16
Nov
10

Bedah Honda PCX : Combined Brake System

Pelajaran selanjutnya….🙂 Kali ini materinya tentang CBS alias Combined Brake System. Pasti mas bro semua sudah gak asing lagi dengan istilah CBS. Yup, piranti ini mulai diperkenalkan kepada publik lewat varian Vario CBS. CBS merupakan sistem rem gabungan yang dirancang untuk menjalankan kedua rem depan & belakang jika handel rem belakang ditarik dengan kuat. Sedangkan rem depan tidak dijalankan jika handel rem belakang dijalankan dengan ringan.

Di Honda PCX, sistem rem depan terdiri atas dua buah rangkaian hidrolik tersendiri yakni saluran rem depan & saluran rem CBS. Kaliper rem depan Honda PCX terdiri dari 3 piston yakni dua beroperasi sebagai rem depan dengan menarik tuas kanan (piston bagian atas & bawah) & yang satu beroperasi sebagai sistem rem CBS (piston bagian tengah). Konfigurasi CBS terdiri dari :

  • 1st rear brake cable
  • CBS front brake master cylinder
  • 2nd rear brake cable
  • Rear brake drum
  • CBS brake fluid reservoir tank
  • Front brake master cylinder
  • Combined 3 pot caliper

Di dalam CBS brake master cylinder terdapat beberapa komponen seperti equalizer, knocker & delay spring.

  • Equalizer, berguna untuk mendistribusikan gaya pengereman belakang ke rem depan untuk menghubungkan bagian depan dan rem belakang.
  • Knocker, berfungsi mendorong piston master silinder rem CBS untuk mengaktifkan rem depan. Bos knocker adalah bagian menonjol dari knocker yang mendorong piston master silinder. 

Jika tuas rem belakang ditarik dengan ringan maka hanya rem belakang saja yang berfungsi. Jika tuas rem belakang ditarik dengan kuat maka kedua rem depan & belakang berfungsi.

Bersambung…


3 Responses to “Bedah Honda PCX : Combined Brake System”


  1. 1 Farid21
    23 November 2010 pukul 4:30 am

    weduh,,ni yang aq suka dari honda mas,selalu menemukan inovasi hal baru dlm keamanan berkendara,,salut ma honda,,

  2. 2 meet_hana
    5 Desember 2010 pukul 4:38 am

    coba ane punya.. ga ada lagi tu kasus kalo ngrem mendadak, badan terdorong kedepan secara lebay.. honda selalu nyocokkin teknologi sama fenomena yang dibutuhkan konsumen.. good.

  3. 3 hanna
    21 Februari 2012 pukul 10:59 pm

    bagaimana cara membuat simulator rem ny itu,,mkasieh


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
November 2010
S S R K J S M
« Okt   Des »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 6,475,018 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 376 pengikut lainnya

Suka Blognyamitra ???

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: