Mumpung lagi hangat2nya membicarakan mobil Esemka, mengingatkan saya akan sosok tokoh otomotif almarhum Soeparto Soejatmo. Mantan Direktur Teknik PT. Timor Putra Nasional ini pernah merancang sebuah hatchback bermesin 1.300 cc injeksi yang dinilai cocok dengan pasar Indonesia. Mobil yang dinamakan Timor S213i ini mesinnya murni karya Soeparto Soejatmo. Sementara untuk bentuk bodi menggandeng desainer terkenal Itali, Zagato.
Soeparto yang sempat mengenyam pendidikan teknik di Jepang punya ambisi agar Indonesia punya mobil nasional yang bisa dibanggakan. Pada tahun 2000, prototipe Timor S213i kelar dikerjakan. Begitu bangganya, Soeparto memamerkan S213i ke berbagai kalangan otomotif Indonesia. Soeparto tinggal menunggu waktu sampai S213i resmi mengaspal. Namun sayang karena gonjang ganjing politik dalam negeri proyek Timor dihentikan.
Dan di alam sana Soeparto tersenyum melihat generasi muda penuh semangat melanjutkan impiannya negeri ini punya mobil nasional… semoga terwujud…
tokoh yang pantas dijadikan anutan dalam produksi kendaraan bermotor lokal…..pada saatnya mobil nasional kita sudah bangkit dan menjadi industri yang maju, tak ada salahnya menjadikan bapak ini sebagai pahlawan nasional
tak ada yang tak mungkin, dulu di Indonesia berjaya mobil2 Eropa dan Amerika, tapi ATPM2 Jepang yang dianggap hijau dapat mendongkel semuanya. Kita harus yakin bahwa kita bisa.
ADA BAIKNYA ESMEKA DAN LAIN-LAIN PEMERHATI INDUSTRI MOBIL NASIONAL BELAJAR….BELAJAR DARI TINGGALAN BELIAU…SIAPA TAHU BISA DIKEMBANGKAN MENJADI PIONIR DAN CIKAL BAKAL MOBNAS……BRAVO ANAK MUDA BERANI DAN KREATIF….
wahhh bentuknya lumayan kok kalo ukuran tahun 2000,udah modern
kalo pun dteruskan lagi dan sedikit d permak mungkin oke lagi