance Ax 7 ,, ini oli emng bgus tarika,, grrrrrrrrrr,,, garang laaa,, saya nyoba d scorpio

  66. 95 muhsinin fandam
    10 Desember 2013 pukul 6:07 pm

    klo pake shell AX7 tarikannya emang yahuuudd brow, pindah gi2 lebih enteng bener.. tpi gampang panas tu vixi.
    mau nyari Shell AX7 d5na yach soalnya gw nyari ke bengkel jarang yg jual.
    mohon info dri agan2 bengkel yg jual AX7 nya d5n.. thanks. domisili semarang

  67. 96 Ipan sutrisna
    17 Januari 2014 pukul 1:11 pm

    Maaf gan nmpang tanya,kalo buat vega r new 2008,bagusan BM1 atau castrol power one.

    Balas.
    Makasih balelesan nya.

  68. 98 Yadi
    26 Februari 2014 pukul 1:20 am

    izin komen gan
    ane penguna motor mio 2010 ane udah tiga tahun pake oli standar yamaha alias (yamalube), ane pake yamalube itu tarikan kurang terus juga agak ngedeen kalo ditarik abis2an, 2 hari yg lalu ane ganti ke shell ax7 matic alhasil tarikan manteb gan, bahan bakar ane rasain lebih irit + ane coba tambahan pake v power weeesss manteb banget tarikan motor berasa banget, di gas setengah aja kecepatan terus meningkat gak nyesel deh ane kayaknya bakal terus pake shell *iklannya gak boong (Niknati tarikannya broo)
    sekian dan terimakasih

  69. 99 eddy
    25 April 2014 pukul 6:24 pm

    “oli castrol memang ok,,,

  70. 100 Wisnu Anggoro
    8 Mei 2014 pukul 1:47 am

    kalo motor saya udah bolak-balik gonta-ganti oli motor dengan berbagai tingkat kekentalan yg berbeda 10w-40, 20w-50, 15w-40.
    tapi ternyata oli yg paling enak dimotor cuma Mesran super, oli murah yg selama bertahun tahun gak pernah dilirik. dan dilirik waktu mencoba untuk berhemat :D
    mesin halus, pindah gigi mulus, tenaga dapet, harga pun terjangkau.
    apakah slip kopling? ternyata tidak cz speknya masih api SG yg terbukti handal dikopling karna “”tanpa” aditif “friction modifier” yg dikhawatirkan kampas kopling dan plat kopling menjadi licin dan menimbulkan slip kopling. makanya pertamina berani mencantumkan Jaso Ma pada oli mobil mesran super, karna aditif tersebut dihilangkan / tidak terdapat pada spek oli api SG.
    sebagai ilustrasi dulu pernah saya coba-coba oli primaXP 20w-50 api SJ, dan ternyata kopling menjadi slip.
    kalo saya justru berkesimpulan oli yg cocok untuk harian ya api SG, karna karakter stop & go menuntut dekapan kopling yg kuat diputaran bawah. berbeda dengan keperluan racing yg tidak memperhatikan slip kopling. dan ternyata enduro 4t 20w-50 yg terkenal dengan slogan “anti slip kopling” tercantum pada kemasan Api SJ, tetapi pada datasheet pertamina hanya tercantum api SG. :)

  71. 29 Juni 2014 pukul 12:51 pm

    ax7 nyarine susah,, bengkel2 pada punyanya ax5

  72. 103 fadly
    11 Agustus 2014 pukul 8:19 pm

    pokokx oli SHELL advance oli asli bahan buatanx jg lain dari pada oli2 lai pokokx kalau kalian smua pngen mesin mtrx awet ngk macet2 apa lg ngk boros bensin pake olii shell advance karna buatan blanda itu daera panas apa lg kita oakex di daera panas kalau kalian mau mtrx 3 thn langsung turun mesin apa lg boros bensin pake aja oli lain auka2 kalian hahahahahah

  73. 104 abel
    5 September 2014 pukul 10:21 pm

    gan klo bwt jupiter mx 2007,lebih mantep yg mana?
    cocok’y pke premium,pertamax ato pertamax+?

  74. 106 rudi
    22 Oktober 2014 pukul 7:25 pm

    untuk jupiter mx 2007, bagus pake shell ax 7 atau motul 3100???? makasih

  75. 108 ton
    10 November 2014 pukul 6:24 pm

    Saya lebih cocok pakai oli MOBIL Extra 4T (10w40) produk ExxonMobil. Di awal agak berat tetapi seterusnya tarikan mesin enteng dan saya pakai sampai 5000km.

  76. 8 Desember 2014 pukul 1:28 pm

    1TH pake AX7 di vixi ane, buat perjalanan jauh performa engine nya turun drastis pas kondisi ujan/dingin…. nga ada tenaga sama sekali rasanya, digeber ampe 100km/jam nga kuat lari….. tapi besoknya, pas cuaca kering/panas, performanya balik ke semula……

  77. 11 Desember 2014 pukul 2:32 pm

    Saya pengguna Shell AX7
    Pemakain untuk Karisma X 125 2005
    BBM Pertamax

    Untuk perjalanan jauh Pasuruan-Blitar PP cukup mantep
    perpindahan gigi cukup halus,untuk jarah jauh mungkin panas wajar.
    Soalnya saya cuma berhenti buat ngisi BBM

    Kalau Vario CBS sama Mio Soul 2009 masih pake Repsol,
    Apakah kualitas repsol cukup bagus untuk perjalanan jauh?

  78. 2 Februari 2015 pukul 7:58 am

    saya pecinta produk castrol dr jupiter mx sampe vixon di mx lebih cocok castrol active anti macet saat pindah gigi tarikan enteng dan bertenaga dan gak cocok di pasang power1 tarikan nya makin berat setelah ane ganti vixon pake oli bawaan sering macet” saat pindah gigi trs ane ganti ke castrol power 1 masalah macet pindah gigi selesai tp makin lama di pake mesin berasa makin lembut alias kurang bertenaga ,ini baru coba pake shell Advance dpt 3 hari tarikan lebih bertenaga gak tau lg selanjut nya gimana ??

  79. 20 Maret 2015 pukul 5:03 pm

    Maaf mas bro semua.ikut share ni.aku pakai satri fu th2013.
    Sperti biasa,awalny pakai olie sgo. Yg ane rasain persneling agak susah.apalagi dtrafict light berhnti mendadak.repot.performa mesin biasa aja.terus ane coba ganti enduro 4t racing.
    Yang ane rasain,performa mesin agak lumayan drpd sgo,wangi lagi.tp untuk perneling masih sama kerasny dg sgo.malah parah.
    Na ane coba shell ax 7.tarikan mesin juos,halus.perneling empuk.
    Karna penasaran ma castrol ane coba castrol pwr1.hasilny mesin panas bngt.persneling jg agak susah.baru jalan 20an km ane ga tega.selang sehari ane ganti shell ax7 lagi.wuss..empuk.
    Heran juga.oli br sehari dtap kok udah item y,jgn2 ane dsalahin orang.bngkelny jg hran.gmana coba.

    • 22 Maret 2015 pukul 9:51 pm

      Bro skalian,ane mau klarifikasi tulisan ane tgl 20 maret 2015.
      Saat ane coba2 pakae castrol pwr1,waktu itu ganti oli kamis(19),skitar jm 9-10 pagi.hbs itu plg kos dan mtr parkir di teras rmh kos sampai hari berikutnya,brsama mtr2 pnghuni laennya.
      Paginya hr jumat(20)tanpa ada kecurigaan,mtr ane bw jumatan jarak kira2 1km.hbs jumatan langsung ane bw jalan muter2 kuranglebh 20km.
      Nah di spanjang jalan ane merasa mtr kok ga sperti biasanya.ga enak,mesin panas,kasar.tarikan berat.ane istrahat dpom bensin waduh kok panas sekali mesin ini.
      Nah karna ga tega,akhirny ane ke bngkel beli filter oli,beli oli shell.nah dbngkel ini mulai tercium bau gosong.terus aku bawa ke bengkel yang kemaren aku ganti oli.bngkel kecil makanya ga sedia olie shell.apalagi filter oil.maklum krna uda langganan.dsitu,minta dignti oli sama filter.oli bekasnny warnany item padahal br jalan 20an km.ane bw pulang tu olie.mtr enteng masuk gigi juga empuk.mtr parkir lagi dtmpt yg sama sampae pagi.
      Karna penasaran,pagi hrny,dkmr kos tu oli ane colek trus ane jilat.awalny ga trasa apa2.lidah ane lap pake tisu,kok lama2 rasanya ASIN.
      Ane penasaran ane coba lagi ternyata memang ASIN.dan lidah ane lap pake tisu trus cuci lidah brkumur pake air.terasa skali asinnya.
      Dan ane ambil kesimpulan.ane merasa telah dijahili penghuni kos laenny dg memasukkan GARAM ke mesin motor ane.jadi itu penyebabnya msn jdi panas kasar berat dan agak bau gosong.bukan karna pakai oli castrol.
      Ane mohon maaf kpd castrol telah memberi komentar atau tulisan yg kurang baik kpda castrol.maaf ya.karna waktu itu ane belum selidiki.perlu ms bro skalian ketahui.ane selidiki rasa asin olie bekas pada sabtu pagi.setelah itu ane kemas2 pakaian.mau cari tmpt kos laen.terus ane cabut tp blm pamit ibu kos.mtr ane bawa jalan krg lebih 10km.ane cari bengkel.tu oli shelk ax7 ane kuras,terus filter oil dicuci pake bensin,udah itu ane ganti pake oli prima xp.jadi selama 3 hari ane ganti olie 3x berturut turut.
      Perlu ms bro ketahui juga,ane dtmpat kost tsbt baru 3 hari.mngkin krna tmpat parkirny ane tmpati terus jadiny mtr ane jd sasaran.sialan tu orang.tega bnget sampe sgitunya.
      Begitu ms bro skalian klarifikasi ane soal oli castrol dan mtr ane yg djahili manusia jahat.laen kali ane akan coba castrol pwr1 brgkali cocok.skali lagi ane minta maaf pada castrol.
      Thanks..

  80. 1 Juni 2015 pukul 1:59 pm

    aq masih o ser castrol mergo luweh juosss

  81. 13 Juli 2015 pukul 10:12 pm

    oli shell AX7 itu oli untuk motor balap.
    kalau di pakai jarak pendek / luar kota jalan malem.
    kecepatan rata2 di atas 80km/jam performanya saya akui jempolan.

    tp kalau di pakai tourung mudik yang pasti jalannya udah jauh sangat macet pula
    saran saya pakai castrol cz menurut saya oli castrol bukan hanya dingin lebih tepatnya sangat dingin.

    dan kalau ada yang tanya apa ngaruh ninin 250 di kasih oli castrol mesinnya dingin?
    menurut saya gak ngaruh cz ninin 250 dari lahir cacat produk(mesinya panas banget di pakai jalan macet)
    jangan heran kalau liat para rider ninin 250 rata2 pakai celana jeans semua dan pastinya ugal2an.
    maklum takut burungnya gosong. :v

    menurut saya motor 200cc ke atas yg tangguh cocok dengan karakter jalan stop and go di indo hanya 3.
    Bajaj 200ns , Bajaj Pulsar 220 & CBR250.(ketiga motor ini 1 silinder = karakternya torsi)
    & pembakarannya pun sudah bukan rahasia lagi sangat efisien(tenaga sebanding dengan konsumsi bbm)

    kalau om tanya bagaimana saya tau spek2 setiap motor ?
    jawabannya saya dulu pernah koleksi motor di atas 200cc , t1g0r 200cc jadul built up japan , ninin 250 , cbr 250 , bajaj pulsar 220.

    dan pada akhirnya motor yg saya jual lagi:
    t1g0r 200cc jadul built up japan(body emang garang tp peak power and power weight ratio sangat kurang)
    ninin 250 (saya akui tenaganya mantaps di kelas motor karbu,tp mesinnya sangat panas gak bisa di ajak nyantai)


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
Januari 2012
S S R K J S M
« Des   Feb »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 5,059,971 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 349 pengikut lainnya.

Suka Blognyamitra ???

Blog ini mendukung


Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 349 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: