20
Mar
12

Rumpon…Alat Bantu Untuk Meningkatkan Hasil Tangkapan Ikan…Sesuatu Buat Masyarakat Nelayan…!!!

Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan terbesar di dunia dimana 2/3 luas wilayah NKRI berupa lautan ato kurang lebih luasnya 5,8 juta km2…!!! Dengan sebegitu luasnya lautan kita memiliki kandungan sumber daya alam hayati yang sangat berlimpah & beraneka ragam.

Rumpon merupakan salah satu alat bantu penangkapan ikan yang telah dikenal oleh masyarakat nelayan. Rumpon mempunyai konstruksi menyerupai pepohonan yang dipasang/ditanam pada kedalaman tertentu di suatau tempat di perairan laut  yang berfungsi sebagai tempat berlindung, mencarai makan, memijah & berkumpulnya ikan. Sehingga rumpon ini dapat diartikan tempat  berkumpulnya ikan di laut untuk mengefisienkan operasi penangkapan bagi para nelayan. Rumpon merupakan alat bantu  penangkapan ikan yang fungsinya sebagai pembantu untuk menarik perhatian ikan agar  berkumpul di suatu tempat yang selanjutnya diadakan penangkapan.

Dengan makin majunya  rumpon telah menjadi salah satu alternatif untuk menciptakan daerah penangkapan buatan & manfaat keberadaannya cukup besar. Sebelum mengenal rumpon, nelayan menangkap ikan dengan cara mengejar ikan atau menangkap kelompok ikan di laut, kini dengan makin berkembangnya rumpon maka pada saat musim penangkapan,  lokasi penangkapan menjadi pasti di suatu tempat. Dengan telah ditentukan daerah penangkapan maka tujuan penangkapan oleh nelayan dapat menghemat bahan bakar, karena mereka tidak lagi mencari dan menangkap kelompok renang ikan dengan menyisir lautan yang luas.

Fungsi rumpon sebagai alat bantu dalam penangkapan ikan adalah sebagai berikut :

  1. Sebagai tempat konsentrasi ikan agar lebih mudah ditemukan & menangkapnya.
  2. Sebagai tempat berlindung bagi ikan dari pemangsanya.
  3. Sebagai tempat memijah bagi ikan.
  4. Banyak ikan2 kecil & plankton yang berkumpul di sekitar rumpon  dimana ikan & plankton tersebut merupakan sumber makanan bagi ikan2 besar.

Sedangkan manfaatnya adalah :

  1. Memudahkan nelayan menemukan tempatuntuk mengoperasikan alat   tangkapnya.
  2. Mencegah  terjadinya destruktif fishing, akibat penggunaan bahan peledak dan bahan kimia/beracun.
  3. Meningkatkan produksi dan produktifitas nelayan.

sumber : uwityangyoyo.wordpress.com


18 Tanggapan to “Rumpon…Alat Bantu Untuk Meningkatkan Hasil Tangkapan Ikan…Sesuatu Buat Masyarakat Nelayan…!!!”


  1. 20 Maret 2012 pukul 10:23 am

    bagusnya rumpon terbuat dari bebek-bebek busuk dan mobil-mobil gendut yang memacetkan jalan…

    • 2 Aa Ikhwan
      20 Maret 2012 pukul 10:34 am

      kl itu jadi terumbu karang om, n nantinya banyak ikan ..nyayur dah nelayan 😀

    • 20 Maret 2012 pukul 12:57 pm

      ah enggak juga tuh
      bisa aja mas benny ini

      kayaknya udah frustasi gara2 sering kena macet ya???

      kalo enggak mau kena macet
      sebuah kesalahan kalau mas benny memilih jalur darat
      gampang mas pake jalur udara
      tinggal beli helikopter
      enak gak pake macet

      soal bebek sama mobil2 gendut…
      bukannya itu mereka beli pake uang sendiri ya?
      gak minta sama mas benny kan??? (kalo emang ternyata mereka minta ke mas benny, saya minta maap)
      trus kalo enggak pake bebek
      bisa mas rekomendasikan apa penggantinya??
      ninja 250???? yaaah tambah penuh dong jalanannya….. bodynya kegedean

      atau suruh naek angkot???
      sbnernya sih bagus juga….
      tapi inget lho… enggak semua penduduk
      punya rumah atau kantor atau sekolah yang lokasinya melewati daerah trayek angkot

      atau bisa juga kalau di kalkulasi
      pengeluaran mereka untuk angkot
      kadang lebih besar daripada mereka beli bensin untuk yang mas beni bilang “bebek busuk”

      kalau mas lebih suka mereka pakai ninja 250….
      yahhh tambah tekor bensin deh……

      pakai style kontroversial sih sah2 aja kok mas
      tapi kalo kesannya memaksakan, kok jadi terasa aneh ya???

      mendingan disyukuri saja
      kalau mas sudah bisa pakai motor yang kelasnya sudah diatas yang mas benny bilang “bebek busuk”
      dan pengeluaran BBM yang mas beny keluarkan sudah mampu membuat keuangan mas benny tetap balance,

      atau kalau ada waktu, ya saya di Do’ain
      supaya bisa kaya mas benny bisa punya Ninja 250, trus keuangan tetep balance…..
      ato kalo masih ada waktu lagi…
      ya rekan2 sekemacetannya ikut Di Do’ain juga biar bisa kayak mas benny

      #semuanya cuma pendapat saya pribadi lho mas…..
      tanpa amplop, atau titipan :mrgreen:

  2. 20 Maret 2012 pukul 12:46 pm

    Inget jamane pak harto… becak di jakarta abis sama dia di jadiin rumpon 😀

  3. 8 syarifuddin
    7 September 2012 pukul 8:26 am

    bagus tu infonya,, berguna untuk masyarakat khususnya Nelayan,, bagus banget berarti anda perduli dengan orang kecil,,, orang yg komennya sok,, g ingat Mati kali,,,, G ngeliat ke bawah seolah2 dunia ini mau di bawa mati,,, Komen Bebek Busuk melukai hati orang Kecil ( nellayan ) syarif Nelayan Kutai timur

  4. 20 Mei 2014 pukul 2:55 pm

    Info yang sangat berguna buat para nelayan rumpon di indonesia, saya berharap bisa berpartisipasi dalam pengembangan rumpon,kami pengrajin tali untuk rumpon dari Brebes memproduksi tali rumpon berbahan dasar plastik (tali rafia) dan juga berbahan dasar benang sol,untuk lebih jelas silahkan kunjungi blog kami.semoga bermanfaat.terima kasih.

  5. 7 Juni 2014 pukul 3:33 pm

    Info yang sangat berguna buat para nelayan rumpon di indonesia, saya berharap bisa berpartisipasi dalam pengembangan rumpon,kami pengrajin tali untuk rumpon dari Brebes memproduksi tali rumpon berbahan dasar plastik (tali rafia) dan juga berbahan dasar benang sol,untuk lebih jelas silahkan kunjungi blog kami.semoga bermanfaat.terima kasih. http://www.talirumpon.blogspot.com atau tali-rumpon.blogspot.com

  6. 12 Yanni Pera
    27 Januari 2015 pukul 4:24 pm

    Mau tanya ni”””kalo beli rumpon Jadi buatan pabrikasi tinggal pasang jangkarx saja””minta alamatx atau kontak person”””

    • 31 Desember 2015 pukul 8:00 am

      Pagi para sahabat nelayan.disini saya mau menawar kan barang kali ada yang mmembutuhkan perlengkapan alat tangkap ikan berupa tali rumpon bisa hubungi saya langsung di no hp 082379070732.karna disini saya yang berproduksi langsung dan tali yg saya produksi ada 3 macam tali
      1 Tali rapiah
      2 tali plastik pp
      3 tali sol
      Barang kali minat bisa hubungi saya langsung.
      Trimakasih

    • 31 Desember 2015 pukul 8:03 am

      Silahkan hubungi saya di no 082379070732/BBM 530999CF karna disini saya yang berproduksi langsung masalah tali rumpon khusus nelayan.
      Trimakasih

    • 19 Januari 2016 pukul 10:51 pm

      Jika ada yang minat ataw butuh tali rumpon dalam jumlah kapasitas besar ataw kecil bisa hubungi saya di no hp 082379070732.karna kebetulan saya bergerak langsung di bidang produksi tali kapal khusus nelayan..trimakasih

    • 20 Januari 2016 pukul 8:50 pm

      tangkap tali khusus nelayan jenis rumpon bisa hubungi saya di no hp 082379070732 karna kebetulan saya yang bergerak langsung di bidang produksi tali khusus untuk nelayan.disini saya bisa melayani kapasitas besar maupun kapasitas kexil jika ada yg minat bisa hubungi saya secepat y..
      Trimakasih

  7. 31 Desember 2015 pukul 7:56 am

    Pagi para sahabat nelayan.disini saya mau menawar kan barang kali ada yang mmembutuhkan perlengkapan alat tangkap ikan berupa tali rumpon bisa hubungi saya langsung di no hp 082379070732.karna disini saya yang berproduksi langsung dan tali yg saya produksi ada 3 macam tali
    1 Tali rapiah
    2 tali plastik pp
    3 tali sol
    Barang kali minat bisa hubungi saya langsung.
    Trimakasih

  8. 20 Januari 2016 pukul 7:52 pm

    tangkap tali khusus nelayan jenis rumpon bisa hubungi saya di no hp 082379070732 karna kebetulan saya yang bergerak langsung di bidang produksi tali khusus untuk nelayan.disini saya bisa melayani kapasitas besar maupun kapasitas kexil jika ada yg minat bisa hubungi saya secepat y..
    Trimakasih


Tinggalkan komentar


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
Maret 2012
S S R K J S M
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 8.543.113 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabung dengan 391 pelanggan lain

Blog ini mendukung