Pas pulang kantor, sebuah Yamaha Xeon gres lagi parkir persis di sebelah Vixion saya. Sambil mengenakan perlengkapan berkendara seperti helm, sarung tangan, masker dsb secara gak sengaja mata saya tertuju pada speedometer Xeon. Ketika diperhatikan secara seksama, saya melihat ada kejanggalan di salah satu indikatornya. Monggo dilihat arah panah yang ada dalam gambar. Yup, indikator sebelah kiri bawah warna oranye yang bergambar mesin. Menurut saya indikator tersebut adalah indikator check engine. Berbicara mengenai check engine, tentu tak bisa lepas dari yang namanya ECU (Engine Control Unit) & injeksi. Jika lampu check engine menyala berarti ada masalah di mesin ato ada sensor yang tidak bekerja dengan baik. Betul nggak ??? 🙂
Adalah hal yang aneh jika Xeon yang masih menganut karburator terdapat lampu check engine di dashboard-nya. Selidik punya selidik ternyata indikator tersebut beralih fungsi menjadi indikator suhu mesin. Jika mesin Xeon yang berpendingin cair (radiator) mengalami overheat, indikator tersebut akan menyala. Padahal indikator suhu mesin ada lambangnya sendiri seperti yang terdapat pada Vixion ato Honda CS1.

Dashboard Honda Revo AT PGM-FI, coba perhatikan indikator di sebelah kanan bawah, gambar mesin kan... 🙂
Jadi kesimpulannya sudah seharusnya PT. Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) selaku ATPM Yamaha mengubah lambang indikator suhu mesin pada skutik Xeon. Biar gak membingungkan gitu dehhhh……
Pertamax, Sipp jeli pisan euy
di cs1ku kyaknya mirip di vixi gtu pak, ga tau deh di cs1 yg lain
apa Xeon pada mulanya memang injeksi? masuk Indonesia didownspec jadi karbu? bisa ga tuh?
salah tempel kali bro!
kalau saya yang mengganjal adalah letak klakson di stang yang kegedean lubangnya! terus coil yang ada didepan radiator rawan kena tangan jahil! 😉
Ditutupi pake stiker gambar indikator suhu mesin 😀
Oo…gitu tho…
weh..copot aja spidonya..xixix
padakke..konsumen bodo mesthi?? main comot ajah…..!!! sekilas info: merapi siaga!! ngacau.com!!
Jeli juga mas mitra ya hmm tapi yang punya xeon kok gak komplain ya?
Mungkin banyak yg nggak ngeh kali yah…. mungkin buat bro2 semua yg punya Xeon, silakan komplain ke YMKI…
ha ha ha haaaa, ketipu nih…..
kalau di mx lambangnya memang indikator suhu, kalau kunci kontak dinyalakan memang akan berkedip sebentar untuk memeriksa sensor TPS (ane pernah lupa pasang kabel sensor TPS waktu bongkar karbu, dan lampunya trus menyala).
Betul, indikator suhu mesin di Jupi MX sama dgn di Vixi, gambarnya air ama termometer…
jangan-jangan memang motor ini dipersiapkan untuk dijelali injeksi
pemakai xeon numpang lewat….
hehe..baru ngeh ane coba share ya di forum xeoners kaskus….
silakan bro….
wah ane termasuk yang dibodohin neh..ane minta ganti xeon baru aja deh xixixi…
nggak sadar.. jeli juga ya mas.
========
http://touringrider.wordpress.com/2010/10/14/mainan-baru-rx-king-2002/
Lah…khan di Thailand niy motor namanya MIO 125 cc dan memang Injeksi..
artikel di Thailand (copy paste) “The new 125cc Yamaha Mio is powered by a 124cc, liquid-cooled, SOHC 2-valve, 4-stroke engine. While the engine is surely an upgrade in technology, Yamaha didn’t use fuel-injection for there latest scooter, the Yamaha Mio 125 is equipped with a Mikuni BS26 carburettor”
Kan bisa recall diam2… hehe
like his cotto! , recall diam2 :megreen:
ayo mbalap disini:
http://azizyhoree.wordpress.com/2010/10/16/anak-club-ga-selalu-identik-badboys-hoby-track-day-subang-circuit-west-java/#comment-1077
waduh aku kok baru tau artikel ini wkwkwk….
fungsinya kayak MX kali ya cuma salah gambar disamakan dng thailand yg sudah injeksi wkwkwkwk
hehehe…sampeyan nang endi ae cak ??? 😀 kayaknya sih seperti itu…
itu emang indikator ECU. Xeon kan udah pake ECU kayak vixion, cuman – injeksi aja
Itu emang chek engine, xeon nggak ada pengawas suhunya…
Cek dah artikel komparasi xeon, vario, skywave di M+ lama…
cmiiw…
Ada radiator gak ada indikator suhu, ada indikator mesin kog gak ada ecu?
Motor yang aneh…
emang sih xeon ku makin hari makin sering nyala… udah kebengkel yamaha sama aj ga ngaruh….(tetep nyala) mudah2an ga..po..po..
JADI KESIMPULANNYA GIMANA KALAU LAMPU ITU SUKA NYALA TERUS
DAN APA YANG HARUS DIPERBAIKI…
SEBAB SEJAK AWAL SAYA JUGA BARU ENGEH KALAU TERNYATA INDIKATOR ITU SEBENARNYA
UNTUK CHECK TEMPERATUR KONTROL PANAS MESIN.
MOHON BANTUAN SOLUSINYA …
tHKS
ASUS.
Xeon itu punya ecu untuk mengatur timing pengapian dengan input data dari TPS, kemudian juga ada choke otomatis yg juga diatur ecu berdasarkan data suhu ideal mesin. Kemudian sensor panas mesin (thermo stat) juga masuk ke ecu yg semuanya di tampilkan di lampu indikator chek engine kalo ditemui masalah. Gitu deh. Jadi xeon punya ecu. Lagian ECU itu artinya electronic control unit. Bukan engine control unit. Cmiwww. TQ
Jadi xeon itu udah bener kok. Gak perlu recall.
Jadi buat penulis gak perlu ngeganjal about speedometer xeon. Kan xeon nya punya orang laen?
Berarti yg mesti komplain ke YMKI adalah jupe mx. Karena sensor tps kok gambarnya indikator suhu. Apa hubungannya????
punya xeon pada gk ngerti…kalo lampu tuch terus menyala dan menyala trs …(emang sich mesin tetep bisa nyala) namun itu artinya ada alat2 kelistrikan yg kurang beres…perlu ke bengkel resmi utk mengeceknya, pabila ngerasa diri gk mampu…betul tdk agan agan…hehehehe
bagasinya gedeeeeee,euy…………########************
minnjem gambar engine check kang
Monggo mas bro…
info gambarnya berarti banget gan,, ane baru beli xeon ne.. jd ngerti deh skarang !! haha 😀 thanks gan infonnya !!!
kalo motor xeon baru tapi semua punya masalah lebih baik gak.??
yg punya produk ini kalo ga baca buku petunjuk penggunaan pasti ga tau…., apa lagi yg ga punya
klo vixion saya lampunya(suhu mesinnya )nyala terus,ga mau mati,,kira kira apa penyebabnya ya?
Overheating itu bro,coba dicek kipas radiatornya nyala ato tidak.Kemudian servis radiator seperti kuras air.
motor xeon ane pg2 mau dinyalain ga nyala,sampe sekarang juga ga nyala2,lampu indikator mesin mati,aki motor baru ganti merk gforce ada pengaruh ga?????
Itu lampu Check Engine bener kok, coba aja cabut soket Auto Choke, pasti nyala tuh lampu,,, begitu juga kalo overheat,,,
Motor yg pake Radiator jarang banget tejadi overheat gan, jika terjadi overheat artinya ada yg salah dengan sistem radiatornya, jadi bener aja kalo disuruh melakukan checking pada engine.
Saya juga mengira kalo motor xeon saya pake sistem injeksi pada pembakaran bahan bakarnya karna lambang itu, eh ternyata untuk suhu mesin ya, harusnya Y harus efektif dan jeli dalam hal sekecil itu
Itu lambang check engine akan menyala kalo kontak di hidupkan, tapi kalo nggak menyala saat kontak di hidupkan, coba start mesin nya sampe tekok aki nya, nggak bakalan nyala. Ane pake xeon udah lama boss, udah apal kelebiham kekurangan xeon.😁😁