Sejak tahun 1997 ato sudah 17 tahun bebek Supra hadir di Indonesia. Hingga akhir Januari 2014, total penjualan semua varian Supra (Supra 100, Karisma, X125 & X125 Helm In) mencapai hampir 14 juta unit…!!! Meski beberapa tahun belakangan ini penjualan bebek terdesak oleh varian skutik toh tidak menyurutkan niat PT. Astra Honda Motor (AHM) untuk menyegarkan tampilan bebek. AHM yakin bahwa segmen bebek masih ada, masih punya pasar sendiri. Akhir Februari 2014 kemaren, AHM meluncurkan Honda Supra X125 FI. Bertempat di Cibubur, saya berkesempatan untuk melihat dari dekat sekaligus mencicipi Supra X125 FI.
Tak sekedar ganti baju saja, Supra X125 FI sudah dibekali dengan pasokan bahan bakar Fuel Injection yang lebih ramah lingkungan & irit bahan bakar. Tentu saja ini merupakan bagian dari persiapan menuju emisi Euro 3 yang bakal diterapkan tak lama lagi. Selain sudah injeksi, ada fitur baru yang hadir di Supra X125 FI yakni tersedianya Charger Socket yang berfungsi untuk nge-charge gadget…!!! Letak Charger Socket ada di dalam bagasi, berbeda dengan produk tetangga yang penempatannya ada di luar. Hal ini membuat gadget lebih aman dari terpaan debu & air hujan. Makin sip lagi di dalam bagasi tersedia bracket/dudukan agar si gadget gak bergeser kesana kemari…!!! Khas Jepang banget, tiru produk negara lain & sempurnakan kelemahannya…!!! hehehe…
Ketika nge-charge gadget kondisi mesin disarankan dalam kondisi hidup. Charger Socket tidak boleh terkena air.
Selanjutnya adalah tampang. Bodi ramping & sudut2 yang tajam masih mirip dengan Supra X125 sebelumnya. Desain lampu sein depan & lampu belakang led 6 titik terlihat lebih menarik. Di dek depan tersedia gantungan barang yang dilengkapi pengunci/pengaman sehingga barang yang ditaruh disitu tidak bakalan jatuh. Kunci magnet ada tambahan baru yaitu untuk membuka jok, cukup tekan kunci. Tampilan baru juga terlihat di panel speedometer, sayang odometer & fuel meter sebelumnya yang sudah digital kembali ke model analog…!!!
Terakhir adalah sesi mencicipi Supra X125 FI. Rutenya bervariasi ada jalanan mulus, bumpy dsb. Mesin berkapasitas 125 cc dengan output 9,8 hp @ 8.000 RPM & torsi 9,3 Nm @ 4.000 RPM nafas tarikannya panjang…!!! Tarikan bawah lebih enteng karena rasio perbandingan gigi akhir berubah dari 34/14 menjadi 39/14…!!! Handling mirip Supra X125 karburator, wajar secara ukuran dimensi gak jauh beda dengan…!!! Pengereman cukup mumpuni berkat kehadiran 2 rem cakram depan belakang…!!!
kemaren test ride di jogja cuma megapro pak, ndak ada supra nya, padahal penasaran,,..
Mudah2an selanjutnya yang Supra FI 🙂
wah, si mas kemana aja nih? Baru update…
Baru sempet nih mas,kmrn2 pas lg bnyk kerjaan…