09
Feb
11

Toyota Corolla Twin Cam GTi…Mobil Kencang Berkat Campur Tangan Yamaha…

Nongol di era tahun 1988-1992, Toyota Corolla Twin Cam boleh dibilang salah satu mobil yang sukses di pasaran. Tak heran meski mobilnya sudah berumur tapi hingga saat ini penggemarnya cukup banyak. Di masa jayanya, Corolla Twin Cam merupakan rival utama Grand Civic keluaran Honda. Berbagai varian Twin Cam hadir mulai dari SE, SE Limited, Liftback hingga yang versi kencengnya GTi.

Yup, Toyota Corolla Twin Cam GTi merupakan varian terkencang dari semua tipe Corolla yang hadir saat itu. Populasinya terbilang sangat jarang & menjadi buruan para kolektor penggemar kecepatan. Saking jarangnya, mobil ini tidak punya harga pasaran yang jelas, mirip dengan Honda Civic Estilo. Hadirnya varian GTi menambah semarak persaingan sedan2 kenceng saat itu seperti Mitsubishi Lancer Dan Gan GTi & Mazda Astina.

Ada perbedaan Toyota Corolla Twin Cam biasa dengan yang GTi. Mulai dari sektor interior hingga mesin. Corolla Twin Cam dibekali mesin berkode 4AF sedangkan yang versi GTi berkode 4A-GE. Mesin 4A-GE ini terbagi menjadi 2 yaitu yang 4A-GE 16 valve & 4A-GE 20 valve. Corolla Twin Cam GTi yang hadir disini menggunakan mesin 4A-GE 16 valve.

Yuk kita simak sekilas tentang mesin 4A-GE…

Mesin 4A-GE versi 16 katup

Mesin ini mulai dikembangkan dari tahun 1983 s.d. 1991. Yang cukup unik adalah mesin legendaris ini dibuat tak lepas dari campur tangan pabrikan Yamaha…!!! Dalam rentang 8 tahun telah lahir 3 generasi 4A-GE 16 katup. Generasi terakhir 4A-GE cukup beken dengan sebutan red top. Dinamakan red top karena tulisannya berwarna merah (lihat gambar di bawah). Tenaga yang dihasilkan mencapai 140 hp…!!! Sangar untuk ukuran saat itu.

Spek mesin 4A-GE versi 16 katup generasi ketiga

  • Kapasitas : 1.587 cc DOHC
  • Diameter x langkah : 81 mm x 77 mm
  • Kompresi : 10,3 : 1
  • Tenaga : 140 hp @ 7.200 RPM
  • Torsi : 149 Nm @ 4.800 RPM

Mesin 4A-GE versi 20 katup

Setelah era 4A-GE 16 katup, muncul generasi  keempat yakni mesin 4A-GE 20 katup yang dibuat pada tahun 1991 s.d. 1995. Mesin ini lebih canggih dibandingkan generasi ketiga 4A-GE karena sudah menganut buka tutup katup variabel (Toyota Variable Valve Timing / VVT). Mirip dengan red top, mesin ini punya nama beken silver top karena cover mesinnya berwarna perak. Kompresinya lebih tinggi dibandingkan yang 16 katup yakni mencapai 10,5:1. Tenaga yang dihasilkan mencapai 158 hp @ 7.400 RPM & torsi 162 Nm @ 5.200 RPM. 

Masih belum puas sampai di generasi keempat, lahirlah generasi kelima 4A-GE 20 katup di tahun 1995. Kalo yang generasi keempat punya nama beken silver top maka yang generasi terakhir dinamakan black top. Beberapa penyempurnaan di berbagai sektor dilakukan agar si black top menghasilkan performa mengagumkan seperti throttle body, exhaust, camshaft hingga flywheel yang menggunakan material ringan. Tak hanya itu, girboksnya pun memakai 6 tingkat kecepatan. Hasilnya adalah tenaga naik menjadi 163 hp @ 7.800 RPM & torsi 162 Nm @ 5.600 RPM. Akhirnya di tahun 1998, mesin legendaris kolaborasi Toyota & Yamaha mengucapkan sayonara.  

Mengapa mesin 4A-GE menjadi buruan penggila kecepatan ??? 4A-GE mempunyai keunggulan bobot ringan, tenaga besar, kuat serta banyaknya part2 racing yang melimpah. Jadi beruntunglah mereka yang memiliki Toyota Corolla Twin Cam GTi.

Toyota Trueno dalam film Initial-D, pake mesin 4A-GE...

About these ads

109 Responses to “Toyota Corolla Twin Cam GTi…Mobil Kencang Berkat Campur Tangan Yamaha…”


  1. 1 Gendown
    9 Februari 2011 pukul 8:50 am

    Puertamax larang tenan! 4A-GE emang mesin legendaris di Jepun.Kapan ya ane punya Toyota Corolla Trueno APEX (AE86)? Ngimpi.us

  2. 9 Februari 2011 pukul 9:20 am

    Mesin yang di bikin film (initial-D) bkn?

  3. 9 Februari 2011 pukul 9:38 am

    jeroan mobil, awam benar. Jadi tahu. Sip Pak Mit

  4. 9 Februari 2011 pukul 9:39 am

    hwaduh…. bisa menyebar virus Twincam nih! :lol:

  5. 9 Februari 2011 pukul 9:51 am

    Yamaha bantu bikin baut2nya yah om??..xixiixixixix :mrgreen:

  6. 9 Februari 2011 pukul 10:22 am

    kalo di Jogja harga secondnya masih mahalan yg SE Limited mas, tapi ya balik lagi ke kondisinya sih… pernah nyoba GTI emang dahsyat akselerasinya dibanding SELimited :D

  7. 12 widnug
    9 Februari 2011 pukul 11:24 am

    Mit…yang ada campur tangan Yamaha mah bukan cuma Mesin yang ini…dari jaman 2TG juga Yamaha dah ikut campur

    Untuk mesin seri 4A ini, Yamaha baru campur tangan di head yang 5 Valves per cylinder

  8. 9 Februari 2011 pukul 11:47 am

    o iya iya…yg akhirnya engine swap pake mesin ini…
    keren dah, sasis AE86 + mesin 4AGE

  9. 18 elsabarto
    9 Februari 2011 pukul 12:00 pm

    twincam SE & GT kisaran 35-45 jt mas…
    liftback luwih murah biasanya, klo bukan biker antusias pasti lbh milih ini daripada beli n250 :mrgreen:

  10. 9 Februari 2011 pukul 12:05 pm

    iya nie salah satu mobil inceran, harganya pun masih tinggi…akhirnya ambil saudaranya lah.. toyota corona 2.0 th 91 xixixi klo corona pake mesin tipe apa ya om?
    di era skg mobil2 performa mulai ditinggalkan…..jadi g ada lagi mobil performa yahud yg masuk indo…larisnya mobil2 pengangkut barang dan orang yang banyak…

  11. 9 Februari 2011 pukul 12:38 pm

    wah ada si tukang tahu :mrgreen:

  12. 9 Februari 2011 pukul 1:11 pm

    Oooooooo ini to yang pada nyebutnya Twin Cam
    buta soal mobil.
    lha Greco juga ada tulisannya Twin Cam.

    berarti ini yang masih mengkotak. tapi kok dijalanan jarang liat, masih kalah sering ama Civic LX dan atau Grand Civic

    • 9 Februari 2011 pukul 2:11 pm

      Twin Cam itu sebutan kalo mesin tsb punya camshaft/kem 2 buah. Kalo orang bilang mesinnya DOHC. Akan tetapi Twin Cam sedikit berbeda dengan DOHC. Kalo DOHC itu terdapat 2 camshaft & 2 camgear (sproket) sedangkan Twin Cam terdapat 2 camshaft tetapi hanya punya 1 camgear.

      • 9 Februari 2011 pukul 2:53 pm

        maksdunya mobilnya pak..kan di luar sana orang-orang banyak nyebut toyota twin cam….aku gak tahu..tahunya corolla sebelum great heheheeeeh

        kayak dulu jug gak tahu yang namanya GEnio apa Ferio…..tahunya CIVIC

  13. 9 Februari 2011 pukul 1:39 pm

    pernah ditawari yg SE (kalau tdk salah) harga 42 juta warna putih. Gambr terakhir itu yg filmx muter2 gunung di jepang itu kan.

  14. 32 satria merah
    9 Februari 2011 pukul 3:30 pm

    Corolla dx + 4A-GE mantap :cool:

  15. 33 pengamat mitra
    9 Februari 2011 pukul 3:58 pm

    kangmas, ada baiknya source gambar disebutkan originalnya.
    kecuali moto sendiri yah :)

  16. 9 Februari 2011 pukul 4:04 pm

    Initial D yang mainin Jay Chow kurang nendang beda sama yang versi manga nya

  17. 9 Februari 2011 pukul 4:50 pm

    oh ya kalo mo beli mobil2 performa gini harus jeli dalam milih….dan harus siapin budget lebih buat perbaikan..krn boil2 performa yahud gini pasti pemilik sebelumnya suka bejek gas :D pa lagi umurnya da pada 20th lebih :p

  18. 9 Februari 2011 pukul 5:11 pm

    bebuyutannya dan gan gti nih, eh dan gan gti 1.8 yah, gak imbang donk hehehe eits tapi sama2 140 HP di jamannya,

  19. 9 Februari 2011 pukul 10:07 pm

    gan….itu yang 1300 belum twin cam gan….kenapa dipasaran ngakunya twincam!!! pembodohan mobil gan…..besok diulas mitsu eterna ya…ama mazda capella/cronos….

    • 10 Februari 2011 pukul 7:31 am

      Yah kayak Twin Cam GTi, kudunya Corolla GTi, gak pake embel2 Twin Cam. Cuman berhubung tampangnya persis dengan Twin Cam yang laen akhirnya disebut Twin Cam GTi. Eterna ama Capella nyusul pelan2 deh… :)

  20. 11 Februari 2011 pukul 7:21 am

    saya suka film itu, juragan tahu yang nyetirnya pake satu tangan…
    masda astina pasarannya sekarang brp pakbro?

  21. 48 Sendal bolong
    12 Februari 2011 pukul 8:44 pm

    Gan, ulas dong mengenai mazda rx7 dan nissan skyline gtr34 dan perbandingan performanya, serta ngalor ngidul di indonesia populasinya berapa banyak ya…?

  22. 14 Februari 2011 pukul 6:25 pm

    kalau bawa mobil sejuta umat trus di pake ngetrel kaya gambar di atas di jamin mreeteeliii….wkwkwwkwkwk

  23. 14 Februari 2011 pukul 9:18 pm

    wah.kesukaanku tuh.liat initial d.apalagi yg kartun.kayaknya cuma buat yg ngerti otomotif.yg dipasang di trueno nya takumi awalnya blacktop.trus diganti versi kompetisi yg 20 valve redlinenya sampe 11000rpm
    CMIIW

  24. 53 theansoracing
    18 Februari 2011 pukul 8:00 pm

    Saya bangga punya Corolla Twincam GTi
    insyallah bisa merawatnya dan memilikinya sampai akhir hayat

    buat pemilik, pecinta, antusiasme Corolla Twincam GTi dan 4age berbagai varian
    silahkan bergabung di mailing list indonesiacorollagti@yahoogroups.com

    mari kita share semua nya tentang Corolla Twincam GTi

    salut buat penulis

  25. 20 Februari 2011 pukul 11:09 pm

    mau gabung ah, mumpung ada gti nongkrong neh

  26. 56 sumantri ismoyo
    28 Februari 2011 pukul 5:16 pm

    saya sanyat puas setelah baru-baru ini bisa mendapatkan mobil toyota twincamGTi th 1990 ,walaupun sebelumnya saya sudah pernah memiliki beberapa type mobil bekas alias tahun lama,namun blm dpat kepuasan.semoga mobil ini menjadi kebanggaan dan tentunya tidak menimbulkan permasalahan.

  27. 57 sumantri ismoyo
    2 April 2011 pukul 7:59 pm

    dimana ada jual suku cadang toyota corrola twincam yg asli untuk daerah riau..?

  28. 60 deden ismail
    25 Mei 2011 pukul 10:29 pm

    sy py twincam GTi 91 tp bingung di cianjur gak ada bengkel yg paham mwsin twincam,mohon masukan nya biar sy bisa merawat dn dimana sy cari spare part nya

  29. 28 Mei 2011 pukul 10:43 pm

    Mobil legendaris, mantap di street racing. Salut buat para pemakai AE92.

  30. 63 Paijotech
    11 Juli 2011 pukul 12:38 am

    pengen punya lageeeee………………..
    dulu red top, kayak apa sih yang black top

  31. 64 Eko
    20 Juli 2011 pukul 9:40 pm

    Saya punya twincam SE/88… kira2 speknya paan ya? selama ini aku pake kenceng banget deh….

  32. 28 Juli 2011 pukul 9:01 am

    ntar swap ah enjin Kijang Grand kakekku pake Blektop (ngimpi mode : on :mrgreen: )

  33. 5 September 2011 pukul 4:34 pm

    waowh manthepss.. mobil babeh ane sayang masih mesin 4A doank :oops:

  34. 67 Decky
    27 September 2011 pukul 6:45 am

    Terima kasih informasinya gan… cuma saya mau tanya nich, klo untuk mesin silver top biasanya di pakai untuk mobil apa ya??? apa great corolla??? namun saya liat muka mesin great corolla tidak seperti itu, atau dipakai untuk great corolla khusus??? (seperti twincam, kan ada yang se sama gti) Terima kasih gan, dan mohon informasinya lebih jauh.

  35. 68 supri
    7 Oktober 2011 pukul 4:09 pm

    Bang Mit, mau tanya.
    klo lampu belakang corolla twicnam 88 di kasih lampu belakang corolla twincam se thn 90 / 90 bisa ngga ya ??
    dudukannya pas ngga ??

    thx.

  36. 23 Oktober 2011 pukul 1:22 pm

    Saya punya Corolla Twincam GTi th 91, ok banget baik body and mesinnya, mungkin ada teman2 penggemar yg berminat bisa hub no 03172358210 atau 08175272984, thank’s for yg punya blog MITRA, aku jadi bangga ma mobilku

  37. 70 iponk
    25 Oktober 2011 pukul 12:38 am

    halloo bro bro semuaa,, sya bangga bs nemuin blog ini,, sya punya toyota corolla twincam GTi thn 91, warna merah ferrari, mulus, istimewa, full variasi cd, vcd, dvd, mp3, flashdisk, mmc, sliding tv 7 inch, speaker baru, pw, ps, alarm semua ok.. mesin mulus… di tol lari 150km/jam gas blm mentok… brang ori msih ada, bpkb + stnk baru atas nama sendiri, stnk hbis 2016.. klo da yg minat boleh add ym ato email di dewotiopakusadewo@yahoo.com…. blm ada yg cocok sm harga… hehehe buat modal nikahh.. thq brooo

  38. 73 lily kusnendar
    26 Oktober 2011 pukul 11:43 am

    Thanks atas infonya bro…sy baru miara corolla tc liftback, kondisi mesin ok, tp bingung mau cari body part kayak list pintu, lampu depan, tombol2 power window…ada yang tahu info toko, atau bengkel spesialis twincam gak ya??? Pliss mau tak bikin retro car nih…

  39. 74 jonni
    31 Oktober 2011 pukul 8:47 pm

    aku punya twincam ni…tapi rencana mau ganti pintu kiri depan belakang, dimana ada jual ya omm

  40. 75 jonni
    31 Oktober 2011 pukul 8:48 pm

    aku nyarik pintu mobil twincam yg sebelah kiri muka belakang, dimana ada jual ya omm

  41. 76 wyboty
    3 November 2011 pukul 1:02 pm

    Twin Cam …tua tua keladi…..klu mesin dirawat makin jadi…masih stabil di geber sampai di angka 140km/jam…bahkan masih bisa di genjot lagi pedal klu masih berani…muuuuantap…..

  42. 7 November 2011 pukul 7:53 pm

    tinggal dmn mas? saya kebetulan jg Pake TC Liftback dan punya channel utk dptkan bbrp part orinya Liftback. Kalo berminat silahkan email ke n4n4nk21@gmail.com barangkali ada yg bisa saya bantu.
    trims..

  43. 79 Didik R
    30 Desember 2011 pukul 4:45 pm

    gw punya corolla tc gti’90, pernah gw geber di jalan tol kecept nyampe 190 km/jam diadu ma civic estillo gak kalah…. Pokoknye mantabz bro…!. Eh…gw mo cari emblem-2 n spare parts corolla tc gti-16 mana yang bs gw hubungi…?? makasih informasinya bro….!

  44. 81 iemam myuchlis
    27 Februari 2012 pukul 6:36 pm

    pngen ni pnya mobil tyota corolla

  45. 82 celica3sgte
    11 Maret 2012 pukul 7:42 pm

    gti. toyota corolla terbaik era 90an di inonesia. terkencang dan terlincah. yg bagus disimpen orang, yg busuk pasti dijual2in. teliti sebelum membeli.

  46. 12 Maret 2012 pukul 4:26 pm

    wew,, si raja drifting.. btw mobil babe ane juga mesinnya juga 4A tapi ga ada GE nya :oops:

  47. 84 asis
    26 April 2012 pukul 2:35 pm

    Helll00000000 tlg bantu aku dong….Freeze Plug (koin Blok Mesin ) letaknya sebelah mana ? tlg ..ini msalah serius..pleas

  48. 26 April 2012 pukul 3:30 pm

    kebetulan sy punya Toyota Corolla Twin Cam GTi, dan tidak begitu tau tentang mesin, bagi yg tau info tentang sparepart mohon petunjuknya.klo cari soket yg terhubung ke injektor ada yg jual ga ya?, soalnya punya sy sudah jelek, mau diganti,denger2 info harus diganti satu set soalnya…kan muahal bgt :(

  49. 88 jonni
    11 Juni 2012 pukul 9:09 pm

    Mas bro saya nyarik pintu kiri muka belakang dimana ada jual yaaaa…..tlg ya bro info nya

  50. 9 Agustus 2014 pukul 3:50 pm

    pengen mobil ini, tapi duitnya masih kurang

  51. 90 anto
    1 September 2014 pukul 9:33 pm

    ane yakin nih mobil dah gk bisa nyalip mobil sejuta umat !!

    lha mau gimana lagi, disalip satu di depan nongol lima

  52. 91 sigit
    18 September 2014 pukul 9:10 pm

    Dulu punya corolla twincam 91,tp dengan sangat terpaksa ane jual lantaran butuh dana buat nutup lobang setelah kena PHK mendadak…hikhikhik sedih bgt tiap liat twinie dijalan sampe2 anak nyuruh nebus lg mobil yg dah d jual. Btw soal akselerasi emang mantab,stabil bro pernah ada yg ngajak lari2 di tol ma taruna..awal khawatir tp ketinggalan jauh bro padahal twinie ane msh standar. Oh iya sekedar info,buat pemegang twinie di bogor kalo mo servis di langganan ane aja,di bengkel hengki,silahkan deh coba,menurut ane seh om hengki dedengkot nya mobil bro.


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
Februari 2011
S S R K J S M
« Jan   Mar »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 4,115,661 hits

Twitter

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 282 pengikut lainnya.

Blog ini mendukung


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 282 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: