10
Apr
11

Gejala Ketika Rem ABS Honda CBR250R Bekerja…

Dalam workshop Honda CBR250R di Astra Honda Training Center, Sunter, Jakarta Utara, saya sempat menjajal varian CBR250R versi ABS (Antilock Brake System). Di samping harganya sudah pasti lebih mahal dibandingkan versi non ABS, selain itu bobot juga lebih berat 4 kg. Maklum banyak komponen yang tertanam seperti kabel2 sensor hingga otak komputer ABS yang biasa disebut ECU modulator. Piranti ini terpisah dari ECU manajemen mesin.  

Sensor ABS pada CBR250R mulai bekerja ketika motor dijalankan telah melewati kecepatan 6 km/h. Ketika menjajal pertama kalinya motor ini, hhhmmm…riding position-nya berbeda dengan Kawasaki Ninja250R. Yang jelas CBR250R lebih tegak. Masuk gigi satu trus pelintir gas, wah torsinya gede bener, gak perlu RPM tinggi kuda besi udah ngacir. Berhubung area tesnya terbatas di seputaran halaman pusat pelatihan, saya gak bisa mengeksplor lebih jauh. Yang bisa dilakukan palingan hanya ngetes rem ABS.

Untuk nyobain kerja ABS-nya gak perlu ngebut2lah. Cukup di kisaran 30-40 km/h. Setelah itu rem belakang diinjak sekuat2nya. Hasilnya roda tidak mengunci sama sekali. Beberapa kali uji coba terasa sekali pedal rem berdenyut. Kenapa berdenyut ??? yup… denyutan tadi pertanda bahwa rem ABS bekerja dimana ECU modulator ABS memerintahkan untuk mengurangi tekanan minyak rem pada kaliper agar roda tidak mengunci. Kaliper akan membuka menutup dengan cepat yakni 50 kali/detik…!!! Pengereman C-ABS pada CBR 250R merupakan perpaduan antara ABS & CBS (Combi Brake System). CBS-nya sendiri mirip dengan yang diaplikasi di Honda Vario Techno CBS. Kalo tuas rem depan saja yang aktif itu berarti hanya kerja ABS. Tapi kalau rem belakang juga jadi C-ABS. Maka itu buat menggabungkan sistem kerja kedua rem ini butuh part tambahan lagi yaitu, delay valve dan PCV (Pressure Control Valve)

Gejala rem bergetar mirip dengan ABS yang ada di mobil. Jadi ketika ngerem mendadak trus pedal rem bergetar jangan buru2 dilepas pedalnya…getaran tadi bukan pertanda rem bermasalah tapi sistem ABS sedang bekerja.  


27 Responses to “Gejala Ketika Rem ABS Honda CBR250R Bekerja…”


  1. 10 April 2011 pukul 6:22 pm

    info apik apik apik
    bagi yang mau beli, yang ga beli silahkan dilap air liurnya,,,

  2. 2 warung DOHC
    10 April 2011 pukul 6:29 pm

    pertamax e ? 😀

  3. 3 sijidewe aka snalpot99
    10 April 2011 pukul 6:33 pm

    tapi mahal pak😀

  4. 4 bejo
    10 April 2011 pukul 6:37 pm

    berdenyut tanda berfungsi

  5. 5 agus rianto
    10 April 2011 pukul 6:55 pm

    Tp gw tetep masih suka kawasaki KLX 250 SUPERMOTO,

  6. 7 Sendal bolong
    10 April 2011 pukul 7:41 pm

    ^Opone seng berdenyut rek…?

  7. 9 irfan
    10 April 2011 pukul 7:55 pm

    kalo nggak berdenyut bisa bahaya

  8. 10 April 2011 pukul 9:12 pm

    blogwalking…salam kenal

    main ke blog saya ya

  9. 13 vanz21fashion
    10 April 2011 pukul 10:57 pm

    well.. piranti ini mungkin cukup terasa di jalanan2 antar kota yang berkelok2 dan tanpa hambatan lampu lalu lintas di mana rider bisa ngebetot gas lebih dari waktu di dalam kota lantas2 tb2 terjadi pengereman mendadak. selebihnya saya rasa ga terlalu esensial. but meskipun banyak yg blg ga penting ada ABS, saya salut dengan AHM sebagai ATPM pertama yang memasukkan sebuah ABS system. Mudah2an opsi ABS ini bisa menyeruak ke produk2 lainnya..🙂

  10. 14 vIP
    11 April 2011 pukul 6:23 am

    abs bikin manja yak, lama-lama teknologi bikin skill ilang😦

  11. 11 April 2011 pukul 7:05 am

    Abs = asal babe senang:mrgreen:

  12. 17 Safety Rider
    11 April 2011 pukul 7:55 am

    kl liat tvs, ternyata manfaatnya banyak jg, kl kita lg jalan ujan n licin abs berfungsi, lewat jalanan berlumpur, abis ada proyek, jalan ancur, jalan tanah, abs penting kl menurut ane. abis liat pameran jd minat, semoga kebeli.

  13. 11 April 2011 pukul 10:37 am

    Pas panic breaking worthed ini

  14. 21 sabdho guparman
    11 April 2011 pukul 11:26 am

    tvs 180 denger-denger juga dah pake abs ya mas? semoga harganya lebih miring dari pada cbr250:mrgreen:

    india memang predator otomotif yang harus diwaspadai

    keep brotherhood,

    salam,

  15. 22 Widnug
    11 April 2011 pukul 2:42 pm

    Saatnya beli Mit…Tungganganmu keliatan Kuno….xixixixixi

  16. 24 Rollerman
    11 April 2011 pukul 7:04 pm

    ohhhh iya,misalnya ada jalan berpasir,apakah ABS ini sedikit berfungsi dalam pengereman??

  17. 30 April 2011 pukul 7:26 pm

    Selamat yoo…sing mBeli CBR 250R Termasuk Aku Mas???Maret 30-03-2011:Keluarlah CBR KU.Mari Saudaraku SeIndonesia Naik CBR250R Siiipp Daahh…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
April 2011
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 6,474,346 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 376 pengikut lainnya

Suka Blognyamitra ???

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: