05
Okt
10

Sekilas Tentang Mesin Rotary

Selain mesin 2 tak & 4 tak, ada satu jenis mesin lagi yang gak boleh dianggap remeh. Yup, mesin rotary !!! Mesin ini diciptakan oleh insinyur Jerman yang bernama Felix Wankel. Dia menciptakan mesin rotary pada tahun 1950-an di NSU Motorenwerke AG. 

Mesin rotary ato bisa juga disebut dengan mesin Wankel adalah mesin pembakaran dalam yang digerakkan oleh tekanan yang dihasilkan oleh pembakaran dirubah menjadi gerakan berputar pada rotor yang menggerakkan sumbu (wikipedia). Mesin ini terbilang unik karena pistonnya merangkap sebagai ruang bakar & memiliki gerak berputar (berotasi), bukan seperti mesin lainnya yang lazim bergerak vertikal ato horisontal.

Salah satu keunggulan mesin rotary adalah mesinnya kompak & keluaran tenaga yang dihasilkan cukup besar meski kapasitas mesinnya terbilang kecil. Pada awalnya banyak pabrikan yang menggunakan mesin ini seperti GM, Mercedes Benz, Mazda, Rolls Royce dsb. Namun diantara semua pabrikan saat ini hanya tinggal pabrikan Mazda saja yang serius mengembangkan mesin rotary.

Hingga saat ini mesin rotary adalah dapur pacu wajib di jajaran mobil sport Mazda RX series. Kita ambil contoh Mazda RX8, kapasitas mesinnya cuman 1.300 cc tapi keluaran tenaganya mencapai 232 hp !!!

Mazda RX8

Dibalik semua keunggulan itu tentu ada kelemahan. Mesin rotary ini cukup boros bahan bakar. Mirip dengan mesin 2 tak lah. Sebagai info Mazda RX8 konsumsi BBM-nya rata2 sekitar 1:7 !!! Itu dalam kondisi normal lohhh…!!! Lain cerita kalo mobil dipake geber2an, udah pasti sering mampir ke pom bensin :) Kelemahan selanjutnya adalah boros oli & kadar emisi yang cukup tinggi.

Isu lingkungan menjadi perhatian serius pihak Mazda. Kabar terakhir menyebutkan bahwa generasi mendatang Mazda RX8 akan lebih hemat BBM sebesar 20% & berkadar emisi rendah. Mesin akan digunakan 1.600 cc (konfigurasi twin rotor 2×800 cc) dengan output sebesar 270 hp !!!

Bagaimana dengan motor ??? apakah ada motor yang pernah menggunakan mesin rotari ??? ternyata ada bro !!! Beberapa diantaranya adalah Suzuki RE5 yang diproduksi antara tahun 1975-1976, Norton F1, Norton NRV588 & NRV700.  

Speknya 497 cc, tenaganya 62 hp @ 16.500 RPM & torsi 74,35 Nm @ 13.500 RPM !!!

Norton NRV 588, speknya 588 cc twin rotor, tenaga 170 hp & torsi 108 Nm !!!

About these ads

36 Responses to “Sekilas Tentang Mesin Rotary”


  1. 1 f41z
    5 Oktober 2010 pukul 5:24 am

    penasaran sama ketahanan mesin dan getarannya? klo liat dari ogahnya pabrikan lain pake mesin ini kmungkinan mesin ini ga efisien dari segi ekonomis.

  2. 5 Oktober 2010 pukul 6:44 am

    Oooo motor ada juga yah yang pakai mesin LUAR BIASA ini

    buat motor, jadi terliaht padat, tapi gimana dengan Power to Wight rationya

  3. 8 ardhinugros
    5 Oktober 2010 pukul 7:34 am

    Mazda RX-7 dan RX-8.. mobil favorit saya (di gim Gran Turismo).. asli kuenceng kalo dah di-tune up.. :mrgreen:

  4. 10 Fr1z
    5 Oktober 2010 pukul 11:49 am

    satu ungkapan saja buat mesin ini : EFISIEN !!

    dalam artian mesin ini tidak memerlukan banyak gerakan seperti mesin 4 tak… lebih mirip mesin 2 tak hanya saja dalam satu mesin ini seolah-olah mempunyai 4 piston yang saling manyambung gerakannya…dimana dalam satu kali putaran saja mesin ini telah melakukan gerakan dari intake, compress, ignite, dan exhaust…. memang boros dalam hal konsumsi bbm nya, tapi kompensasinya adalah TENAGA YANG LUAR BIASA !! semuanya dalam mesin yang sangat kompak ini !!

    thumbs up !! …… dream engine …..

