12
Okt
10

Ada Yang Mengganjal Di Speedometer Xeon…

Pas pulang kantor, sebuah Yamaha Xeon gres lagi parkir persis di sebelah Vixion saya. Sambil mengenakan perlengkapan berkendara seperti helm, sarung tangan, masker dsb secara gak sengaja mata saya tertuju pada speedometer Xeon. Ketika diperhatikan secara seksama, saya melihat ada kejanggalan di salah satu indikatornya. Monggo dilihat arah panah yang ada dalam gambar. Yup, indikator sebelah kiri bawah warna oranye yang bergambar mesin. Menurut saya indikator tersebut adalah indikator check engine. Berbicara mengenai check engine, tentu tak bisa lepas dari yang namanya ECU (Engine Control Unit) & injeksi. Jika lampu check engine menyala berarti ada masalah di mesin ato ada sensor yang tidak bekerja dengan baik. Betul nggak ??? 🙂

Adalah hal yang aneh jika Xeon yang masih menganut karburator terdapat lampu check engine di dashboard-nya. Selidik punya selidik ternyata indikator tersebut beralih fungsi menjadi indikator suhu mesin. Jika mesin Xeon yang berpendingin cair (radiator) mengalami overheat, indikator tersebut akan menyala. Padahal indikator suhu mesin ada lambangnya sendiri seperti yang terdapat pada Vixion ato Honda CS1.

Dashboard Honda Revo AT PGM-FI, coba perhatikan indikator di sebelah kanan bawah, gambar mesin kan... 🙂

Indikator di Vixion, sebelah kiri check engine, sebelah kanan suhu mesin

Jadi kesimpulannya sudah seharusnya PT. Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) selaku ATPM Yamaha mengubah lambang indikator suhu mesin pada skutik Xeon. Biar gak membingungkan gitu dehhhh……

Iklan

45 Tanggapan to “Ada Yang Mengganjal Di Speedometer Xeon…”


  1. 12 Oktober 2010 pukul 3:36 pm

    Pertamax, Sipp jeli pisan euy :mrgreen:

  2. 2 sijidewe aka snalpot99
    12 Oktober 2010 pukul 4:12 pm

    di cs1ku kyaknya mirip di vixi gtu pak, ga tau deh di cs1 yg lain :mrgreen:

  3. 3 zaqlutv
    13 Oktober 2010 pukul 12:55 am

    apa Xeon pada mulanya memang injeksi? masuk Indonesia didownspec jadi karbu? bisa ga tuh? :mrgreen:

  4. 13 Oktober 2010 pukul 12:58 am

    salah tempel kali bro! :mrgreen:
    kalau saya yang mengganjal adalah letak klakson di stang yang kegedean lubangnya! terus coil yang ada didepan radiator rawan kena tangan jahil! 😉

  5. 6 Dnugros
    13 Oktober 2010 pukul 2:12 am

    Oo…gitu tho…

  6. 13 Oktober 2010 pukul 2:28 am

    weh..copot aja spidonya..xixix :mrgreen:

  7. 13 Oktober 2010 pukul 4:57 am

    padakke..konsumen bodo mesthi?? main comot ajah…..!!! sekilas info: merapi siaga!! ngacau.com!!

  8. 13 Oktober 2010 pukul 5:58 am

    Jeli juga mas mitra ya hmm tapi yang punya xeon kok gak komplain ya?

  9. 12 daris
    13 Oktober 2010 pukul 6:48 am

    kalau di mx lambangnya memang indikator suhu, kalau kunci kontak dinyalakan memang akan berkedip sebentar untuk memeriksa sensor TPS (ane pernah lupa pasang kabel sensor TPS waktu bongkar karbu, dan lampunya trus menyala).

  10. 13 Oktober 2010 pukul 10:02 am

    jangan-jangan memang motor ini dipersiapkan untuk dijelali injeksi

  11. 15 mbukian
    14 Oktober 2010 pukul 4:40 am

    pemakai xeon numpang lewat…. :mrgreen:
    hehe..baru ngeh ane coba share ya di forum xeoners kaskus….

  12. 17 Yamaniac
    14 Oktober 2010 pukul 6:33 am

    wah ane termasuk yang dibodohin neh..ane minta ganti xeon baru aja deh xixixi…

  13. 19 Widnug
    15 Oktober 2010 pukul 2:31 am

    Lah…khan di Thailand niy motor namanya MIO 125 cc dan memang Injeksi..

    • 15 Oktober 2010 pukul 3:12 am

      artikel di Thailand (copy paste) “The new 125cc Yamaha Mio is powered by a 124cc, liquid-cooled, SOHC 2-valve, 4-stroke engine. While the engine is surely an upgrade in technology, Yamaha didn’t use fuel-injection for there latest scooter, the Yamaha Mio 125 is equipped with a Mikuni BS26 carburettor”

  14. 21 cotto
    15 Oktober 2010 pukul 12:45 pm

    Kan bisa recall diam2… hehe

  15. 22 Februari 2011 pukul 1:23 pm

    waduh aku kok baru tau artikel ini wkwkwk….
    fungsinya kayak MX kali ya cuma salah gambar disamakan dng thailand yg sudah injeksi wkwkwkwk

  16. 25 Abu Syauqi
    24 Februari 2011 pukul 11:44 am

    itu emang indikator ECU. Xeon kan udah pake ECU kayak vixion, cuman – injeksi aja

  17. 26 Art
    27 Juni 2011 pukul 6:34 pm

    Itu emang chek engine, xeon nggak ada pengawas suhunya…
    Cek dah artikel komparasi xeon, vario, skywave di M+ lama…
    cmiiw…
    Ada radiator gak ada indikator suhu, ada indikator mesin kog gak ada ecu?
    Motor yang aneh…

  18. 27 epee
    21 September 2011 pukul 10:43 pm

    emang sih xeon ku makin hari makin sering nyala… udah kebengkel yamaha sama aj ga ngaruh….(tetep nyala) mudah2an ga..po..po..

  19. 4 Oktober 2011 pukul 10:54 pm

    JADI KESIMPULANNYA GIMANA KALAU LAMPU ITU SUKA NYALA TERUS
    DAN APA YANG HARUS DIPERBAIKI…
    SEBAB SEJAK AWAL SAYA JUGA BARU ENGEH KALAU TERNYATA INDIKATOR ITU SEBENARNYA
    UNTUK CHECK TEMPERATUR KONTROL PANAS MESIN.

    MOHON BANTUAN SOLUSINYA …
    tHKS
    ASUS.

  20. 29 Nanang gayam
    3 Januari 2012 pukul 12:22 am

    Xeon itu punya ecu untuk mengatur timing pengapian dengan input data dari TPS, kemudian juga ada choke otomatis yg juga diatur ecu berdasarkan data suhu ideal mesin. Kemudian sensor panas mesin (thermo stat) juga masuk ke ecu yg semuanya di tampilkan di lampu indikator chek engine kalo ditemui masalah. Gitu deh. Jadi xeon punya ecu. Lagian ECU itu artinya electronic control unit. Bukan engine control unit. Cmiwww. TQ

  21. 30 Nanang gayam
    3 Januari 2012 pukul 12:25 am

    Jadi xeon itu udah bener kok. Gak perlu recall.

  22. 31 Nanang gayam
    3 Januari 2012 pukul 12:28 am

    Jadi buat penulis gak perlu ngeganjal about speedometer xeon. Kan xeon nya punya orang laen?

  23. 32 Nanang gayam
    3 Januari 2012 pukul 2:30 pm

    Berarti yg mesti komplain ke YMKI adalah jupe mx. Karena sensor tps kok gambarnya indikator suhu. Apa hubungannya????

  24. 33 Yeyen alay
    26 Januari 2012 pukul 1:48 pm

    punya xeon pada gk ngerti…kalo lampu tuch terus menyala dan menyala trs …(emang sich mesin tetep bisa nyala) namun itu artinya ada alat2 kelistrikan yg kurang beres…perlu ke bengkel resmi utk mengeceknya, pabila ngerasa diri gk mampu…betul tdk agan agan…hehehehe

  25. 34 roy xtrim
    15 Februari 2012 pukul 9:17 am

    bagasinya gedeeeeee,euy…………########************

  26. 18 April 2012 pukul 8:22 am

    minnjem gambar engine check kang

  27. 37 rizky
    26 Mei 2012 pukul 8:49 pm

    info gambarnya berarti banget gan,, ane baru beli xeon ne.. jd ngerti deh skarang !! haha 😀 thanks gan infonnya !!!

  28. 38 Bobby
    28 September 2012 pukul 4:32 pm

    kalo motor xeon baru tapi semua punya masalah lebih baik gak.??

  29. 39 yudi
    23 Oktober 2012 pukul 8:28 am

    yg punya produk ini kalo ga baca buku petunjuk penggunaan pasti ga tau…., apa lagi yg ga punya

  30. 17 Desember 2012 pukul 11:05 pm

    klo vixion saya lampunya(suhu mesinnya )nyala terus,ga mau mati,,kira kira apa penyebabnya ya?

  31. 42 wandi
    12 Juli 2013 pukul 12:05 pm

    motor xeon ane pg2 mau dinyalain ga nyala,sampe sekarang juga ga nyala2,lampu indikator mesin mati,aki motor baru ganti merk gforce ada pengaruh ga?????

  32. 43 Luqmanul Hackim
    27 Juni 2016 pukul 10:03 pm

    Itu lampu Check Engine bener kok, coba aja cabut soket Auto Choke, pasti nyala tuh lampu,,, begitu juga kalo overheat,,,

    Motor yg pake Radiator jarang banget tejadi overheat gan, jika terjadi overheat artinya ada yg salah dengan sistem radiatornya, jadi bener aja kalo disuruh melakukan checking pada engine.

  33. 44 Deddy
    2 Januari 2017 pukul 2:18 pm

    Saya juga mengira kalo motor xeon saya pake sistem injeksi pada pembakaran bahan bakarnya karna lambang itu, eh ternyata untuk suhu mesin ya, harusnya Y harus efektif dan jeli dalam hal sekecil itu

  34. 45 Koko
    8 November 2018 pukul 5:59 am

    Itu lambang check engine akan menyala kalo kontak di hidupkan, tapi kalo nggak menyala saat kontak di hidupkan, coba start mesin nya sampe tekok aki nya, nggak bakalan nyala. Ane pake xeon udah lama boss, udah apal kelebiham kekurangan xeon.😁😁


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
Oktober 2010
S S R K J S M
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 8.490.806 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabung dengan 391 pelanggan lain

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: