20
Mar
12

Tarif Tol Naik…Pelayanan Amburadul…Potret Buruk Operator Jalan Tol…!!!

Foto diambil oleh penumpang.

Tiap 2 tahun sekali tarif jalan tol naik. Hal tersebut telah diatur dalam UU No 38/2004 tentang Jalan, khususnya pada Pasal 48 dan Peraturan Pemerintah (PP) No 15/2005 tentang Jalan Tol yang mengatur evaluasi dan penyesuaian tarif tol setiap dua tahun sekali. Kenaikan tarif tol menyesuaikan dengan inflasi di masing2 wilayah. Penyesuaian tarif seharusnya diikuti juga oleh peningkatan pelayanan kepada konsumen. Namun yang ditemui adalah sebaliknya…pelayanan tidak ada peningkatan sama sekali !!!

Hasilnya adalah menteri BUMN Pak Dahlan Iskan ngamuk di gerbang pintu tol Semanggi menuju Slipi. Dari 4 gardu loket tol, hanya 2 yang beroperasi. Sengatan listrik pak Dahlan Iskan membuat jajaran direksi Jasa Marga kalang kabut. Saya jarang lewat tol (sehari2 naik motor) tapi saya juga merasakan betapa buruknya pelayanan operator jalan tol. Beberapa hal yang sering saya jumpai adalah :

  1. Kemacetan pintu tol akibat tidak semua gardu tol dibuka ato hanya dibuka sebagian saja.
  2. Papan informasi tentang arus lalu lintas jalan tol yang tidak akurat. Dikatakan arus lancar tapi yang dijumpai adalah kemacetan. Begitu juga sebaliknya.
  3. Sarana jalan yang kurang memadai seperti beberapa ruas jalan yang rusak ato tambalan aspalnya kurang rata, minimnya penerangan jalan dsb.
  4. Jalan tol sebagai tempat ngetem bis AKAP (contoh tol Cikampek). Satu2nya di dunia coyyy…bis bisa ngetem menaikkan menurunkan penumpang di dalam tol…!!!
  5. Berkeliarannya derek liar di jalan tol. Meski belum pernah mengalami mogok di tol tapi banyak kasus konsumen menjadi korban pemerasan derek liar. Bagaimana bisa derek liar masuk ke dalam tol ??? bener2 manajemen yang bobrok…!!!
  6. Dst…monggo ditambahin…

Sebagai konsumen, kita harus menuntut tarif tol naik harus diimbangi oleh peningkatan pelayanan…!!! Harus ada Standar Pelayanan Minimum (SPM)…!!!Masa sih operator tol yang sudah meraup laba bersih yang sangat besar gak bisa memenuhi ekspektasi konsumen…

Monggo dilihat investigasi tabloid Otomotif edisi 45:XXI tentang derek resmi jalan tol. Hasilnya adalah tetep konsumen kudu bayar alias tidak gratis…!!! Ingin tahu berapa biayanya ??? tarifnya adalah Rp100rb sekali angkat ditambah Rp8rb setiap km (ada bukti pembayarannya bro)…!!! Konyolnya lagi respon layanan derek resmi via telepon payah…!!! Derek liar malah lebih dulu dateng ketimbang derek resmi…!!! Nggilani tenan…tulisan derek resmi gratis di dalam tol berbeda dengan kenyataan yang ada…!!!


7 Responses to “Tarif Tol Naik…Pelayanan Amburadul…Potret Buruk Operator Jalan Tol…!!!”


  1. 21 Maret 2012 pukul 3:02 am

    inilah indonesiašŸ˜¦

  2. 21 Maret 2012 pukul 8:17 am

    postingin aja ke blogn / emailnya pak Dahlan xixixixii…………..

  3. 21 Maret 2012 pukul 4:00 pm

    Tulisan di truk nya sudah jelas kok:
    “Gratis sampai pintu keluar terdekat”

  4. 7 Gogo
    22 Maret 2012 pukul 1:46 pm

    lagi2 beda negara maju dan berkembang..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
Maret 2012
S S R K J S M
« Feb   Apr »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 6,481,406 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 378 pengikut lainnya

Suka Blognyamitra ???

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: