28
Feb
11

Seputar Oli Mesin…

Oli mesin terdiri dari 3 macam yakni oli mineral, oli semi sintetik & oli full sintetik. Ibarat darah yang mengalir dalam tubuh, oli mesin bergerak melumasi komponen mesin. Berhubung fungsinya sangat vital, jadi jangan ampe telat ato lupa ganti oli mesin. Teledor terhadap oli mesin bisa berakibat fatal, komponen2 mesin jadi aus. 

Oli mesin mempunyai spesifikasi performa ato viskositas oli. Hal ini bisa dilihat dari kode yang tertera di botol oli mulai dari SA hingga SM. Makin tinggi hurufnya berarti oli tersebut makin baik dalam melindungi komponen mesin. Performa oli ini mengacu pada standar dunia yakni API (American Petroleum InstituteService ato JASO (Jepang). Selanjutnya adalah tingkat kekentalan (SAE = Society of Automotive Engineering). Di botol oli tertera SAE 20W-50 menandakan oli tersebut kental. Makin besar angka SAE-nya menandakan oli tersebut makin kental. Oli dengan spek SAE 20W-50 ato SAE 10W-40 mempunyai makna oli tersebut adalah multigrade artinya oli tersebut punya tingkat kekentalan yang berubah2 sesuai dengan suhu kerja mesin. 

Gonta ganti oli mesin ???

Ada 2 alasan mengapa pemilik kendaraan gonta ganti merek oli mesin. Pertama ketika membeli oli mesin di bengkel ato toko oli, merek oli yang biasa dipake tidak tersedia ato stoknya sudah habis. Kemudian alasan kedua adalah ingin mencoba berbagai macam merek oli. Kemaren pake oli merek X, kemudian saat ini pake merek Y, ntar besoknya lagi pake merek Z dst. Apakah ada efek samping dari gonta ganti merek oli ??? selama mengikuti prosedur yang ada tidak akan menimbulkan masalah. Prosedurnya adalah ketika mengganti oli mesin dengan lain merek jangan lupa untuk mengganti saringan oli kecuali kalo emang udah waktunya ganti. Filter oli mengandung sisa2 oli lawas rawan tercampur dengan oli mesin yang baru apalagi kandungan kimia antar merek oli berbeda2. Pake engine flush ??? lebih bagus lagi. Pemakaian engine flush disarankan misalnya jika ganti oli dari jenis oli mineral ke semi sintetik ato semi sintetik ke full sintetik & sebaliknya.

Pake oli merek apa ???

Pertanyaan ini sering muncul di benak para konsumen. Menurut saya terserah mo pake oli merek apa. Yang penting oli tersebut adalah asli & sesuai dengan spesifikasi yang dianjurkan oleh pabrik. Misalnya tunggangan disarankan oleh pabrik pake kekentalan yang encer SAE 10W-40, yah pake lah oli yang speknya sesuai.


28 Responses to “Seputar Oli Mesin…”


  1. 28 Februari 2011 pukul 12:31 pm

    saya gak pernah ganti oli bro, tapi tiap minggu nambah oli terus…seher dah kena😆

    http://extraordinaryperson.wordpress.com/

  2. 2 sobek2
    28 Februari 2011 pukul 1:03 pm

    plg enak 2stroke,..
    Oli mesin awet pakenya xixixi

  3. 28 Februari 2011 pukul 1:18 pm

    motul donk,
    nihh dha 3 bulan pake belom di ganti” masih enak lari ny😀

  4. 28 Februari 2011 pukul 1:31 pm

    apik…apik…apik
    *pak bambang mode:on:mrgreen:
    Castrol recomended:mrgreen:

  5. 28 Februari 2011 pukul 2:31 pm

    gara-gara telat ganti oli, mesin Tagor kemletek, ra wani mlayu banter, perlu ganti keteng kayaknya neh Pak Mit..

  6. 9 bejo
    28 Februari 2011 pukul 3:10 pm

    warna oli ngaruh ngga pak ?

  7. 28 Februari 2011 pukul 3:14 pm

    wah. lupa ni.. waktunya servis n ganti oli..qqq asemm abis klu ngikuti km blm dapet.. mosok harus ganti lagi..

    yang bener tergantung km atau waktu pak.. bantu bantu ya…

  8. 12 BJL
    28 Februari 2011 pukul 4:06 pm

    Waduh…oliku campur2 ki piye ceritane?

  9. 28 Februari 2011 pukul 4:35 pm

    wah iya lupa..waktunya ganti oli diesel R4, untung diingetin hehehe

  10. 28 Februari 2011 pukul 5:22 pm

    apike wis diwakilke
    ga cuma sesuain sae-nya tapi juga kantongnya

  11. 17 Oom pimpah as varioputiih
    28 Februari 2011 pukul 8:05 pm

    varioku ga bisa ganti filter oli😦

  12. 28 Februari 2011 pukul 9:46 pm

    artikel bagus mas!😉

  13. 4 Maret 2011 pukul 7:37 am

    @triyanto.ganti aja mas.ketengnya cuma 85rb.biaya masangnya di ahass 40rb

  14. 6 Maret 2011 pukul 4:50 pm

    engine flush tu apaan? Ga ngerti nich!
    Enduro apik!

    • 6 Maret 2011 pukul 8:48 pm

      Cairan yang berfungsi agar sisa2 oli yang ada dalam mesin bisa terbuang dengan sempurna. Cara pakenya cairan engine flush dicampur dengan oli terus nyalain mesin sekitar 5 menit. Setelah itu baru deh oli lama dibuang.

  15. 23 Dismas
    7 Maret 2011 pukul 1:26 pm

    Betul juga mas… Tapi spek standar yang dikasi pabrik, kurang memuaskan… Misalkan oli kental 20W-50, memang bikin halus suara mesin, tapi akselerasi lambat, top speed rendah, saat stater lebih sulit… tapi memang murah dibanding dengan oli encer sintetis…

  16. 24 win
    12 Maret 2011 pukul 3:59 pm

    Pak, mo nanya, oli mobil saya seminggu sekali hrs nambah, krn takerannya kurang barang 1/2 centi, nah kalo oli didalemnya merk X trus pas nambah2 pake merk Y boleh gak pak? sae dllnya sih sama, beda merk aja, dan cm utk nambah sekitar setengah centian lah tiap minggunya. gmn pak? tlg sarannya. tks.

    • 12 Maret 2011 pukul 9:13 pm

      Selama SAE masih sama masih bisa ditolerir. Disamping itu jenis olinya harus sama seperti mineral, semi sintetik ato full sintetik. Oli nambah terus ada beberapa penyebab seperti ring piston ato piston sudah aus sehingga oli di dalamnya ikut terbakar kemudian ada rembesin di mesin (packing sudah waktunya ganti).

  17. 26 yudha
    17 Juni 2012 pukul 4:16 pm

    gan oli yang bgus buat satria fu yg baru apa ya? bagusan semi ato full buat harian.

  18. 28 nanda
    15 Desember 2014 pukul 5:21 pm

    bahaya jika ganti oli semi ke full synthetic dengan sae yang sama beda merk, udah terlamjur soalnya ganti filter nya belum lama


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
Februari 2011
S S R K J S M
« Jan   Mar »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 6,488,226 hits

Twitter

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 378 pengikut lainnya

Suka Blognyamitra ???

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: