Nongol di era tahun 1988-1992, Toyota Corolla Twin Cam boleh dibilang salah satu mobil yang sukses di pasaran. Tak heran meski mobilnya sudah berumur tapi hingga saat ini penggemarnya cukup banyak. Di masa jayanya, Corolla Twin Cam merupakan rival utama Grand Civic keluaran Honda. Berbagai varian Twin Cam hadir mulai dari SE, SE Limited, Liftback hingga yang versi kencengnya GTi.
Yup, Toyota Corolla Twin Cam GTi merupakan varian terkencang dari semua tipe Corolla yang hadir saat itu. Populasinya terbilang sangat jarang & menjadi buruan para kolektor penggemar kecepatan. Saking jarangnya, mobil ini tidak punya harga pasaran yang jelas, mirip dengan Honda Civic Estilo. Hadirnya varian GTi menambah semarak persaingan sedan2 kenceng saat itu seperti Mitsubishi Lancer Dan Gan GTi & Mazda Astina.
Ada perbedaan Toyota Corolla Twin Cam biasa dengan yang GTi. Mulai dari sektor interior hingga mesin. Corolla Twin Cam dibekali mesin berkode 4AF sedangkan yang versi GTi berkode 4A-GE. Mesin 4A-GE ini terbagi menjadi 2 yaitu yang 4A-GE 16 valve & 4A-GE 20 valve. Corolla Twin Cam GTi yang hadir disini menggunakan mesin 4A-GE 16 valve.
Yuk kita simak sekilas tentang mesin 4A-GE…
Mesin 4A-GE versi 16 katup
Mesin ini mulai dikembangkan dari tahun 1983 s.d. 1991. Yang cukup unik adalah mesin legendaris ini dibuat tak lepas dari campur tangan pabrikan Yamaha…!!! Dalam rentang 8 tahun telah lahir 3 generasi 4A-GE 16 katup. Generasi terakhir 4A-GE cukup beken dengan sebutan red top. Dinamakan red top karena tulisannya berwarna merah (lihat gambar di bawah). Tenaga yang dihasilkan mencapai 140 hp…!!! Sangar untuk ukuran saat itu.
Spek mesin 4A-GE versi 16 katup generasi ketiga
- Kapasitas : 1.587 cc DOHC
- Diameter x langkah : 81 mm x 77 mm
- Kompresi : 10,3 : 1
- Tenaga : 140 hp @ 7.200 RPM
- Torsi : 149 Nm @ 4.800 RPM
Mesin 4A-GE versi 20 katup
Setelah era 4A-GE 16 katup, muncul generasi keempat yakni mesin 4A-GE 20 katup yang dibuat pada tahun 1991 s.d. 1995. Mesin ini lebih canggih dibandingkan generasi ketiga 4A-GE karena sudah menganut buka tutup katup variabel (Toyota Variable Valve Timing / VVT). Mirip dengan red top, mesin ini punya nama beken silver top karena cover mesinnya berwarna perak. Kompresinya lebih tinggi dibandingkan yang 16 katup yakni mencapai 10,5:1. Tenaga yang dihasilkan mencapai 158 hp @ 7.400 RPM & torsi 162 Nm @ 5.200 RPM.
Masih belum puas sampai di generasi keempat, lahirlah generasi kelima 4A-GE 20 katup di tahun 1995. Kalo yang generasi keempat punya nama beken silver top maka yang generasi terakhir dinamakan black top. Beberapa penyempurnaan di berbagai sektor dilakukan agar si black top menghasilkan performa mengagumkan seperti throttle body, exhaust, camshaft hingga flywheel yang menggunakan material ringan. Tak hanya itu, girboksnya pun memakai 6 tingkat kecepatan. Hasilnya adalah tenaga naik menjadi 163 hp @ 7.800 RPM & torsi 162 Nm @ 5.600 RPM. Akhirnya di tahun 1998, mesin legendaris kolaborasi Toyota & Yamaha mengucapkan sayonara.
Mengapa mesin 4A-GE menjadi buruan penggila kecepatan ??? 4A-GE mempunyai keunggulan bobot ringan, tenaga besar, kuat serta banyaknya part2 racing yang melimpah. Jadi beruntunglah mereka yang memiliki Toyota Corolla Twin Cam GTi.
Puertamax larang tenan! 4A-GE emang mesin legendaris di Jepun.Kapan ya ane punya Toyota Corolla Trueno APEX (AE86)? Ngimpi.us
Semoga tercapai…amien…
Mesin yang di bikin film (initial-D) bkn?
Yup, initial-D, Trueno-nya pake 4A-GE…
jeroan mobil, awam benar. Jadi tahu. Sip Pak Mit
Sip…makasih bro…
hwaduh…. bisa menyebar virus Twincam nih! 😆
Yamaha bantu bikin baut2nya yah om??..xixiixixixix
Bantuin ngecat red, silver ama black 😛
kalo di Jogja harga secondnya masih mahalan yg SE Limited mas, tapi ya balik lagi ke kondisinya sih… pernah nyoba GTI emang dahsyat akselerasinya dibanding SELimited 😀
Yoi mas, GTi standarnya udah kenceng…apalagi kalo udah dioprek 🙂
Mit…yang ada campur tangan Yamaha mah bukan cuma Mesin yang ini…dari jaman 2TG juga Yamaha dah ikut campur
Untuk mesin seri 4A ini, Yamaha baru campur tangan di head yang 5 Valves per cylinder
Sip…makasih infonya…eniwei…di beberapa sumber seri 4A-GE udah melibatkan Yamaha sejak awal…
3SGTE ada yang versi yamaha juga kah?
semua mesin toyota yg belakangnya pakai g dibuat oleh yamaha
bukan sejak jaman 2t-g aja, sejak toyota ngeluarin toyota 2000gt, itu mesinnya yamaha juga yg buat….
o iya iya…yg akhirnya engine swap pake mesin ini…
keren dah, sasis AE86 + mesin 4AGE
twincam SE & GT kisaran 35-45 jt mas…
liftback luwih murah biasanya, klo bukan biker antusias pasti lbh milih ini daripada beli n250
Betul pak… 😀
iya nie salah satu mobil inceran, harganya pun masih tinggi…akhirnya ambil saudaranya lah.. toyota corona 2.0 th 91 xixixi klo corona pake mesin tipe apa ya om?
di era skg mobil2 performa mulai ditinggalkan…..jadi g ada lagi mobil performa yahud yg masuk indo…larisnya mobil2 pengangkut barang dan orang yang banyak…
Kode mesin Corona 3S-FE. Satu lagi, mobil2 irit lg naik daun…
wew masih 3 tak pikir da 4 juga wkwkwk
engine swap aja ma 3SGTE…
wah ada si tukang tahu
Harga tahu naik, lah wong tukang tahunya asik nge-drift qeqeqe… 😀
warungnya lupa
http://extraordinaryperson.wordpress.com/
Oooooooo ini to yang pada nyebutnya Twin Cam
buta soal mobil.
lha Greco juga ada tulisannya Twin Cam.
berarti ini yang masih mengkotak. tapi kok dijalanan jarang liat, masih kalah sering ama Civic LX dan atau Grand Civic
Twin Cam itu sebutan kalo mesin tsb punya camshaft/kem 2 buah. Kalo orang bilang mesinnya DOHC. Akan tetapi Twin Cam sedikit berbeda dengan DOHC. Kalo DOHC itu terdapat 2 camshaft & 2 camgear (sproket) sedangkan Twin Cam terdapat 2 camshaft tetapi hanya punya 1 camgear.
maksdunya mobilnya pak..kan di luar sana orang-orang banyak nyebut toyota twin cam….aku gak tahu..tahunya corolla sebelum great heheheeeeh
kayak dulu jug gak tahu yang namanya GEnio apa Ferio…..tahunya CIVIC
pernah ditawari yg SE (kalau tdk salah) harga 42 juta warna putih. Gambr terakhir itu yg filmx muter2 gunung di jepang itu kan.
Betul Initial-D
Corolla dx + 4A-GE mantap 😎
kangmas, ada baiknya source gambar disebutkan originalnya.
kecuali moto sendiri yah 🙂
ehhh… ada bos Santo… 😀 kalo nyari di mbah gugel gambar2 kayak gitu banyak yg sama, jd bingung deh sumber yg bener yg mana 🙂 kecuali untuk gambar yang nomor 1 (atas), udah keliatan sumbernya 🙂
hehehehehe….
bener juga yah 🙂
paling ga websitenya aja lo tulis mit.
sapa tau blog lo melejit, trus yg punya gambar ntar marah2 tuh
ane bisa ngasi gambar/foto mesin red top ane mas mitra….. gratis..hhehe.. btw info yg bagus
Initial D yang mainin Jay Chow kurang nendang beda sama yang versi manga nya
oh ya kalo mo beli mobil2 performa gini harus jeli dalam milih….dan harus siapin budget lebih buat perbaikan..krn boil2 performa yahud gini pasti pemilik sebelumnya suka bejek gas 😀 pa lagi umurnya da pada 20th lebih :p
apa mau ganti honda estilo om mario? hubungi diriku yo ada warna item
wah estillo juga mantep…harga psarannya gelap..tpi ntr deh msh bnyk kebutuhan lain xixixi :p
berapa pak bro estilo nya? tahun?
bebuyutannya dan gan gti nih, eh dan gan gti 1.8 yah, gak imbang donk hehehe eits tapi sama2 140 HP di jamannya,
Rival berat Dan Gan GTi ama Astina.
gan….itu yang 1300 belum twin cam gan….kenapa dipasaran ngakunya twincam!!! pembodohan mobil gan…..besok diulas mitsu eterna ya…ama mazda capella/cronos….
Yah kayak Twin Cam GTi, kudunya Corolla GTi, gak pake embel2 Twin Cam. Cuman berhubung tampangnya persis dengan Twin Cam yang laen akhirnya disebut Twin Cam GTi. Eterna ama Capella nyusul pelan2 deh… 🙂
saya suka film itu, juragan tahu yang nyetirnya pake satu tangan…
masda astina pasarannya sekarang brp pakbro?
Pasaran Astina kurang tahu mas bro… sepertinya gelap harganya…
Gan, ulas dong mengenai mazda rx7 dan nissan skyline gtr34 dan perbandingan performanya, serta ngalor ngidul di indonesia populasinya berapa banyak ya…?
Siap… saya tampung masukannya 🙂
mobile bapakku
kalau bawa mobil sejuta umat trus di pake ngetrel kaya gambar di atas di jamin mreeteeliii….wkwkwwkwkwk
wah.kesukaanku tuh.liat initial d.apalagi yg kartun.kayaknya cuma buat yg ngerti otomotif.yg dipasang di trueno nya takumi awalnya blacktop.trus diganti versi kompetisi yg 20 valve redlinenya sampe 11000rpm
CMIIW
Saya bangga punya Corolla Twincam GTi
insyallah bisa merawatnya dan memilikinya sampai akhir hayat
buat pemilik, pecinta, antusiasme Corolla Twincam GTi dan 4age berbagai varian
silahkan bergabung di mailing list indonesiacorollagti@yahoogroups.com
mari kita share semua nya tentang Corolla Twincam GTi
salut buat penulis
Salam kenal mas bro… 🙂
mau gabung ah, mumpung ada gti nongkrong neh
saya sanyat puas setelah baru-baru ini bisa mendapatkan mobil toyota twincamGTi th 1990 ,walaupun sebelumnya saya sudah pernah memiliki beberapa type mobil bekas alias tahun lama,namun blm dpat kepuasan.semoga mobil ini menjadi kebanggaan dan tentunya tidak menimbulkan permasalahan.
dimana ada jual suku cadang toyota corrola twincam yg asli untuk daerah riau..?
anggota di milis ini :
http://groups.yahoo.com/group/indonesiacorollagti/
ada yg jual, gabung aja…
Coba cari di bintang jaya jln sudirmanpekan baru lumayan lengkap utk urusan sedan
sy py twincam GTi 91 tp bingung di cianjur gak ada bengkel yg paham mwsin twincam,mohon masukan nya biar sy bisa merawat dn dimana sy cari spare part nya
gabung di milis corolla gti mas deden.
http://groups.yahoo.com/group/indonesiacorollagti/
Mobil legendaris, mantap di street racing. Salut buat para pemakai AE92.
pengen punya lageeeee………………..
dulu red top, kayak apa sih yang black top
Saya punya twincam SE/88… kira2 speknya paan ya? selama ini aku pake kenceng banget deh….
ntar swap ah enjin Kijang Grand kakekku pake Blektop (ngimpi mode : on
)
waowh manthepss.. mobil babeh ane sayang masih mesin 4A doank 😳
Terima kasih informasinya gan… cuma saya mau tanya nich, klo untuk mesin silver top biasanya di pakai untuk mobil apa ya??? apa great corolla??? namun saya liat muka mesin great corolla tidak seperti itu, atau dipakai untuk great corolla khusus??? (seperti twincam, kan ada yang se sama gti) Terima kasih gan, dan mohon informasinya lebih jauh.
Bang Mit, mau tanya.
klo lampu belakang corolla twicnam 88 di kasih lampu belakang corolla twincam se thn 90 / 90 bisa ngga ya ??
dudukannya pas ngga ??
thx.
Saya punya Corolla Twincam GTi th 91, ok banget baik body and mesinnya, mungkin ada teman2 penggemar yg berminat bisa hub no 03172358210 atau 08175272984, thank’s for yg punya blog MITRA, aku jadi bangga ma mobilku
halloo bro bro semuaa,, sya bangga bs nemuin blog ini,, sya punya toyota corolla twincam GTi thn 91, warna merah ferrari, mulus, istimewa, full variasi cd, vcd, dvd, mp3, flashdisk, mmc, sliding tv 7 inch, speaker baru, pw, ps, alarm semua ok.. mesin mulus… di tol lari 150km/jam gas blm mentok… brang ori msih ada, bpkb + stnk baru atas nama sendiri, stnk hbis 2016.. klo da yg minat boleh add ym ato email di dewotiopakusadewo@yahoo.com…. blm ada yg cocok sm harga… hehehe buat modal nikahh.. thq brooo
Met menempuh hidup baru yah bro… 🙂
gann klo ada yg minat yy,, tmen ato spa aza,, tinggal daerah kediri, tulunggagung,blitar, nganjuk, malang, jombang dn skitarnya boleh twarin gan.. boleh add ym / email di : dewotiopakusadewo@yahoo.com liat tk jamin suka…. heheheheee thq a lot gan
Thanks atas infonya bro…sy baru miara corolla tc liftback, kondisi mesin ok, tp bingung mau cari body part kayak list pintu, lampu depan, tombol2 power window…ada yang tahu info toko, atau bengkel spesialis twincam gak ya??? Pliss mau tak bikin retro car nih…
aku punya twincam ni…tapi rencana mau ganti pintu kiri depan belakang, dimana ada jual ya omm
aku nyarik pintu mobil twincam yg sebelah kiri muka belakang, dimana ada jual ya omm
Twin Cam …tua tua keladi…..klu mesin dirawat makin jadi…masih stabil di geber sampai di angka 140km/jam…bahkan masih bisa di genjot lagi pedal klu masih berani…muuuuantap…..
tinggal dmn mas? saya kebetulan jg Pake TC Liftback dan punya channel utk dptkan bbrp part orinya Liftback. Kalo berminat silahkan email ke n4n4nk21@gmail.com barangkali ada yg bisa saya bantu.
trims..
mantabs bro…@fire_kabBogor.
gw punya corolla tc gti’90, pernah gw geber di jalan tol kecept nyampe 190 km/jam diadu ma civic estillo gak kalah…. Pokoknye mantabz bro…!. Eh…gw mo cari emblem-2 n spare parts corolla tc gti-16 mana yang bs gw hubungi…?? makasih informasinya bro….!
gabung ke corollagtindonesia@yahoogroups.com aja, disini banyak info semua ttg Corolla GTi, termasuk spare part dan emblem
pngen ni pnya mobil tyota corolla
gti. toyota corolla terbaik era 90an di inonesia. terkencang dan terlincah. yg bagus disimpen orang, yg busuk pasti dijual2in. teliti sebelum membeli.
wew,, si raja drifting.. btw mobil babe ane juga mesinnya juga 4A tapi ga ada GE nya 😳
Helll00000000 tlg bantu aku dong….Freeze Plug (koin Blok Mesin ) letaknya sebelah mana ? tlg ..ini msalah serius..pleas
di bagian belakang blok mesin om CMIIW…
btw lama nih gak ada update untuk tulisan ini, apa GTi-nya sudah pada dijual semua ya…
hehehe…
kebetulan sy punya Toyota Corolla Twin Cam GTi, dan tidak begitu tau tentang mesin, bagi yg tau info tentang sparepart mohon petunjuknya.klo cari soket yg terhubung ke injektor ada yg jual ga ya?, soalnya punya sy sudah jelek, mau diganti,denger2 info harus diganti satu set soalnya…kan muahal bgt 😦
sudah ada mailing list indonesiacorollagti@yahoogroups.com atau klik ini http://groups.yahoo.com/group/indonesiacorollagti/ atau kirim imel kosong dan kirim ke Subscribe:
indonesiacorollagti-subscribe@yahoogroups.com
Mas bro saya nyarik pintu kiri muka belakang dimana ada jual yaaaa…..tlg ya bro info nya
pengen mobil ini, tapi duitnya masih kurang
ane yakin nih mobil dah gk bisa nyalip mobil sejuta umat !!
lha mau gimana lagi, disalip satu di depan nongol lima
Dulu punya corolla twincam 91,tp dengan sangat terpaksa ane jual lantaran butuh dana buat nutup lobang setelah kena PHK mendadak…hikhikhik sedih bgt tiap liat twinie dijalan sampe2 anak nyuruh nebus lg mobil yg dah d jual. Btw soal akselerasi emang mantab,stabil bro pernah ada yg ngajak lari2 di tol ma taruna..awal khawatir tp ketinggalan jauh bro padahal twinie ane msh standar. Oh iya sekedar info,buat pemegang twinie di bogor kalo mo servis di langganan ane aja,di bengkel hengki,silahkan deh coba,menurut ane seh om hengki dedengkot nya mobil bro.
Corolla twincam gti 91 memang bener-bener hebat.mobilnya enak dan tarikannya enteng,nggak kalah dengan mobil-mobil sekarang.
Jangan sekali-sekali service mobil corolla gti di bengkel biasa.
ada satu hal yang persis sama dari AE86 dengan Kijang Super
*handel pintunya 😛
Kalau sekarang mah enakan pake Toyota Avanza
corolla twincam gti terakhir tahun berapa ya bro?
Tahun 91 broo, Tahun 92 udh jamannya Greco
CMIIW
Gan izin ngasih link kesini buat info gti ya.. terima kasih 😊
boss mau nanya untuk bengkel khusus mobil twincam gt 16 valve kalau di jakarta dimana…mkasih