Selain mesin 2 tak & 4 tak, ada satu jenis mesin lagi yang gak boleh dianggap remeh. Yup, mesin rotary !!! Mesin ini diciptakan oleh insinyur Jerman yang bernama Felix Wankel. Dia menciptakan mesin rotary pada tahun 1950-an di NSU Motorenwerke AG.
Mesin rotary ato bisa juga disebut dengan mesin Wankel adalah mesin pembakaran dalam yang digerakkan oleh tekanan yang dihasilkan oleh pembakaran dirubah menjadi gerakan berputar pada rotor yang menggerakkan sumbu (wikipedia). Mesin ini terbilang unik karena pistonnya merangkap sebagai ruang bakar & memiliki gerak berputar (berotasi), bukan seperti mesin lainnya yang lazim bergerak vertikal ato horisontal.
Salah satu keunggulan mesin rotary adalah mesinnya kompak & keluaran tenaga yang dihasilkan cukup besar meski kapasitas mesinnya terbilang kecil. Pada awalnya banyak pabrikan yang menggunakan mesin ini seperti GM, Mercedes Benz, Mazda, Rolls Royce dsb. Namun diantara semua pabrikan saat ini hanya tinggal pabrikan Mazda saja yang serius mengembangkan mesin rotary.
Hingga saat ini mesin rotary adalah dapur pacu wajib di jajaran mobil sport Mazda RX series. Kita ambil contoh Mazda RX8, kapasitas mesinnya cuman 1.300 cc tapi keluaran tenaganya mencapai 232 hp !!!
Dibalik semua keunggulan itu tentu ada kelemahan. Mesin rotary ini cukup boros bahan bakar. Mirip dengan mesin 2 tak lah. Sebagai info Mazda RX8 konsumsi BBM-nya rata2 sekitar 1:7 !!! Itu dalam kondisi normal lohhh…!!! Lain cerita kalo mobil dipake geber2an, udah pasti sering mampir ke pom bensin 🙂 Kelemahan selanjutnya adalah boros oli & kadar emisi yang cukup tinggi.
Isu lingkungan menjadi perhatian serius pihak Mazda. Kabar terakhir menyebutkan bahwa generasi mendatang Mazda RX8 akan lebih hemat BBM sebesar 20% & berkadar emisi rendah. Mesin akan digunakan 1.600 cc (konfigurasi twin rotor 2×800 cc) dengan output sebesar 270 hp !!!
Bagaimana dengan motor ??? apakah ada motor yang pernah menggunakan mesin rotari ??? ternyata ada bro !!! Beberapa diantaranya adalah Suzuki RE5 yang diproduksi antara tahun 1975-1976, Norton F1, Norton NRV588 & NRV700.
penasaran sama ketahanan mesin dan getarannya? klo liat dari ogahnya pabrikan lain pake mesin ini kmungkinan mesin ini ga efisien dari segi ekonomis.
tapi performa mesin rotary adalah salah satu yang terbaik di dunia….
para penggila automotif sangat mendambakan mesin ini…
pokoknya kalo soal performa T.O.P.B.G.T.
Sampe2 di balap Le Mans Mazda gak boleh ikutan karena pake mesin rotary-nya itu 🙂
kisaran harga berapa buat pasaran indo???ada yang tau ga???
Mesin wengkle bisa di bilang 1 STROKE. 1 pembakaran untuk 1 langkah kerja. Yang jelas boros karena karena bbm di “stationernya” mengucur lebih banyak.seperti contoh untuk putaran stationer “1500 rpm” ( standart motor matic) motor piston butuh 1 liter bensin.mesin wengkel dapat menghabiskan 4 liter. Mesin 4 tak 1 pembakaran bisa memutar 2 putaran kruk. Sementara wenkle butuh 6 pembakaran untuk 1 putaran kruk.bayangkan borosnya.tenaga memang besar,tapi bbm bakal di kuras di “stationer”.
Oooo motor ada juga yah yang pakai mesin LUAR BIASA ini
buat motor, jadi terliaht padat, tapi gimana dengan Power to Wight rationya
kalo melihat norton NRV yang cuma 588cc tapi punya power 170 HP !
ga usah diragukan lagi memang mesin rotary MAANNNTTAAAFFFF !!!!
Setuju…moge2 600cc lainnya rata2 cuman punya keluaran 120 hp-an.
Mazda RX-7 dan RX-8.. mobil favorit saya (di gim Gran Turismo).. asli kuenceng kalo dah di-tune up..
wkwkwkwkwk…. jangankan di gamenya bro…. aslinya juga Kuenceng..!!!!!
satu ungkapan saja buat mesin ini : EFISIEN !!
dalam artian mesin ini tidak memerlukan banyak gerakan seperti mesin 4 tak… lebih mirip mesin 2 tak hanya saja dalam satu mesin ini seolah-olah mempunyai 4 piston yang saling manyambung gerakannya…dimana dalam satu kali putaran saja mesin ini telah melakukan gerakan dari intake, compress, ignite, dan exhaust…. memang boros dalam hal konsumsi bbm nya, tapi kompensasinya adalah TENAGA YANG LUAR BIASA !! semuanya dalam mesin yang sangat kompak ini !!
thumbs up !! …… dream engine …..
mesin paling woke….buat spped lover Mazda RX adalah dambaan…joss kalo mleset cronos V6 2500cc juga joss..wew, kok ngomongin mobil??!! DI sinyalir mesin2 perang yang tidak dijual bebas peke mesin model wenkel…tenaga mirip 2tak tapi komponenya simpel…
Norton NRV, coba kalo boleh ikut MotoGP..pasti mantaff…kapasitas mesin kecil, tenaga gede…
wehh…boross euy..tapi tenaga yahudddd
Kuda besi sampeyan pasangin mesin rotary wae, ben iso maburrrr…. 😀
artikel begini yang bikin melek mata! 😉
like this!!!!
Matur nuwun 🙂 kalo ada mesin 50 cc tapi rotary kayaknya asik juga deh dipasang di Kucing Ireng 😀
mesin rotary ini pake oli samping juga ya?
Nggak pake oli samping pak.
Pakai, Bahan Bakarnya Campuran Oli dan Benzin. Makanya Emisi nya.. Gak Lulus Euro-Euro-an..
perawatannya kliatannya rumit ya. klo di indonesia apa ada yg sanggup nrima oversized-nya? mengingat ruang bakarnya elips, sehernyapun spesifik. tapi masih penasaran juga ama keawetan mesinnya, apakah ini alasan utamanya sehingga pabrikan laen lebih memilih mesin konvensional. yg mulai dikembangkan sekarang justru mesin diesel karena dianggap mesin yg paling efisien, irit bahan bakar dan gas buang ramah lingkungan. bahkan pabrikan mobil mewah jaguar pun mengembangkannya (denger2 produknya paling halus dibandingkan ama pabrikan laen). tapi jangan dibandingkan ama mesin diesel mobil niaga indo ya. he3… mantan bosku dulu pernah punya renault import (ga tau namanya) modelnya semacam livina ccnya ga sampe 2000 cc, lari 200kpj enteng dan lebih irit dari inova
Kalo utk perawatan saya kurang tahu, tapi harusnya sih lebih mudah karena komponennya tidak sebanyak mesin 4 tak pada umumnya. Pabrikan lain kurang tertarik untuk mengembangkan mesin rotary karena kelemahannya boros BBM plus kadar emisi yang cukup tinggi (Mazda RX series). Bahkan Mazda RX8 sempet gak boleh beredar di Inggris karena tidak lulus uji emisi.
mesin rotari 1 slinder kaya 4 slinder CMIIW
kata guru stm dulu, mesin ky gini malah alus tuh.. Tp gtw jg sih bner apa ga..
NRV700 output powernya 220hp!! 😈
katax taun 2012 norton mau ikut MOTOGP?
Kalo Norton ikut MotoGP pake mesin rotary kudu ada regulasi yg jelas, kalo gak gitu pabrikan lain bisa pd bubar 😀
ga nyantumin source gambar mit?
ntar digugat loh :p
Gambar yg mana ??? 😀 mesin rotary ??? kan dah ada tulisannya tuh di artikel, dari wikipedia 😀
Vixion di kasih mesin rotary!!!
Thanx nih buat info n animasi cara kerja mesinnya. Aku dari dulu ga ngerti cara kerja mesin rotary.
Thanks Pencerahannya
Ternyata Rotary sistemnya beda ma mesin 2&4tak ya bro. sy kira dr dulu RX-8 mesinya 4tak tp koq ada yg nyebut rotari jd sy gabung 4tak with rotary gitu trnyata perkiraan sy salah. Tp ngeri jga yah mesin rotary tenaga besar dgn BBM yg boros. Apakah mesin ini tdk sembarang mekanik yg bsa memperbaiki apbila rusak & sparepart dalem mesin yg langka?
Suku cadangnya mahal karena dapetinnya juga susah.
Mesin Rotary/Wankel…? Siapa dulu penciptanya…??? lagi2 orang Jerman…Felix Wankel…!! Jerman emang hebat!!
ada yg jual mesin wankel kah?? mohon infonya.
wah artikel menarik bro… saya baru ngerti cara kerja mesin rotary, unik juga. Tapi kalau dikembangkan lebih jauh pasti bisa dibuat lebih irit dan emisi rendah.
Kelebihan rotary/wankel engine dibanding mesin piston konvensional.
– Mesin rotary wankel lebih simple, ringan & lebih sedikit bagian yang bergerak daripada mesin piston konvensional.
– Aliran tenaga mesin wankel lebih smooth, karakteristik power vs Rpm lebih linear daripada mesin piston.
– Rasio Power Vs Bobot mesin wankel jauh lebih baik daripada mesin piston.
– Mesin wankel 100% aman dari kerusakan fatal akibat kegagalan sistem valve, semisal akibat putus timing belt dll.
– Efisiensi volumetric mesin rotary jauh lebih baik dari mesin piston, menghasilkan power lebih besar dengan ukuran dapur pacu yang lebih kecil.
– Mesin rotary bereaksi sangat cepat terhadap dengan perubahan posisi throtle, menjadikan mesin rotary sangat responsif.
Kekurangan mesin rotary dibanding mesin piston.
– Sistem seal mesin rotary jauh lebih rumit, terutama seal dibagian sudut2 rotor terhadap rotor chamber untuk mencegah kebocoran kompresi.
– Sistem seal yang tidak efektif pada mesin rotary berdampak sangat signifikan pada efisiensi dan kinerja mesin secara keseluruhan, berbeda dengan mesin piston ketika terjadi bocor kompresi seringkali tidak terlalu terasa dampaknya oleh pengemudi.
– Pada mesin rotary Jeda waktu yang tersedia untuk proses injeksi bahan bakar jauh lebih singkat daripada mesin piston, akibatnya tidak cukup waktu bagi sistem ECU untuk mengatur ulang kualitas pengabutan udara+bensin agar lebih bagus. Dampaknya karena kualitas pengabutan yang tidak optimal menghasilkan mesin yang boros bahan bakar & tidak ramah lingkungan.
– Mesin rotary membakar sedikit oli ketika beroperasi, pada mesin rotary sifat “film surface” dari oli benar2 dimanfaatkan untuk membantu sistem seal pada rotor, menjadikan kompresi lebih rapat dan tahan bocor. Dampaknya oli jadi ikut terbakar sedikit demi sedikit dalam ruang pembakaran menjadikan mesin rotary boros oli.
– Kekurangan sistem rotary terutama pada problem sealing rotor & chamber dengan solusi yang tersedia dan bisa didukung oleh teknologi saat ini menghasilkan mesin rotary yang secara efisiensi dan performance tidaklah spesial dibandingkan mesin piston konvensional, ditambah sifat tidak ramah lingkungannya, menjadikan mesin jenis ini ditinggalkan oleh banyak pabrikan.
Trims atas info tambahannya 🙂
gw cinta sama mesin rotary
tp ada jg versi mesin rotary spt mesin kompresor/genset dg merek sachs
tp belinya dmana yah ???
Kerennn
mantaaab…infonya, klo bisa jd program pemerintah utk anak2 STM buat mesin ky gni tp dengan mengurangi kelemahan2 yg dah di sebut, orang jerman emang hebat tp hrsnya jg kita yakin bisa juga mengadaptasi teknologi ini
itu sistem mesin yang melampaui tehnologi pada zamannya.. ada campur tangan alien..
tehnologi jerman pada saat perang dunia ke dua sampai sekarang memang penuh misteri.
sesuatu yang bahkan tak pernah terfikirkan oleh ilmuan / profesir negara lain,, ilmuan dan profesor jerman menemukan dan membuatnya sehingga membuat dunia terbelalak.
jerman emang paling jozzzz
mesin wankel, aka rotary ini power gede tapi lemes bgt geterannya, ada beberapa review di yutub. coba aja search 6 rotor. kebayang powernya seperti apa. 3000hp itu enginenya . thx buat reviewnya bro.