31
Jul
10

Bedanya Street, Road, Avenue, Toll & Boulevard

Di Indonesia, nama jalan biasa disebut jalan (Jl.) saja, tapi kalau di Amrik ada kebiasaan atau pemahaman tertentu untuk membedakan jenis jalan. Tidak ada aturan baku sebetulnya, melainkan seperti kebiasaan saja. Kalau dipahami benar, pembedaan nama jalan ini justru memudahkan warganya untuk mengidentifikasi jenis jalan. Misalnya apa beda jalan yang diberi label Avenue dengan Drive, dan sebagainya.  
Di Amerika jika kita merujuk sebuah jalan besar (biasanya jalan utama) di kota besar, maka nama yang umum dipakai Avenue. Seperti Pennsylvania Avenue di Washington DC atau Fifth Avenue di New York.   Kalau jalan itu cukup besar dan lalu lintas ramai, atau jalan yang menghubungkan antar kota kecil, namanya cukup Road, misalnya River Road. Sementara untuk jalan dalam kota disebut Street saja.
 
Lain lagi kalau melewati jalan sebuah kompleks perumahan, biasanya namanya disebut Drive untuk kompleks perumahan biasa dan Boulevard untuk perumahan mewah. Tapi inipun gak saklek, artinya sah-sah saja kalau perumahan kecil memakai nama Boulevard.  Sekali lagi ini cuma kebiasaan. Nah ada juga yang disebut Court, biasanya nama ini digunakan untuk jalan-jalan yang ujungnya buntu alias membuat kita melingkar. Umumnya jalan ini memang berbentuk melingkar.
 
Kalau jalan antar kota disebut High Way.  Jalan jenis  ini sesungguhnya terbagi dua, yang pertama jalur timur-barat atau barat-timur.  Nama jalur ini selalu mengunakan angka genap misal, High Way 76, yang berarti menghubungkan antara Philadelphia dan Pittsburg.
 
Sementara yang satu lagi adalah High Way yang menghubungkan  utara-selatan atau sebaliknya. Jalur ini pasti diberi angka ganjil, misalnya High Way 95, yang menghubungkan Miami dan New York di pantai timur.
 
Pemberian nama jalan memudahkan pengguna jalan untuk mengidentifikasi pengguna jalan kalau  tersesat.  Kalau plang yang kita lihat namanya 76 East, berarti kita menuju timur. Kalau 76 West berarti kita menuju barat. Lihat, angkanya sama-sama genap bukan?  Sedangkan kalau 95 South, artinya kita mengarah ke selatan menuju Texas hingga Meksiko. Sementara kalau kalau 95 North, bisa mencapai Montana lalu ke Kanada.
 
Lain lagi untuk sebutan jalan tol, di Amerika biasanya disebut Toll Road dan adanya di dalam jalan High Way.  Ada pula nama jalan yang diakhiri dengan Pike. Seperti di Lancaster, ada nama jalan Harrisburg Pike yang artinya jalan tersebut menuju Harrisburg. Kalau di Indonesia seperti Jakarta menuju Bogor, maka namanya Jalan Raya Bogor. Tapi kalau jalannya ditambah, ada kata Turn, misalnya Penna Turnpike,  maksudnya jalan itu menuju High Way.

sumber : Kabarinews.com


10 Responses to “Bedanya Street, Road, Avenue, Toll & Boulevard”


  1. 1 Agustus 2010 pukul 2:17 am

    wah baru tahu ane…kalo di Inggris…sama kah???..kok ngelihat di alamat Inggris juga ada boulevardnya???:mrgreen:

  2. 3 Fr1z
    1 Agustus 2010 pukul 2:48 am

    ada satu yang di indonesia ada di luar negri ga ada … yaitu : jalan tikus

    wkwkwkwwkwk..:mrgreen:

  3. 4 Sobek-Sobek
    1 Agustus 2010 pukul 7:43 am

    ehehhehehe mantabs…
    iya gara2 nomor yg sama pernah kesasar gak merhatiin west ato east nya mas bro
    modal cuman peta lagi, gps nya keabisan batre.. ahahahay

  4. 5 zaqlutv
    2 Agustus 2010 pukul 9:17 am

    oh highway itu bukan jalan tol toh? jadi jalan tol itu ada di dalam highway gitu yach? baru mudeng, salah persepsi ane, heheheee… tambah ilmu lagi..
    makasi om

  5. 7 ameh
    24 Maret 2011 pukul 9:42 pm

    samgat membantu….
    trmksh !

  6. 10 Maret 2012 pukul 9:41 am

    luarbiasa…….,tq…….

  7. 9 Padi Aja
    11 Mei 2012 pukul 8:23 am

    Wahhhh.. kalo gang, di Amrik apa ya istilahnya ?

  8. 5 Januari 2013 pukul 9:06 pm

    makasih yaa tulisannya sangat bermanfaat buat tugas kuliah hehehe😀


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
Juli 2010
S S R K J S M
« Jun   Agu »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 6,488,226 hits

Twitter

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 378 pengikut lainnya

Suka Blognyamitra ???

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: