03
Apr
11

Banyak Bengkel Yang Lalai Prosedur Ini…

kunci torsi

Prosedur ini pada umumnya sering terlewatkan jika kita melakukan service kendaraan bermotor. Bukan di bengkel biasa tapi juga di bengkel resmi baik itu mobil maupun motor. Salah satu contohnya adalah kelalaian prosedur pengencangan baut / mur yang tidak menggunakan kunci torsi.

Yup, pada beberapa mobil untuk mengencangkan baut / mur disarankan menggunakan kunci torsi. Misalnya untuk mengencangkan baut penguras oli mesin. Kenapa sih kudu pake kunci torsi ??? jika menggunakan tenaga manual (manusia) dikhawatirkan tingkat kekencangan mur / baut tersebut melebihi batas. Nah kalo sudah melebihi batas bisa menyebabkan mekanik kesulitan akan membuka mur / baut tersebut jika melakukan service kendaraan periode selanjutnya. Bahkan lebih parah lagi mur / baut tersebut bisa dol. Saya sendiri pernah mengalami kesulitan membuka baut pembuangan oli gara2 bautnya kelewat alot gara2 mekanik sebelumnya terlalu keras ngencanginnya. Untungnya gak ampe dol, kalo ampe dol kan bisa berabe.

Nah semoga masalah ini menjadi perhatian serius semua ATPM. Meski keliatan sepele tapi bisa berakibat buruk.


20 Responses to “Banyak Bengkel Yang Lalai Prosedur Ini…”


  1. 1 Rollerman
    3 April 2011 pukul 4:24 pm

    KETIGAXXX

    bacaa ahhh

  2. 2 Rollerman
    3 April 2011 pukul 4:25 pm

    ohhh kunci torsi,pernah liat d bengkel,tp msh BERSIH n TERAWAT (emg gak pernah dpake,cuman buat syarat wajib mendirikan bengkel resmi aja)

  3. 4 si oom as varioputiih
    3 April 2011 pukul 5:29 pm

    halah, INDONESIA oom..
    padahal hak kita loh

  4. 5 Virus
    3 April 2011 pukul 5:37 pm

    waaah kunci torsi, ampir semua bengkel mah gak menerapkan ini…

  5. 3 April 2011 pukul 5:39 pm

    baru tahu ada alat ini, wingi tutup oliku kencengen di bukak somplak malah…

  6. 3 April 2011 pukul 6:14 pm

    sama,nga pernah pakai kunci ini waktu servis dibengkel resmi,apalagi bengkel biasa.

  7. 8 sijidewe aka snalpot99
    3 April 2011 pukul 6:25 pm

    setuju pak alat ini seharusnya setandar minimal untuk pemasangan baut.. agar tidak melebihi torsi yang ditentukan (efek terlalu kencang, bisa crack ataupun dol) atpi untuk bengkel resmi yang pakai impact gun mungkin pressure nya sudah disesuaikan standarnya..

  8. 9 bjl
    3 April 2011 pukul 6:28 pm

    Kalo mau ngelaporin bengkel yang lalai kemana yah? Hehe..

  9. 3 April 2011 pukul 7:19 pm

    ada ya alat seperti ini xhxixixix4

  10. 3 April 2011 pukul 9:10 pm

    pasien ngantri, servis gak maksimal, itu mungkin sebenernya yang terjadi, kl liat manual servis, busyeeet…emang tiap mur ada torsi standar, mur tangkiku yg satu jg dah sukses tuh dibuat loss

    ngotak atik yuk…(ijin nebar jaring):

    http://umarabuihsan.wordpress.com/2011/04/03/bicara-kecepatan-motor-ada-yang-hilang-di-rumus-einstein-4/

  11. 15 Paijo
    4 April 2011 pukul 7:15 am

    Mungkin krn harganya mahal, Bro.. jd sayang makenya.. hehe..

  12. 4 April 2011 pukul 12:07 pm

    jarang bengkeler yang punya alat begituan… padahal pnting…
    ane sendiri pernah pengalaman baut patah dikarenakan kekencangan ngencengin baut…
    http://dewataspeedblog.wordpress.com/2011/04/04/motogp-tiada-lagi-dominan-dalam-hal-speed/

  13. 6 April 2011 pukul 9:42 pm

    saya dua kali matahin baut blok🙂 . sekarang sih feelingnya sudah pas.

  14. 19 sabdho guparman
    7 April 2011 pukul 8:31 am

    pengalaman pahit ketika dulu masih pake supri 125 baut oli lepas pas nyampe alas roban ketika mudik, usut punya usut ternyata bautnya kurang kenceng . . .
    kapok di beres honda dah. . . .

    keep brotherhood,

    salam,

  15. 9 April 2011 pukul 12:53 pm

    ada lagi mas,
    ini ane ambil kasusnya di motor,
    di buku panduan atau buku servis, biasanya selalu disebutkan (intinya aja ya), setelah melakukan servis, motor akan dicuci,,
    nah yang ane liat, baru satu dealer yang pernah ane lihat melakukan itu….
    parah….kemungkinan baru 1%….
    IMHO


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
April 2011
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 6,475,018 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 376 pengikut lainnya

Suka Blognyamitra ???

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: