26
Jan
13

Adu Skutik Honda Vario Techno 125 PGM-FI vs Yamaha New Xeon RC, Pilih Mana…???

Yamaha New Xeon RC

Di awal tahun 2013 pabrikan garpu tala menelorkan skutik anyar 125 cc Yamaha New Xeon RC (Racing Champion) menggantikan Xeon lawas. Banyak ubahan serta penambahan fitur dilakukan. Tentu saja hal ini dilakukan guna menahan laju sang kompetitor sapa lagi kalo bukan Honda Vario Techno 125 PGM-FI. Pertarungan skutik di kelas 125 cc pun makin seru. Nah diantara keduanya, siapa yang paling joss… ???

Honda Vario Techno PGM-FI depan

Desain

Tampang Xeon terbaru paling kentara pada bagian depan. Lampu depannya lebih gede trus posisi sein dipindahkan yang semula di stang kini ada disamping lampu utama. Desain New Xeon RC yang terinspirasi dari pesawat siluman F-117 Nighthawk sedangkan Vario Techno 125 dari sportcar Honda NSX. Garis2 tajam & tegas menghiasi kedua skutik ini. Bagasi Vario Techno 125 yang punya kapasitas volume 18 liter membuat bodi lebih gendut ketimbang New Xeon RC dimana volume bagasinya hanya 12,8 liter.

Nolan Helm In

bagasi Honda Vario Techno 125 lega…

Fitur Keamanan

Secara umum New Xeon RC & Vario Techno 125 dibekali dengan beberapa fitur safety yang mirip misalnya lampu sudah pake AHO, kunci pengaman magnet, pengaman standar samping & pengunci rem. Fitur CBS (combi brake system) dimana rem depan & belakang aktif hanya dengan menekan tuas rem belakang pada varian tertinggi Vario Techno memberikan nilai tambah.

Akomodasi

Guna memenuhi kebutuhan & kenyamanan pengendara baik New Xeon RC maupun Vario Techno 125 menawarkan beberapa lokasi untuk meletakkan barang. Konsol boks bagian depan tersedia di kiri kanan keduanya, yang sisi kiri bisa buat naruh botol air mineral ukuran sedang kemudian yang sisi kanan ukurannya imut, yah mungkin buat naruh sementara karcis parkir ato uang receh. Kemudian berlanjut ke bagian bagasi. Volume 18 liter yang dimiliki Vario Techno 125 cukup besar, bisa menelan helm full face sedangkan New Xeon RC volumenya hanya 12,8 liter.

Mitra Test Ride Vario PGM-FI

Fitur Mesin & Performa

Dua2nya sudah mengadopsi pasokan bahan bakar injeksi, PGM-FI pada Vario Techno 125 & YM-JET FI pada New Xeon RC. Klaim pun digembar gemborkan yakni irit & bertenaga. Sektor jeroan mesin mengusung teknologi tinggi. Kubu Vario Techno 125 mengusung teknologi offset cylinder, dinding luar silinder bertekstur, roller rocker arm, light weight piston, compact combustion chamber & ACG starter. Xeon RC gak mau kalah dengan menghadirkan diasil cylinder, forged piston, roller rocker arm, fuel pump tipe brushless, crank balancing & kelistrikan AC/DC open circuit. Spek kedua mesin pun sama persis yakni diameter vs langkah = 52,4 mm x 57,9 mm, entahlah janjian kali yah biqinnya :mrgreen: Xeon RC menghasilkan tenaga 11,4 PS @ 9.000 RPM & torsi 10,4 Nm @ 6.500 RPM sedangkan Vario Techno 125 mencapai 11,3 PS @ 8.500 RPM & torsi 10,7 Nm @ 5.000 RPM. Terlihat Xeon RC unggul di tenaga sedangkan Vario Techno 125 menang di torsi. Ketika saya mencoba Xeon RC & Vario Techno 125, keduanya memberikan tarikan yang responsif. Boleh dikata hampir seimbang. Untuk konsumsi BBM belum pernah saya coba.

Test Ride Yamaha New Xeon RC

Sensasi Berkendara

Yang namanya skutik tentu saja yang dicari adalah kenyamanan berkendara. Ketika kaki menginjak dek bawah, baik Vario Techno 125 maupun Xeon RC punya dek yang luas. Tak masalah bagi mereka yang punya ukuran sepatu di atas 40 seperti saya. Kaki masih leluasa bergerak. Dengan tinggi tubuh 165 cm, untuk duduk di Vario Techno 125 kaki kudu agak jinjit. Hal ini akibat jok berukuran lebar efek dari bagasi yang luas & melar ke samping. Beda dengan Xeon RC yang tubuhnya ramping, lebih nyaman menapak ke aspal. Jok Xeon RC busanya lebih tebal ketimbang Vario Techno 125, sudah pasti bokong gak bakalan cenat cenut dipake buat riding berjam2 :mrgreen: Suspensi Xeon RC & Vario Techno 125 redamannya cukup baik dalam melibas jalan keriting. Begitu juga sektor rem, cukup mumpuni menghentikan laju kuda besi. Dipake buat meliuk2 Xeon RC lebih lincah ketimbang Vario Techno 125 berkat ukuran tubuhnya yang lebih langsing. Namun buat menikung panjang, Xeon RC gak semantep Vario Techno 125.

Yamaha New Xeon RC samping

Bodi langsing & bobot ringan enak dipake buat meliuk2…

Kesimpulan

Sing menang sopo ??? agak sulit menilai karena dua2nya punya kelebihan masing2. Bagi mereka yang lebih mementingkan sektor akomodasi bisa muat barang banyak tentu Honda Vario Techno 125 jadi pilihan. Sedangkan kalo yang dicari adalah kenyamanan buat berkendara di tengah kemacetan seperti ibukota, Xeon RC bisa dilirik. Tinggal pilih maunya yang mana…


69 Tanggapan to “Adu Skutik Honda Vario Techno 125 PGM-FI vs Yamaha New Xeon RC, Pilih Mana…???”


  1. 3 Eddie Prasetyo
    26 Januari 2013 pukul 5:46 pm

    pilih yg irit 🙂

  2. 26 Januari 2013 pukul 11:03 pm

    secara umum imbang memang 2 skutik ini..tinggal mau pilih yang mana..apalagi kalo udah berbicara desain yg selera orang berbeda-beda.. 🙂

    New V-ixion Lightning (part 2 – selesai), akhirnya test ride !

  3. 27 Januari 2013 pukul 8:07 am

    yamaha yg jelas sparepart lebih baik dari honda

  4. 9 Dono
    27 Januari 2013 pukul 4:08 pm

    offset cylinder, dinding luar silinder bertekstur itu maksudnya apa bro Mitra ? mirip diasil cylinder kah ?

  5. 11 aa badar
    27 Januari 2013 pukul 11:12 pm

    kl gw sih liat demand aja… 2012 vario 125 FI bisa dikatakan menutup dengan cemerlang.. dan terasa banget ternyata safetynya honda memberikan dampak yg sangat besar kl gw tanya ma tmn2 yg pake si vario ini. combie brake system, bagasi luas dan standar otomatis buat tmn gw nyaman aja..

  6. 28 Januari 2013 pukul 8:26 pm

    Old Xeon lampu sein nya deket lampu utama jg lo gan,
    yg di setang lampu seri (kl ga salah nama) :cmiiw

  7. 16 Brodjo
    29 Januari 2013 pukul 6:08 pm

    Vario Techno donggg .. itu mantappp

  8. 18 debu biru
    30 Januari 2013 pukul 11:30 am

    om mit… arm kanan xeon lawas bisa dipasang di xeon RC gak ya..

    Aslinya pingin matic dualshock kyk hayate, sayang belum injeksi dan terlalu gede kalo buat dipake istri (biasa pake Beat)

  9. 30 Januari 2013 pukul 2:57 pm

    YAMAHA lebih siap tekno FI nya! Vote buat XEON RC!

  10. 21 Sena
    30 Januari 2013 pukul 3:43 pm

    vario lah, jelas itu lebih mantab

  11. 23 John Pramabuli
    31 Januari 2013 pukul 7:47 pm

    review dari tabloid otomotif, putaran bawah menengah menang xeon, putaran menengah atas termsk top speed menang vario (based on racelogic : xeon = 102,5 km/h, vario=109 km/h), konsumsi bbm xeon=39,8 km/ltr, vario=42,5 km/ltr.

    • 24 XiEyOpN
      21 Juli 2013 pukul 12:15 am

      Hoax ane coba kemaren sama temen ane sama”” pake pertamax, start vario cepet di depan. setelah 95 kpj xeon mulai nyusul dan ninggalin vario 1 body di depan ga lanjut karena dpan dah perempatan. tapi keduanya kalo urusan tarikan sama top speed ga kalah kok, tp ane seneng aja sama RC ramping bwat nyalip nyalip gampang 😀

  12. 25 Ekal
    1 Februari 2013 pukul 10:26 pm

    Saya sebenarnya lebih menyukai Honda karena lebih nyaman, mantap dan irit. Tetapi, yang paling saya nggak suka adalah body Honda plastiknya jelek sekali kualitasnya, jauh dibandingkan dengan Yamaha yang lebih tebal, kuat, halus serta kualitas catnya sangat baik sekali. Yamaha secara umum menurut saya lebih kuat, tatapi Honda lebih ekonomis, nyaman dan empuk dikendarai. Saya pernah punya pengalaman pahit dengan Yamaha Xeon saya. Bengkel resmi Yamaha tidak hati-hati memasang selang bensin di karburator sehingga terlepas ketika sedang dikendarai. Motor tiba2 mati dan mengeluarkan api. Untung saja saya langsung membanting motor saya, jadi api bisa keluar ke samping karena posisi motor miring. Bagus saja banyak tukang dagang di jalan Syahdan dekat kampus Binus, Jakarta Barat, mereka langsung menyiram motor saya. Respon dari Yamaha pusat bagus sekali ketika saya kirimkan email mengenai kejadian tersebut, tetapi bengkel motor Yamaha responnya tidak memuaskan karena tidak mau imengganti bagian bodi motor yang terbakar dan kabel body serta kabel gas. Jadi teman2 yang punya Yamaha Xeon hati-hati ketika menyerpis motornya dibengkel resmi Yamaha. Bengkel resmi ternyata belum tentu menjamin mereka kerja bagus. Sudah berkali-kali saya mengalami pengalaman jelek dengan bengkel Yamaha. Kalau bengkel Honda saya tidak tahu, yang punya pengalaman buruk dengan bengkel resmi Honda tolong juga di share. Thanks

  13. 27 gc133hijrah
    18 Februari 2013 pukul 7:13 pm

    Ane lg inden wtf 125 cbs akhir bulan ini, karna eleganitas dan akomodasi bagasi dan tangki yang tidak didapatkan di xeon rc, juga faktor badan ane yang kaya kingkong…

  14. 20 Februari 2013 pukul 10:16 pm

    kenapa vario techno fi businya sebulan sekali pasti mati??? yg bikin mumet hargae businya muahal buanget.. sedangkan maticku mio soul fi sudah setahun belum pernah ganti busi..??? varioku kujual hargae jatuh banget…. rugi banyak broo.

  15. 30 Asoy geboy
    25 Februari 2013 pukul 2:45 am

    Nouvo SX FI seri RC new edition .. ane milihnya gan klo masuk ke indonesia ..ekekeekkkk

  16. 31 jeons
    8 Maret 2013 pukul 7:07 am

    vario iss aja so saya lbih suka jok yg tinggi lbih kyak mntor premium gtu

  17. 32 in front of
    11 Maret 2013 pukul 9:06 am

    kalo saya sihh saya lebih vote Xeon RC karna bodi nya tangguh dan tebal jadi bodi secara keseluruhan lebih kuat n patent, tapi penilaian orang-orang kan beda2 mau pilih yang mana itu selera….. 😀

  18. 22 Maret 2013 pukul 3:58 pm

    So psti pilih vario kan dari honda, kalo xeon mah penjualan nya dari dulu kurang laris alias ga dilirik, skarang aja pemegang skutik terlaris kan honda, honda dari dulu soal kualitas sudah dijamin. So jangan salah pilih ya sob.:)

  19. 22 Maret 2013 pukul 4:02 pm

    Yamaha smakin ketinggalan bukan smakin di depan bukti nya aja penjualan yamaha separih dari penjualan honda aja ga nyampe, yang udah beli yamaha pasti nyesel sbab herga jual nya ga sebagus honda.

  20. 35 nizar
    29 Maret 2013 pukul 9:30 am

    kalau sy pilih vario FI, krn benar2x irit, setiap hari sy tempuh jarak 50km hanya mengisi premium 5000rb aja, SUMPAH G BOHONG

  21. 1 April 2013 pukul 3:33 pm

    Terserah dech mau pilih mana..gue mah vixion aja 🙂

  22. 1 April 2013 pukul 3:36 pm

    Upsss liat aja angka penjualanya motor metik…yamaha lebih unggul jngn asal nyeplos..cari tau dulu…hahhahhhahaha 😉

    • 38 denbravo
      11 April 2013 pukul 8:50 pm

      @atas
      komentar anda benar2 bikin saya geli.
      sebaiknya anda juga cari tau dulu sebelum komen spt itu, jangan asal nyeplos. jadi ketauan begoknya.

      penjualan segmen matic dikuasai yamaha? so yesterday. hahahahaha.

  23. 39 refi
    6 April 2013 pukul 9:26 am

    vario donk….

  24. 15 April 2013 pukul 3:50 pm

    ke kopdar obiwan gak mau
    kopdar ahm mau

    *mitra banget

  25. 41 apit
    18 April 2013 pukul 5:59 pm

    kalao saya pilih vario 125 pgmfi menurut saya lebih keren

  26. 42 anto yanto
    22 April 2013 pukul 10:41 pm

    xeon rc lah,vario mah bodynya aneh jd yg beli pasti jg orang aneh.

  27. 43 hendri
    7 Mei 2013 pukul 12:20 am

    sebenarnya sh vario keren banget cuma terlalu tinggi, berat d ajak selap selip, joknya keras. mending xeon rc ato nggak beat injek ..

  28. 44 erfan
    7 Juni 2013 pukul 9:15 pm

    mas bro….
    tolong dong sarannya oli yg tepat buat xeon rc ane apa?
    thanks…

  29. 30 Juni 2013 pukul 6:53 am

    aku suka banget body dari Xeon rc bagus banget, tapi aku masih bingung mau pilih yang mana yang pas buat aku, cosmic white Xeon rc aku suka banget, kalau honda vario kayak gak terbiasa ajadgn bodynya…. jadi masih di pertimbangkan lg….

  30. 29 Juli 2013 pukul 8:15 pm

    tanya broths.. bagusan mana (DAYA TAHAN/KEAWETAN) teknologi dan material mesin VARIO dibandingkan dengan YAMAHA XEON RC ?

    XEON :
    1. DiAsil Silinder , Forged Piston, YMJET-FI

    menurut saya, vario lebih banyak fitur2nya seperti :
    1. Speedometer semi-digital
    2. ukurannya lebih besar daripada XEON
    3. bagasi + tanki bensin juga lebih besar kapasitasnya
    4. HARGA LEBIH MURAH 14,6 vs 16.4 jt 😳 (semoga ajah ga dinaekin sama AHM)

    cuma yaitu dia.. material & ketahanan mesinnya.. yamaha kan udah terkenal sama slogannya DiAsil + Forged Piston..+ YMJET-FI
    nah kalo HONDA ??

    Trim’s

    Teknologi Yamaha Jupiter MX / T135

    • 2 Agustus 2013 pukul 10:04 am

      Kalo Honda Vario pake teknologi offset cylinder, dinding luar silinder bertekstur. Tujuannya untuk meningkatkan daya tahan mesin serta mudah melepas panas mesin. Kalo menurut saya sih yang penting perawatan motor yakni rutin ganti oli & pake oli berkualitas bagus (rekomen pabrikan). Percuma saja pake teknologi tinggi tapi perawatan minim. Betul kan 🙂

  31. 49 Chris Yan
    8 Agustus 2013 pukul 7:18 pm

    Pusing mo beli motor….milih Suzuki Hayate 125 Special Edition atau Yamaha Xeon RC ya….terlepas dari lihat injeksi dan karburator. Bener2 puyeng nich….

  32. 50 gotip
    9 Agustus 2013 pukul 12:43 pm

    butuh waktu lama utk memutuskan mau beli motor yg mana. Honda vario yg baru yg ada idling stop systemnya atau Xeon Rc? setelah lama berfikir akhirnya saya memutuskan utk membeli Yamaha Xeon Rc! setelah beberapa bulan sya menunggangi Xeon Rc sya sma sekali tdk pernah menyesal membelinya, Xeon Rc enak di kendarai, enak utk santai dan enak jga utk kebut kebutan. Vario terlalu besar dan kosong/kopong, klo Xeon Rc Padat berisi, Xeon Rc juga terlihat sangat elegan, sma seperti saya yg elegan. 🙂

  33. 18 Agustus 2013 pukul 11:59 am

    Tungguin aja produk yamaha terbaru yg mirip xeon,tapi lebih keren. Gak kayak vario yang punya lampu depan nyongot kayak mrongos, itu cocoknya yang nunggangin artis eli sigigi yg punya mulut mrongos

  34. 18 Agustus 2013 pukul 12:06 pm

    Produk honda jeleeeek buaangeeett soal mesin,gue nyesel beli honda beat dulu tarikanya kayak permen karet klo di ajak nanjak aja suaranya bikin telinga mau pecah rasanya, meringing gitu kayak jam alarm, mending yamaha pnya suara halus kayak tepung

  35. 53 rondokempling
    27 Agustus 2013 pukul 1:21 pm

    hoammmsss….komentarnya para sales ya begitu,coba jadi mekanik baru tau tuh siapa yang bekualitas…vario 125 atau xeon rc……

  36. 56 bah gendng
    27 Agustus 2013 pukul 8:33 pm

    sudah jelas banyak milih vario sudah irit tangki besar,
    kalo mau dijual lg jg harga gak terlalu turun.
    Ane udah keliling jakarta timur ciputat tangerang bogor kerap kali bahkan banyak yg memakai motor vario ini .
    sudah jelas vario lebih dinikmati dan dipilih oleh konsumen

  37. 57 nabiil
    11 September 2013 pukul 10:45 pm

    ane mw tnya ni gan…bgusan injeksi pnya HONDA ap YAMAHA?

  38. 11 November 2013 pukul 6:50 am

    klw aku yang pasti memilih VARIO 125 PGM-FI.dari pada motor XEON 125 x,krena dlu aku beli motor XEON RC,tapi boros x super,tapi akhir x ada juga yang beli motor x lalu aku bli motor VARIO 125 ternyata beda banget kaya motor XEON 125 .udah boros,gk bertenaga dan kapasitas jok x kecil banget.beda banget kaya motor VARIO 125nya.I LOVE HONDA

  39. 59 Fans motor japan matic
    18 November 2013 pukul 8:37 am

    Kalau buat yang merasa anak gaul
    dan keren seperti orang perkotaan
    pasti pilihan jatuh pada xeon rc gan,
    maklum karena di kota jalannya
    banyak pada macetnya..

    Dan kalau buat yang merasa hidup
    di pedesaan bahkan persawahan
    kan jalannya tuh banyak yang sepi,
    jadi pilihan sudah tentu jatuh ke
    vario 125 karena itu motor kagak
    tepat buat meliuk liuk di kemacetan.

    Terus terang aja ane punya kedua
    motor ini gan, buat ane sama sama
    oke soalnya setiap bulan kalau ane
    mudik ke desa pake vario dan kalau
    buat sehari hari di kota ane pake
    xeon rc.

    Salam motor mania..

  40. 60 Fans motor japan matic
    18 November 2013 pukul 8:38 am

    Kalau buat yang merasa anak gaul
    dan keren seperti orang perkotaan
    pasti pilihan jatuh pada xeon rc gan,
    maklum karena di kota jalannya
    banyak pada macetnya..
    Dan kalau buat yang merasa hidup
    di pedesaan bahkan persawahan
    kan jalannya tuh banyak yang sepi,
    jadi pilihan sudah tentu jatuh ke
    vario 125 karena itu motor kagak
    tepat buat meliuk liuk di kemacetan.
    Terus terang aja ane punya kedua
    motor ini gan, buat ane sama sama
    oke soalnya setiap bulan kalau ane
    mudik ke desa pake vario dan kalau
    buat sehari hari di kota ane pake
    xeon rc.
    Salam motor mania..

  41. 19 Desember 2013 pukul 3:48 pm

    vario 125 lah bro,,udah 3x ane tarung sama xeon RC,buat yg pegang vario tp kalah lari sma xeon,blajar dulu sama ane cara betot gas vario,vario ga lari kalo start pertama gas lngsng di pentok,sdkt2 dulu mas. . .

  42. 62 md
    9 Februari 2014 pukul 10:27 pm

    klo ingin tahan lama beli xeon, klo ingin enak n irit beli vario. wuenaknya vario hanya 1,5 th sesudahnya abrug”an bodinya shock blekernya ga ngenyod memang tipikal Honda spt itu. jadi menurt ane xeon nilainya 7 tapi turun ke angka 6 agak lumayan lama bisa sampai 2 x lipat vario, nilai vario 8 tapi cepat turun ke angka 7 dan 6. Kalkulasi dalam 3 tahun : Xeon 7 x 36 = 252 sedangkan vario (8 x 18) + (7 x 6) + (6 x 12) = 144 + 42 + 72 = 258. 4 tahun dan seterusnya menjadi milik xeon.

  43. 2 Agustus 2014 pukul 11:05 pm

    kayaknya bang Mimin dah compare pemakaian BBM nya, jd yg mana paling irit bang min? thanks

  44. 13 Juni 2015 pukul 1:58 am

    Ulasan saya saya sbgai pemakai matic..
    Saya pemakai Xeon RC,bermasalah pada rem,saya sudah dua kali kecelakaan akibat rem,yaitu rem depan yg tidak sperti motor lain,…
    Inti nya Xeon RC tidak nyaman,malah bisa membunuh anda di jalan raya…
    Saya sudah membuktikannya,Xeon RC memang laju tapi lajunya tidak bisa terkendalikan,akibat nya rem depan nanti akan membuang kesamping, padahal rem belakang udh ditekan,rem depan hnya sekilas saja tpi rem depan yg akan membuat kita trjatuh…
    Saya berani bicara krna motor Xeon saya baru saya pakai bbrapa bulan dan sudah kecelakaan 2x ditahun ini…
    Dan akhirnya motor Xeon RC saya,sudah tidak mau memakai nya lagi takut trjadi hal yg tidak diinginkan…

  45. 67 gotro
    24 September 2015 pukul 12:48 pm

    Survey membuktikan 7 dari 10 orang memilih honda matic…lihat aja di jalanan bnyakan mana…


Tinggalkan komentar


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
Januari 2013
S S R K J S M
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 8.543.425 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabung dengan 391 pelanggan lain

Blog ini mendukung