  5. 5 Oktober 2010 pukul 3:58 pm

    mesin paling woke….buat spped lover Mazda RX adalah dambaan…joss kalo mleset cronos V6 2500cc juga joss..wew, kok ngomongin mobil??!! DI sinyalir mesin2 perang yang tidak dijual bebas peke mesin model wenkel…tenaga mirip 2tak tapi komponenya simpel…

  6. 6 Oktober 2010 pukul 3:01 am

    Norton NRV, coba kalo boleh ikut MotoGP..pasti mantaff…kapasitas mesin kecil, tenaga gede…

  7. 6 Oktober 2010 pukul 4:00 am

    wehh…boross euy..tapi tenaga yahudddd :mrgreen:

  8. 15 one08
    6 Oktober 2010 pukul 4:18 am

    artikel begini yang bikin melek mata! :wink:
    like this!!!!

  9. 17 daris
    6 Oktober 2010 pukul 4:22 am

    mesin rotary ini pake oli samping juga ya?

  10. 19 f41z
    6 Oktober 2010 pukul 4:35 am

    perawatannya kliatannya rumit ya. klo di indonesia apa ada yg sanggup nrima oversized-nya? mengingat ruang bakarnya elips, sehernyapun spesifik. tapi masih penasaran juga ama keawetan mesinnya, apakah ini alasan utamanya sehingga pabrikan laen lebih memilih mesin konvensional. yg mulai dikembangkan sekarang justru mesin diesel karena dianggap mesin yg paling efisien, irit bahan bakar dan gas buang ramah lingkungan. bahkan pabrikan mobil mewah jaguar pun mengembangkannya (denger2 produknya paling halus dibandingkan ama pabrikan laen). tapi jangan dibandingkan ama mesin diesel mobil niaga indo ya. he3… mantan bosku dulu pernah punya renault import (ga tau namanya) modelnya semacam livina ccnya ga sampe 2000 cc, lari 200kpj enteng dan lebih irit dari inova

    • 6 Oktober 2010 pukul 6:26 am

      Kalo utk perawatan saya kurang tahu, tapi harusnya sih lebih mudah karena komponennya tidak sebanyak mesin 4 tak pada umumnya. Pabrikan lain kurang tertarik untuk mengembangkan mesin rotary karena kelemahannya boros BBM plus kadar emisi yang cukup tinggi (Mazda RX series). Bahkan Mazda RX8 sempet gak boleh beredar di Inggris karena tidak lulus uji emisi.

  11. 6 Oktober 2010 pukul 5:54 pm

    mesin rotari 1 slinder kaya 4 slinder CMIIW
    kata guru stm dulu, mesin ky gini malah alus tuh.. Tp gtw jg sih bner apa ga..
    NRV700 output powernya 220hp!! :twisted:
    katax taun 2012 norton mau ikut MOTOGP?

  12. 23 pengamat mitra
    7 Oktober 2010 pukul 6:37 am

    ga nyantumin source gambar mit?
    ntar digugat loh :p

  13. 25 Widnug
    7 Oktober 2010 pukul 8:08 am

    Vixion di kasih mesin rotary!!!

  14. 9 April 2011 pukul 10:35 am

    Thanx nih buat info n animasi cara kerja mesinnya. Aku dari dulu ga ngerti cara kerja mesin rotary.

  15. 27 Skips
    8 Mei 2011 pukul 9:29 pm

    Thanks Pencerahannya
    Ternyata Rotary sistemnya beda ma mesin 2&4tak ya bro. sy kira dr dulu RX-8 mesinya 4tak tp koq ada yg nyebut rotari jd sy gabung 4tak with rotary gitu trnyata perkiraan sy salah. Tp ngeri jga yah mesin rotary tenaga besar dgn BBM yg boros. Apakah mesin ini tdk sembarang mekanik yg bsa memperbaiki apbila rusak & sparepart dalem mesin yg langka?

  16. 29 Hen
    5 April 2012 pukul 8:31 pm

    Mesin Rotary/Wankel…? Siapa dulu penciptanya…??? lagi2 orang Jerman…Felix Wankel…!! Jerman emang hebat!!

  17. 30 lingz
    7 Oktober 2012 pukul 1:13 am

    ada yg jual mesin wankel kah?? mohon infonya.

  18. 22 November 2012 pukul 10:27 am

    wah artikel menarik bro… saya baru ngerti cara kerja mesin rotary, unik juga. Tapi kalau dikembangkan lebih jauh pasti bisa dibuat lebih irit dan emisi rendah.

  19. 13 Maret 2013 pukul 2:14 pm

    Kelebihan rotary/wankel engine dibanding mesin piston konvensional.
    – Mesin rotary wankel lebih simple, ringan & lebih sedikit bagian yang bergerak daripada mesin piston konvensional.
    – Aliran tenaga mesin wankel lebih smooth, karakteristik power vs Rpm lebih linear daripada mesin piston.
    – Rasio Power Vs Bobot mesin wankel jauh lebih baik daripada mesin piston.
    – Mesin wankel 100% aman dari kerusakan fatal akibat kegagalan sistem valve, semisal akibat putus timing belt dll.
    – Efisiensi volumetric mesin rotary jauh lebih baik dari mesin piston, menghasilkan power lebih besar dengan ukuran dapur pacu yang lebih kecil.
    – Mesin rotary bereaksi sangat cepat terhadap dengan perubahan posisi throtle, menjadikan mesin rotary sangat responsif.
    Kekurangan mesin rotary dibanding mesin piston.
    – Sistem seal mesin rotary jauh lebih rumit, terutama seal dibagian sudut2 rotor terhadap rotor chamber untuk mencegah kebocoran kompresi.
    – Sistem seal yang tidak efektif pada mesin rotary berdampak sangat signifikan pada efisiensi dan kinerja mesin secara keseluruhan, berbeda dengan mesin piston ketika terjadi bocor kompresi seringkali tidak terlalu terasa dampaknya oleh pengemudi.
    – Pada mesin rotary Jeda waktu yang tersedia untuk proses injeksi bahan bakar jauh lebih singkat daripada mesin piston, akibatnya tidak cukup waktu bagi sistem ECU untuk mengatur ulang kualitas pengabutan udara+bensin agar lebih bagus. Dampaknya karena kualitas pengabutan yang tidak optimal menghasilkan mesin yang boros bahan bakar & tidak ramah lingkungan.
    – Mesin rotary membakar sedikit oli ketika beroperasi, pada mesin rotary sifat “film surface” dari oli benar2 dimanfaatkan untuk membantu sistem seal pada rotor, menjadikan kompresi lebih rapat dan tahan bocor. Dampaknya oli jadi ikut terbakar sedikit demi sedikit dalam ruang pembakaran menjadikan mesin rotary boros oli.
    – Kekurangan sistem rotary terutama pada problem sealing rotor & chamber dengan solusi yang tersedia dan bisa didukung oleh teknologi saat ini menghasilkan mesin rotary yang secara efisiensi dan performance tidaklah spesial dibandingkan mesin piston konvensional, ditambah sifat tidak ramah lingkungannya, menjadikan mesin jenis ini ditinggalkan oleh banyak pabrikan.

  20. 34 BayuLingga
    24 Oktober 2013 pukul 10:24 pm

    gw cinta sama mesin rotary
    tp ada jg versi mesin rotary spt mesin kompresor/genset dg merek sachs
    tp belinya dmana yah ???


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
Oktober 2010
S S R K J S M
« Sep   Nov »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 3,912,919 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 268 pengikut lainnya.

Blog ini mendukung


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 268 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: