09
Jan
12

Wajib Pertamax Ato Harga Premium Dinaikkan…???

Per 1 April 2012 Pemerintah akan memberlakukan wajib Pertamax bagi semua kendaraan pribadi roda empat berplat nomor hitam. Masalah wajib Pertamax sebenarnya pernah digulirkan 1 tahun yang lalu untuk wilayah DKI Jakarta per 1 Januari 2011 namun diundur karena kesiapan SPBU yang menyediakan BBM jenis Pertamax. Kemudian direncanakan tgl 31 Maret 2011 namun lagi2 ditunda hingga akhirnya akan diterapkan per 1 April 2012 gara2 duit Pemerintah jebol mensubsidi BBM yang kelewat banyak. Gak tau lagi ntar diundur lagi ato gak secara tanggal segitu adalah April MopšŸ˜€ Memaksa kendaraan pribadi untuk wajib menggunakan Pertamax adalah kebijakan yang menurut saya kurang tepat. Lebih baik jika harga Premium dinaikkan yah misalnya Rp500,- ato Rp1.000,- Toh masyarakat juga bisa menerima secara harga minyak dunia memang mahal.

Penyelewengan rawan terjadi secara selisih harga BBM subsidi dengan non subsidi cukup jauh. Misalnya kalo ada pengguna roda empat ingin beli Premium tapi berani bayar mahal misalnya Rp6.000,- per liter trus selisihnya masuk kantong ke petugas SPBU. Tinggal hitung aja gurihnya pemasukan yang diterima oleh petugas SPBU. Pengawasannya pun juga cukup sulit dilakukan.
Di samping itu butuh biaya yang tak sedikit buat SPBU2 dalam menyediakan tangki bensin & dispenser untuk BBM jenis Pertamax.

Yang merasakan dampak dari kebijakan wajib Pertamax adalah kalangan usaha berskala kecil menengah. Usaha mereka sudah pasti akan terganggu… hal ini juga kurang baik karena rawan pengurangan tenaga kerja alias PHK. Jangan sampe deh rakyat jadi korban gara2 kebijakan yang tidak dipikirkan matang2.

Pemerintah beralasan wajib Pertamax dilakukan untuk menyelamatkan APBN. Sebenarnya dengan menaikkan Rp500,- ato Rp1.000,- sudah bisa menghemat triliunan rupiah. Selain itu Pemerintah harus serius mengembangkan bahan bakar alternatif selain minyak bumi. Ini yang penting…!!! Kalo tidak dari sekarang, minyak bumi semakin menipis trus kita belum siap apa2…gimana nasib Indonesia ntar…???


12 Responses to “Wajib Pertamax Ato Harga Premium Dinaikkan…???”


  1. 9 Januari 2012 pukul 11:54 am

    Sepertinya mental pengguna kendaraan yg harus di benahi.
    #pantaskah saya beli premium?

  2. 9 Januari 2012 pukul 12:27 pm

    Konsumen Premium kudu plat Kuning…….yang pengusaha monggo ganti plat kendaraan operasionalnya (masih okat hitam) termasuk ojeker/tukang ojek……
    Konsumen Pertamax + Pertamax Plus kudu plat Hitam
    Plat Merah+Plat Militer+Plat Polisi Monggo dirundingkan mau make yang manah………

    http://beckhem.wordpress.com/2011/05/06/bbm-bersubsidi-solusi-enaknya-gimana/

  3. 9 Januari 2012 pukul 4:19 pm

    Selain itu Pemerintah harus serius mengembangkan bahan bakar alternatif selain minyak bumi. Ini yang pentingā€¦!!! Kalo tidak dari sekarang, minyak bumi semakin menipis trus kita belum siap apa2ā€¦gimana nasib Indonesia ntarā€¦???
    ___________________________
    like this… setuju, potensi Indonesia buanyak banget tp dikekang oleh sgelintir kepentingan, imho

  4. 6 Rollerman
    9 Januari 2012 pukul 9:07 pm

    masalah yang akan timbul terhadap kebijakan ini (kebijakan kok gak bijak?) adalah semakin banyaknya motor yang beredar.toh nanti ujung2nya pabrikan motor yang disalahin

    kemudian rakyat yang termasuk golongan ekonomi menengah kebawah tidak bisa menikmati yang namanya mobil,karena rata2 mereka juga punya mobil (biasanya tahun 2000 kebawah,seperti Kijang,Carry,dll)

    gimana mau menikmati mobil,tiap ingin keluar naik mobil butuh uang 100ribu (untuk 10 liter Pertamax yang digunakan keliling kota,dan itu aja belum termasuk macet)

    andai kata Premium dnaikkan menjadi 6000 mungkin rakyat golongan tersebut masih bisa menerima,daripada beli Pertamax yang harganya hampir mendekati 10.000 tapi dengan efisiensi yang tidak terlalu banyak (kecuali efisiennya selisih 100% ketimbang Premium)

  5. 7 5800
    10 Januari 2012 pukul 2:49 am

    Masih berdalih subsidi buat rakyat
    dah gak sanggup!!!!
    Beli mobil mewah!!!
    Laptop 20 jt buat nonton bokep KENTUUU…!!!
    Beli pesawat pribadi pula!!!
    Bangun Gedung Baru Triliyunan!!!!
    Perbaikan WC milyaran!!!!
    parkiran milyaran!!!!
    Giliran bagian rakyat gak ada???
    Duit rakyat dibuat korupsi berjamaah!!! Gak Laki gak Wanita pejabat Indonesia sama2 kemaruuknya kalo urusan duit.
    Jabatan disalah gunakan demi kepentingan pribadi!!!
    Yg paling tragis waktu pelantikan jabatan, kitab suci AL QUR’AN dijadikan saksi atas diri mereka yg HINA, KOTOR & MUKA KORUP, gak punya otak pula!!!
    Mudah2an klo mereka menghadapi sakaratul maut sampe di tenggorokan akan dipersulit sampe berjam jam rasa sakitnya dan kelak semua pemimpin pasti akan dimintai pertanggung jawabanya di akhirat kelak!!!!
    Wahai koruptor;
    Anda sekarang masih bisa bermandikan uang Tapi INGAT jika nanti kematian menjemputmu kelak…..!!!

  6. 9 adi
    10 Januari 2012 pukul 8:51 am

    wah, pertamax bakal perang harga dengan SPBU asing (shell, petronas, bp)
    apa mungkin ada kepentingan asing yang ikut bermain ya

  7. 11 Januari 2012 pukul 6:09 am

    hmm…..keinginan saya dari dulu sih, Pertamax dimurahin, premium dimahalin. Jadi harga Pertamax berkisar 6500-7000 rupiah, sedangkan premium menjadi 5000-5500 rupiah……..jadi bisa mengurangi beban subsidi, sekaligus mengurangi beban rakyat, kalo harga pertamax 6500, wajib pertamax bukan masalah:mrgreen:

    perlu juga diadakan pembatasan tahun, jadi mobil tahun sampai 1999 misalnya, masih boleh pakai premium, sebab memang mobil2 tahun segitu pada umumnya kompresinya dikhususkan dngan premium, kalau pakai pertamax mubazir….soal sepeda motor saya pikir pembatasan bisa dilakukan berdasarkan kubikasi mesin, jadi motor dengan kubikasi dibawah 150 cc masih dapat memakai premium, 150 cc keatas….silakan pakai pertamax……..

    pendapat saya yang ngasal dan imajinatif ini monggo dicuekin atau dihapus:mrgreen:


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
Januari 2012
S S R K J S M
« Des   Feb »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 6,484,629 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 378 pengikut lainnya

Suka Blognyamitra ???

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: