Bagian terakhir dari pelajaran bedah membedah Honda PCX 🙂 Kali ini saya akan mengulas tentang idling stop system & alarm. Dua buah fitur yang boleh dikatakan baru di Indonesia. Idling stop system berfungsi untuk mengurangi konsumsi bahan bakar yang tidak perlu & menurunkan emisi gas buang dengan cara mematikan mesin saat pengendara dalam keadaan berhenti misalnya di lampu merah.
Disini ECM memegang peranan penting dalam mengatur kerja mesin terutama yang berhubungan dengan idling stop system. Saat motor berhenti dalam kondisi dimana idling stop system akan bekerja, ECM akan menerima sinyal dari sensor2 dan akan memproses data2 yang diperlukan untuk mengaktifkan idling stop system. Ada 3 sensor yang berkaitan dengan hal ini yakni ECT (engine coolant temperature), VS (vehicle speed) & TP (throttle position).
Ada 6 syarat agar idling stop system bekerja yakni :
- Saklar idling stop system ada pada posisi IDLING STOP.
- Suhu mesin sudah melebihi 60 C.
- Pengendara duduk di atas jok pengemudi.
- Motor telah mencapai kecepatan melebihi 10 km/h.
- Throttle dalam posisi tertutup penuh.
- Motor dalam kondisi berhenti setidaknya dalam waktu 3 detik.
Alarm
Selanjutnya tentang alarm. PCX dilengkapi dengan sistem alarm anti maling yang mendeteksi getaran ato perubahan besar pada posisi kendaraan. Alarm ini akan berbunyi jika stang digerakaan ato bodi digeser. Alarm ini letaknya di dalam speedometer yang terdiri dari receiver, buzzer (suara alarm) & G sensor (pendeteksi gerakan/getaran) motor. Yang menarik bahwa sistem alarm ini bisa menyimpan memori hingga 4 buah remote control.
Sebagai penutup, saya ngucapin thanks banget buat AHM atas undangannya. Materi2 yang diberikan menambah wawasan kita semua. Tak lupa saya mengucapkan “Selamat Hari Raya Idul Adha”.
baca dari kemarin muzmet pak 😀 .. Dalaman PCX komplite banget, pantas disebut matic tercanggih..
sip ulasannya pak :-bd
Makasih mas 🙂
pak de, saya minta ijin ngambil nama sampean buat cerita artikel hari kamis besok, dijamin no sara, thanks 🙂
Silakan pak 🙂
wah pcx memang idaman .
kalau dah capek makan dulu pak ni menunya:
di jmin badan sehat ngjoki kuat.
meluncur ke TKP…
weh bener kata mas snalpott… ruwet mirip mobil wae… akeh sensor.. 🙂
met menikmati tongseng nich pak kalo kangen sama malang.. 😀
Mobil luwih ruwet maneh 😀 ada sensor ABS, sensor air bag, sensor ini lah sensor itulah 😀
wow bengkelnya gak sembarangan nanganin pcx ini
Betul pak, malahan yg baru bisa nanganin PCX adalah bengkel2 main dealer.
Honda PCX matic tercanggih ya..
Matic canggih dan seksi..Hidup PCX!
yaa PCX nurut aku fiturnya biasa aja… gak canggih amat… menang mahalnya aja….
kl motor matic nurut aku tekhnologinya paling bagus cuma kymco… mending beli Kymco Superdink atawa Kymco DT 125i,150i bahkan 300i..kl msk indonesia matic jepun gak bs lawan tuh…
keren,,yg blg mahal berarti kebangetan,harga kan dah diperitungin,kurang safety apa coba? pantes honda duluan,,rasanya yang laen bakal nyusul beberapa tahun lagi(itu kalo insinyurnya masih idup)hehehehe
teknologi yang lengkap banget.. paling suka sama idling system.. soalnya berdasarkan penelitian, kondisi motor saat lagi idle (misalnya pas di lampu merah), itu paling boros bahan bakar, dan emisi terbesar juga, so teknologi ini oke bgt dari aspek environmental dan ekonomis
Mantep banget ! sekarang teknologi ISS ini udah ada di Vario 125 CBS ISS ~ http://bintangmotor.com/product.php?id=43
Baru td pg ketahuan kalo alarm pcx saya ngga mau aktif. Mtr baru 3 bln. Jd kalo dipencet set cuma 1 X bunyi, ngga bunyi untuk ke-2 kali yg menandakan kalo alarm sdh aktif. Seblmnya selama 3 bln ngga ada mslh. Knp ya Suhu?
mantap ulasan artikelnya, bener2 bisa nambah pengetahuan dan wawasan. terima kasih banyak mas…
Sama2 mas bro 🙂
nice info
Saya mau tanya, pcx 150 2013, kok tiba2 ga bisa distater… Kondisi motor elektrik semua nyala… Bagai mana ya?
email faizal.fawaz@gmail.com