16
Nov
10

Bedah Honda PCX : Idling Stop System & Alarm

 

Bagian terakhir dari pelajaran bedah membedah Honda PCX🙂 Kali ini saya akan mengulas tentang idling stop system & alarm. Dua buah fitur yang boleh dikatakan baru di Indonesia. Idling stop system berfungsi untuk mengurangi konsumsi bahan bakar yang tidak perlu & menurunkan emisi gas buang dengan cara mematikan mesin saat pengendara dalam keadaan berhenti misalnya di lampu merah.

Disini ECM memegang peranan penting dalam mengatur kerja mesin terutama yang berhubungan dengan idling stop system. Saat motor berhenti dalam kondisi dimana idling stop system akan bekerja, ECM akan menerima sinyal dari sensor2 dan akan memproses data2 yang diperlukan untuk mengaktifkan idling stop system. Ada 3 sensor yang berkaitan dengan hal ini yakni ECT (engine coolant temperature), VS (vehicle speed) & TP (throttle position).

Letaknya vehicle speed sensor di daerah sini (roda belakang), ngumpet kagak keliatan😀

Ada 6 syarat agar idling stop system bekerja yakni :

  1. Saklar idling stop system ada pada posisi IDLING STOP.
  2. Suhu mesin sudah melebihi 60 C.
  3. Pengendara duduk di atas jok pengemudi.
  4. Motor telah mencapai kecepatan melebihi 10 km/h.
  5. Throttle dalam posisi tertutup penuh.
  6. Motor dalam kondisi berhenti setidaknya dalam waktu 3 detik.

switch sensor pada jok depan

Alarm

Selanjutnya tentang alarm. PCX dilengkapi dengan sistem alarm anti maling yang mendeteksi getaran ato perubahan besar pada posisi kendaraan. Alarm ini akan berbunyi jika stang digerakaan ato bodi digeser. Alarm ini letaknya di dalam speedometer yang terdiri dari receiver, buzzer (suara alarm) & G sensor (pendeteksi gerakan/getaran) motor. Yang menarik bahwa sistem alarm ini bisa menyimpan memori hingga 4 buah remote control.

Himbauan yang oke punya, lokasi di tempat parkir AHTC...Safety First !!!

Sebagai penutup, saya ngucapin thanks banget buat AHM atas undangannya. Materi2 yang diberikan menambah wawasan kita semua. Tak lupa saya mengucapkan “Selamat Hari Raya Idul Adha”.


22 Responses to “Bedah Honda PCX : Idling Stop System & Alarm”


  1. 1 snalpot99
    16 November 2010 pukul 8:35 am

    baca dari kemarin muzmet pak😀 .. Dalaman PCX komplite banget, pantas disebut matic tercanggih..
    sip ulasannya pak :-bd

  2. 16 November 2010 pukul 10:42 am

    pak de, saya minta ijin ngambil nama sampean buat cerita artikel hari kamis besok, dijamin no sara, thanks🙂

  3. 16 November 2010 pukul 7:24 pm

    wah pcx memang idaman .

    kalau dah capek makan dulu pak ni menunya:

    http://rosso99.wordpress.com/2010/11/17/tongseng-bro/

    di jmin badan sehat ngjoki kuat.

  4. 17 November 2010 pukul 8:09 am

    weh bener kata mas snalpott… ruwet mirip mobil wae… akeh sensor..🙂
    met menikmati tongseng nich pak kalo kangen sama malang..😀

    http://azizyhoree.wordpress.com/2010/11/17/touring-malang-jogja-review-handling-milleage-matic-untuk-touring/

  5. 18 November 2010 pukul 1:05 am

    wow bengkelnya gak sembarangan nanganin pcx ini:mrgreen:

  6. 18 November 2010 pukul 2:43 pm

    Honda PCX matic tercanggih ya..

  7. 12 powerpuffgirlz
    19 November 2010 pukul 4:47 am

    Matic canggih dan seksi..Hidup PCX!

  8. 13 gong2000
    19 November 2010 pukul 6:58 am

    yaa PCX nurut aku fiturnya biasa aja… gak canggih amat… menang mahalnya aja….
    kl motor matic nurut aku tekhnologinya paling bagus cuma kymco… mending beli Kymco Superdink atawa Kymco DT 125i,150i bahkan 300i..kl msk indonesia matic jepun gak bs lawan tuh…

  9. 14 Farid21
    23 November 2010 pukul 4:27 am

    keren,,yg blg mahal berarti kebangetan,harga kan dah diperitungin,kurang safety apa coba? pantes honda duluan,,rasanya yang laen bakal nyusul beberapa tahun lagi(itu kalo insinyurnya masih idup)hehehehe

  10. 15 meet_hana
    5 Desember 2010 pukul 4:36 am

    teknologi yang lengkap banget.. paling suka sama idling system.. soalnya berdasarkan penelitian, kondisi motor saat lagi idle (misalnya pas di lampu merah), itu paling boros bahan bakar, dan emisi terbesar juga, so teknologi ini oke bgt dari aspek environmental dan ekonomis

  11. 11 April 2013 pukul 3:40 pm

    Mantep banget ! sekarang teknologi ISS ini udah ada di Vario 125 CBS ISS ~ http://bintangmotor.com/product.php?id=43

  12. 17 eko
    14 Juni 2013 pukul 8:54 am

    Baru td pg ketahuan kalo alarm pcx saya ngga mau aktif. Mtr baru 3 bln. Jd kalo dipencet set cuma 1 X bunyi, ngga bunyi untuk ke-2 kali yg menandakan kalo alarm sdh aktif. Seblmnya selama 3 bln ngga ada mslh. Knp ya Suhu?

  13. 1 Juli 2013 pukul 10:53 am

    mantap ulasan artikelnya, bener2 bisa nambah pengetahuan dan wawasan. terima kasih banyak mas…

  14. 21 Faizal
    9 Oktober 2016 pukul 5:05 pm

    Saya mau tanya, pcx 150 2013, kok tiba2 ga bisa distater… Kondisi motor elektrik semua nyala… Bagai mana ya?
    email faizal.fawaz@gmail.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
November 2010
S S R K J S M
« Okt   Des »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 6,474,292 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 376 pengikut lainnya

Suka Blognyamitra ???

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: