30
Des
11

Meski Sama2 Punya Resistor Ternyata Busi Yamaha Jupiter MX Ama Vixion Itu Beda Mas Bro…!!!

Jangan sampe salah milih busi. Salah pilih busi efeknya performa mesin bakalan ngedrop. Dulu saya pernah salah pilih busi…yah namanya juga manusia, pasti ada salahnya dunk 😀 Banyak yang beranggapan busi Yamaha Jupiter MX & Vixion itu sama. Wajarlah muncul opini seperti itu mengingat tampang mesin Jupiter MX ama Vixion mirip.

Kalo kita cermati Jupiter MX jika pake NGK kodenya CPR8EA9 trus kalo pake Denso kodenya U24EPR. Bagaimana dengan Vixion ??? pake label NGK kodenya CR8E sedangkan Denso kodenya U24ESR-N. Tuh beda kan… Secara fisik busi buat Vixion & Jupiter MX sekilas mirip padahal ada perbedaannya (lihat gambar).

Perbedaan terlihat pada bagian ground elektroda & insulatornya. Busi buat Vixion pada bagian bawah sedangkan Jupiter MX bagian atas. Ground elektroda & insulator pada busi buat Vixion ukurannya lebih pendek.

Tapi…kalo dilihat kode busi standar Jupiter MX atopun Vixion baik keluaran NGK maupun Denso ada nilai tahanannya / resistor (R). Yup…betul, akan tetapi nilai tahanannya yang diperuntukkan buat Jupiter MX & Vixion berbeda. Info ini saya peroleh dari seorang mekanik ketika service Vixion di bengkel resmi Yamaha.

Btw apa sih kegunaan resistor (R) pada busi ??? fungsinya untuk mencegah terjadinya interfensi akibat adanya interfensi gelombang elektromagnetik. Di samping itu untuk meminimalisir noise listrik. Noise listrik ini timbul dari sistem pengapian itu sendiri. Contohnya berubahnya putaran mesin (RPM), missfire pada RPM tinggi, tenaga ngedrop pada putaran tertentu serta pembakaran yang kurang efisien.

Trus apa efeknya ketika Vixion ditanam busi Jupiter MX ??? paling terasa pas akselerasi & shifting gigi di RPM tinggi sepertinya ada yang tertahan. Ternyata…oh ternyata…businya keliru…pantes ajahhh…

Iklan

19 Tanggapan to “Meski Sama2 Punya Resistor Ternyata Busi Yamaha Jupiter MX Ama Vixion Itu Beda Mas Bro…!!!”


  1. 30 Desember 2011 pukul 7:58 am

    make yang platinum aja mas, lebih tahan lama+lbh nendang…..heheee.ni dah di 14rb Km blum ganti (1tahun), nti mw di ganti di 15rb Km dah krasa loyo….

    http://beckhem.wordpress.com/2011/11/25/beli-busi-ngk-g-power-dan-sarung-tangan-scoyco-mc12/

  2. 30 Desember 2011 pukul 10:56 am

    klo yg iridium kodenya sama g ya pak..?? coz sekarang si vixi pake yg iridium. 🙂
    http://tovavanjava.wordpress.com/2011/12/29/review-helm-mds-provent/

  3. 30 Desember 2011 pukul 11:59 am

    Oh begitu,
    Sip infonya.
    Vixi ku habis ganti busi,tp belum di cek nih

  4. 30 Desember 2011 pukul 3:29 pm

    ane pake platinum
    tapi buat sikebo belu, ku kira byson malah sama dengan pikson,,
    http://pertamax7.wordpress.com/2011/12/30/stoplamp-honda-tiger-revo-bikin-beda-ganteng/

  5. 30 Desember 2011 pukul 9:56 pm

    berarti ane ketuker dong 😦

  6. 8 Jet A1
    1 Januari 2012 pukul 7:38 pm

    Punya vixion malah sama 100% ama punya cs1 padahal beda merk

  7. 2 Januari 2012 pukul 7:49 am

    begitulah… mirip tapi tak sama

  8. 5 Maret 2012 pukul 5:52 pm

    waduh ane kmarin jg salah beli punya vixion bro. hehe

    emang sih hentakan di putaran bawah-tengah jd loyo. tp putaran atasnya stabil dan lancar smp di 135 km/h (CDI standart). missfire saat mendekati limit “sedikit” berkurang.

    mungkin disebabkan nilai resistansinya yang berbeda. busi mx dg kode CPR6EA 9 dan busi vixi CPR8EA 9. Perhatikan konstanta setelah R. ada perbedaan dua angka, berarti ada selisih 2 Kilo Ohm. (berarti kalo pake busi vixion sama dengan memperpanjang kabel busi berapa meter ya… =D) sementara di balik arena drag panjang kabel busi sangat berpengaruh.
    CMIIW =D

    kalo dilihat di katalog partsnya, kode busi kedua motor tsb juga beda. busi vixion kodenya 1S71 sedangkan mx 2S64.
    berarti beda banget ya? (ya iya lah secara mx masih pake CDI dan vixion sudah pake TCI) =D

    hmm.. skg ane balik pake busi yang lama (CPR6EA-9) gpplah mskipun udah bulukan tertimbun kerak. yg penting ngacir =D

    gap busi juga berpengaruh terhadap karakter mesin. semakin dekat gapnya, apinya semakin kecil namun dapat mengoreksi kurva pengapian menjadi lebih padat. sehingga loncatan api di tiap peningkatan RPM akan lebih presisi.

    nah kalo gap busi sedikit lebih renggang dari rekomendasi, pengapian akan lebih besar otomatis pembakaran lebih efisien. namun kurva pengapiannya ngaco. terasa saat di RPM tinggi terjadi gejala missfire. kalo di mx saya bahkan spt terjadi benturan logam kalo dipaksa smp mendekati limit (dg gap busi agak renggang).

    suara missfirenya bener2 menghawatirkan, spt piston beradu dg squish bkn hanya klep =D

    please correct me if I am wrong…

  9. 4 Juli 2012 pukul 2:11 am

    Walah… pantes gx bisa idup…
    thanks infonya… 🙂
    Sae Jati
    Furniture Jati Jepara Berkualitas
    Mebel Jepara

  10. 13 latax
    18 Juli 2012 pukul 8:36 am

    Pantas saja si BlackVixi q kencengnya cuma 100-105 kpj padahal gas full ngadat2. diganti ma yg “lupa merknya”
    kendeng hampir 130 kpj, baru sadar kalo masalah dibusi, eh cek2 salah busi lagi(karga gak tau pake resistor apa enggaknya).. must be original lagi dah.. makasih infonya.

  11. 2 Maret 2013 pukul 10:34 am

    kalau pakai NGK platinum kodenya berapa ya gan? masalahnya kebanyakan bengkel ganti busi hanya lihat dratnya. masak vixi ku mau dikasih busi karisma alasanya ulirnya sama.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
Desember 2011
S S R K J S M
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 8.491.350 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabung dengan 391 pelanggan lain

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: