Honda CBR 250R telah diperkenalkan kepada publik Indonesia hari Jumat, 25 Februari 2011. Pembalap papan atas seperti Dani Pedrosa, Casey Stoner & Andrea Dovizioso pun dihadirkan guna memeriahkan acara peluncuran. Terinspirasi dari model Honda VFR1200F, CBR 250R merupakan motor premium kedua andalan PT. Astra Honda Motor (AHM) setelah skutik Honda PCX. Pesaing Kawasaki Ninja 250R ini hadir dalam 3 warna pilihan Candy Ruby Red, Asteroid Black Metallic & Sword Silver Metallic. Harga jualnya adalah Rp39,9 juta untuk tipe standar & Rp46,5 juta untuk tipe ABS.
Yup seperti yang kita ketahui, kendaraan yang dijual secara global begitu masuk kesini tentu butuh beberapa penyesuaian/perubahan. Tak terkecuali Honda CBR 250R ini. Apa saja sih perbedaannya CBR 250R versi AHM dengan versi yang diimpor oleh importir umum (Thailand).
- Tempat plat nomor depan
Aslinya motor2 versi luar gak ada tempat plat nomor di bagian depan. Berhubung disini ada aturan wajib menggunakan nopol di depan, mau gak mau AHM menambahkan braket plat nomor (lihat gambar di atas). Hal ini mirip dengan Honda PCX, versi Thailand polos sedangkan versi AHM sudah dibekali braket nopol.
- Sakelar headlamp
CBR 250R versi AHM tidak menerapkan DRL (Daytime Running Light) ato AHO (Automatic Headlight On). Jadi masih ada saklar buat nyalain lampu utama. Fitur ini mirip dengan Honda PCX versi AHM. Yang versi Thailand tidak ada karena sudah menerapkan DRL / AHO.
- Remapping ECU
Remapping ato pemetaaan ulang otak komputer ECU. Lebih jelasnya tentang remapping silakan baca disini. Nah kenapa remapping ECU diperlukan ??? karena kualitas & ketersediaan BBM sekelas Pertamax yang dibutuhkan oleh CBR 250R belum merata di semua daerah. Apalagi perbandingan kompresi CBR 250R mencapai 10,7:1. Kalo tidak ada penyesuaian ECU tentu bisa menimbulkan masalah bagi konsumen yang tinggal di daerah. Tunggangan kesayangan bisa batuk2. Dengan remapping ECU CBR 250R masih bisa minum Premium. Hanya saja konsekuensinya terjadi penurunan performa, tidak segalak jika minum Pertamax… lebih2 Pertamax Plus.
apakah dengan adanya Remapping berarti ngaruh ke performa di banding versi luar Pak MIt ?
Tujuan remapping yakni untuk mengatur semua variabel / parameter yang berkaitan dengan sensor2 elektronik yang terhubung ke ECU seperti limit RPM, mengatur ulang injection timing, ignition timing, dsb. Dengan adanya pemetaan ulang tersebut diharapkan gejala ngelitik/knocking akibat penggunaan BBM beroktan di bawah 92 (Premium) dapat diminimalisir.
berarti ga masalah ya, maksudnya performa mesin dengan limit RPM lebih rendah dari aselinya… berarti speed juga ga sama dengan yang di luar sono ya..
Masalah performa sama koq dengan luar negeri…ECU yang diremap biasanya upgrade software ato ganti chip supaya ECU bisa membaca BBM yang kelasnya dibawah Pertamax.
sayang aja gak ada versi REPSOL-nya.
Versi IU dan AHM gimana perbedaannya pak?
Perbedaannya 3 itu pak.
gak terlalu signifikan ya bedanya?
absen saja, masih jetlag
gaya thok
oww..twrnyata ada remappingnya jg tho…
harganya juga membedakan om
Betul…betul…betul…
Secure Key Shutter ?
hmmmmmm
sedikit berkurang neh nialai MEWAHnya CBR 250,pdhal motor skelas ini udah pst ownernya tahu kalo harus pke PERTAMAX
Remapping berarti ada fasilitas untuk membaca premium, kalo tetep pake pertamax ya map pertamax yang dipakai.
kenapa dg slogan one heart dan produk global, honda cbr harga ditiap tiap negara beda apalagi di indonesia. Harusnya dg slogan itu paling hrus ttp sama dg hrga di thailand
One heart berarti keluar dari pabrik ya sama, kalo udah masuk distribusi ya disesuaiin pajak bea transportasi dll
Itu udah bukan Honda lagi deh. Gk mungkin yang di Thailand, khusus untuk Indonesia misalnya, harganya dimurahin, berarti gk one heart
perbedaab harga untuk CBR indonesia dan CBR impor berapa pak?
Kabar yang saya dapat selisihnya lumayan,bisa ampe 10 jt.
ko euro 2 ato euro 3 nya ga di bahas ???
Motor teknologi terbaru gk perlu bahas lagi euro 2 3 karena saat produksi sudah diikutsertakan speknya.
Kecuali produk lama yang dulu saat diproduksi belum euro, kemudian diproduksi ulang dilabelin euro biar diterima.
Mas, tentang remapping ecu apa dapet info langsung dari AHM? kok saya belum pernah baca artikel lain yang mbahas ini? stau sy bedanya yang ketiga di bagian canister evaporator yang dihilangkan.
Yup, saya dapat info dari seorang instruktur AHM. PCX ecunya juga diremapping. Hal ini bertujuan agar konsumen bisa menggunakan bbm sekelas premium, kan tidak semua daerah tersedia bbm sekelas pertamax.
sipp..mantap..
saya salah satu pengguna cbr 250R… setelah sebulan pake (sejak bulan juli) saya mengalami musibah.. karena kecerobohan orang..aya yang menjadi korban… cbr saya nubruk jupiter Z….. tabrakan yang lumayan.. saya menabrak dari samping…. sempat ngerem sampe bergaya “stopie”…. ban belakang terangkat….hufff….. setelah nabrak trus terjatuh kesamping….. alhasil.. head lamp beset2…. holder belakang (bahasa suroboyonya “PLENGER” ) patah…. tanki sedikit beret dan footstep kiri patah……
kesimpulan dari kejadian ini…..
salah satu kelebihan dari motor ini..Body/fairingnya KUAT BANGET!!! hanya pangkonnya yang miring…. tapi ga ada yang pecah.. beberapa temen pengguna motor lain (yang berSILINDER 2 itu lo….) setelah mendengar cerita saya jatuh…sudah banyak yang menyangka saya akan beli satu set fairing dan inden dengan harga yang menguras kocek lebih dalam..lebih dalam..dan lebih dalam lagi..hehehehhe………….. ternyata harga body cbr 250R juga murah bgt!!!………. sangat jauh dengan harga body saudara TUA yang satunya..hehehhe…….
over all…dengan body segini..( 100 Kg+) saya baru berani memacu kecepatan 142 km/jam….. lumayan lah… dibandingkan rx king saya..125km/jam…vixion..115 km/jam.. suzuki TS 125 … 110 km/jam… rxz…110 km/jam… vespa…ga tau..speedometernya mati,,hihihihi……jadi menurut saya utk akselerasi motor ini cukup buat saya….
oh ya.. konsumsi bahan bakar dengan pertamax plus/ shell super extra…say ukur 22 km/liter…. kalo honda bilang bisa 27km/liter..hmmh…..mungkin ga pernah diajak lari tuh motor….. tapi lumayan lah…yang penting masih nisa beli..hihihihi……
cuman satu ganjakan hati ini…….. SUARA KNALPOT CBR ini…..aduhhhhh.seperti BANCI !!!!!!!!! seperti orang bersiul di WC…hahahahahhaha…. tapi dipikir2 ya gpp lah..setiapp produk ada kekurangan dan kelebihan…. namanya juga terlanjur jatuh hati…..
demikin sedikit (apa??? sedikit??????) testimoni dari saya….salam satu hati,,,,
CBR250R… M.A.N.T.A.P…..
Motor2 terbaru memang knalpot suaranya halus2, karena aturan EURO. Coba itu Ninja, suarnaya kayak jetmatic kan?
gmana klau cbr250r tdk mengunakan pertamax. Pak saya punya cbr250R warna hitam,silver!!!!! Oil nya apa ya pusing !!! Aqu miqir tu cbr250R.kra 2 brapa juta ? hrga ban y pak ya. Saya perna mengalami, knalvot nya kna diding rmh wak tu mau masuk k mtr mah sdah sdit hlang warna knalpot nya ..-gmana tangapan bpak dan ibu.. Bodi ampir sama sma mengap ro yg keluaran bru…..cbr250+R M.A.N.T.A.P. KNAPA Y IKLAN TLEVISI/TV YANG MENGUNAKAN STONER…KNAPA G PEDROSO.PED KAN PEMBALAP AHM ASTRA HONDA MOTOR./HONDA KIRA 2 BRAPA LAMA STNK
kalo dikasih brokit gimana,apa masih bisa pakai premium….
bro ada kendala sma CBR 250 gw,CBR gw kmrin gw ajak mudik ke ponorogo,tetapi di kcepatan 125km/jam getaran mesin terasa bngt.RPM pd posisi 9000.apakh kendala ini cuma di motor gw aja ato terjadi di motor” yg lain bro.tq
Oli mesinnya pake apa mas bro ??? kalo masih pake standar pabrikan saran saya minimal pake oli mesin semi sintetik sekelas Motul ato Shell. Pengalaman saya juga gitu, oli mesin yang bagusan salah satu efeknya yaitu getaran mesin lebih minim meski belinya mahal.
kapasitas olinya 1,8 L ya om