01
Jun
11

Sekilas Tentang Toyota Corolla DX…

Beberapa tahun yang lalu mobil ini tidak dilirik orang, namun sekarang kebalikannya. Tren mobil retro yang lagi hangat2nya membuat konsumen berburu tunggangan yang berjaya di masanya salah satunya adalah Toyota Corolla DX rancangan Fumio Agetsuma. Corolla generasi keempat (kode E70) ini banyak variannya ada yang 2 pintu, 4 pintu, station wagon hingga coupe. Mesinnya pun juga begitu mulai dari 1.300 cc, 1.500 cc, 1.600 cc, 1.800 cc hingga 2.000 cc.

Di Indonesia Corolla DX bermesin 1.300 cc dengan kode 4K. Tenaga yang dihasilkan mencapai 75 hp. Generasi awal DX tahun 1980 berciri khas lampu utama bulat sebanyak 4 buah & spion tanduk yang berada di dekat fender ban depan. Kemudian pada tahun 1981 lampu depan berubah menjadi kotak. Di tahun 1982 terjadi perubahan lagi pada lampu sen & lampu belakang. Dan tahun 1983 Corolla DX telah dilengkapi dengan tachometer.

Tertarik berburu Corolla DX…??? ngubek2 di mbah gugel rata2 harga pasarannya di kisaran Rp25 juta-an.


58 Tanggapan to “Sekilas Tentang Toyota Corolla DX…”


  1. 1 Juni 2011 pukul 2:06 pm

    pertama absen pak de

  2. 2 damhar
    1 Juni 2011 pukul 2:45 pm

    sparepartnya masih ada nggak pak? atau ada yg bisa diambilin dari mobil lain?

  3. 1 Juni 2011 pukul 4:25 pm

    dulu dijual 15 aja susah… *curhat temen yg punya DX
    sekarang, dijual 25 cepet banget lakunya 😀

  4. 1 Juni 2011 pukul 6:46 pm

    wew… belom 2 minggu yg lalu abang ngambil ni mobil.. yg taun 82 20jt… udah ada aja artikelnya… ahai

  5. 2 Juni 2011 pukul 8:56 pm

    pengen beli mobil juga sih, tapi gak mau yang sudah ketuaan….

    Spacy, kenapa gak sekalian dual shock belakang?

  6. 3 Juni 2011 pukul 7:29 am

    Mas,

    Tulisannya bagus dan informatis, dikemas dalam bahasa sehari-hari.

    Kalau mas mau, silahkan daftar nge-blog di http://blog.sportku.com – dimana sportku banyak sekali penggemar otomotif indonesia, sehingga kemungkinan tulisan mas dibaca oleh penggemar otomotif akan lebih banyak lagi.

    Gratis juga koq, malah nanti kita akan bikin halaman utama, sehingga tulisan terakhir para blogger akan terbaca blogger lainnya.

    Salam…

  7. 5 Juni 2011 pukul 1:34 pm

    pernah naik mobil ini malang jogja, wah lumayan kencang dan stabil.. tapi boros mas bro.. kagak kuat!!
    😦

    nitip mas bro: http://agungsevi.wordpress.com/2011/05/29/mangapa-rider-skubek-kayak-sembalap-dijalan/

  8. 6 Juni 2011 pukul 11:29 am

    di reko9ndisikan lagi memang mobil ini dilihatnya gak bosen….

  9. 7 Juni 2011 pukul 11:29 am

    Sorry sebelumnya : “Mesinnya pun juga begitu mulai dari 1.300 cc, 1.500 cc, 1.600 cc, 1.800 cc hingga 2.000 cc”

    Untuk pilihan mesin, kayaknya KE70 cuman sampai 3T berkapasitas 1800cc aja kan? Corolla yang pakai 2000cc baru E90

    Thanks ^_^

  10. 15 yahon
    21 Juli 2011 pukul 6:55 pm

    borose ngalah2i kijang.

  11. 19 September 2011 pukul 7:11 pm

    Corolla DX memang oke, sebetulnya mobil ini irit sekali tergantung kondisi n settingan mesin. Saya pernah pake Jogja-Solo PP (80Km) cuma habis 50Rb full AC. Saya sekarang pake thn ’81. Kmrn2 jg pernah punya yg ’80&82. Kelemahan biasanya kl gardan sdh bunyi susah sembuhnya. Temperatur jg kadang2 bermasalah kl silinder kop sdh pernah bermasalah krn overheat. Kl thn 82&83 yg sdh RPM sering trouble di indikator bensin dan temperatur. Setir ‘bunyi’jg sering jd trouble. Tp overal mobil ini sangat2 enak n layak u dipakai, mesin bandel, sparepart jg murah krn sama dg Kijang. Bravo DX!

    • 17 krissel
      23 Mei 2012 pukul 12:40 pm

      80 km 50rb irit????cuman dapet 1:8 tuh gan…untuk 1.3 karbu body sedan masih irit kijang LX 1.8 donk…apalagi krista diesel…

  12. 18 kopet
    24 Oktober 2011 pukul 5:34 pm

    wah,saya senang kemarin aq balapan sama zenia aq pentang jauh……………………:))

  13. 19 ferry
    28 Oktober 2011 pukul 8:06 pm

    aku mau beli ni mobil corola..tpi aku baru pemula nih..baru prtama mau punya..kira2 apa yg harus di perhatikan kalo aku mau beli

    • 28 Oktober 2011 pukul 8:11 pm

      1. Surat2nya lengkap & legal (STNK/BPKB) lebih bagus lagi kalo faktur pembeliannya ada.
      2. Pastikan kondisi mesin masih sehat… seperti suara mesin tidak berisik, perpindahan gigi lancar, starter mudah dsb.
      3. Jangan ragu2 untuk test drive agar mengetahui kondisi mobil dengan sebenarnya.

  14. 22 dion
    29 Oktober 2011 pukul 7:54 pm

    mau tanya kalo kelemahan olla dx apa aja yang signifikan???? , mesin nya bisa di ganti sama AE70 gak???, apa tetep masih irit gak???
    udah power steering kan???

    • 30 Oktober 2011 pukul 12:00 pm

      Berhubung mobil sudah berumur yang perlu diperhatikan adalah mesin. Engine swap bisa dilakukan pake mesin dari keluarga Toyota. Irit tidaknya tergantung dari mesin yang diganti, kalo kapasitasnya lebih besar cenderung boros. Corolla DX belom power steering.

  15. 15 November 2011 pukul 1:31 am

    Cordex memang mantabs bro…ane pake tiap hari….ngacir….di jejer sama mobil baru…..masih seimbang…buat diacak2 jadi retro…tetep ngangkat CORDEX karena bentuk standart awal mula mobil sedan jadi enak diliatnya….ciauuu

  16. 25 squadron
    15 November 2011 pukul 9:03 am

    Pengen punya nih mobil,tapi di daerah domisili ane (ponorogo-madiun jawa timur) agak susah nyarinya,mungkin ada info bos…????

  17. 28 gunadi prayoga
    19 November 2011 pukul 2:25 pm

    saya sueneng banget modelnya,tapi blom bisa k beli………………

  18. 30 donny
    12 Desember 2011 pukul 12:11 am

    ada yg bisa bantu cari dashboardnya dx 1982 gak??,trim’s

  19. 31 faisal senyo
    31 Desember 2011 pukul 1:08 am

    saya punya corolla dx 82 awal,,belum pake rpm..saya mau nanya kilometer dx saya jln nya gk sesuai dengan kecepatan mobil,,apa yg salah tuw..trims..

  20. 32 wahyu
    8 Januari 2012 pukul 11:16 am

    saya mau lepas corolla dx bos…sapa tau ada yg minat.
    thn 1983.
    full fariasi.
    palek retro impor dr jepang.
    AC dingin.
    audio 6dist.
    irit…tinggal pakai sehat.
    harga nego

  21. 35 wahyu
    8 Januari 2012 pukul 11:22 am

    siap jalan2 dalam dan luar kota. ..
    bandell….stabil…tenaganya gede tp IRIT.indikator hidup semua RPM bemper ori karet dpn belakang.
    smg-jogja pp 100rb sisa bro.

  22. 22 Januari 2012 pukul 2:42 am

    pernah pake DX setaunan lebih, gak lama siih…tapi bener-bener ngerasain ni mobil bandel banget, alhamdulillah walopun mobil tua tapi gak pernah ngerepotin sampe mogok dijalan 🙂

    yang seneng sama DX, ini ada sedikit video DX waktu pada touring acara Retromantic 2 ke Cianjur –>

  23. 37 dendi
    27 Januari 2012 pukul 9:25 pm

    aku lo sampe sekarang pingin banget masih blum kesampean,….pinginnya cari yg biru th 83, kaleng ,….. tapi kok hargane dah nyundul langit ,…. wissss,…tobaaatt,… pokok e “SELAMAT kepada pemilik DX MANIA”

  24. 41 sam giuly
    12 Februari 2012 pukul 7:47 pm

    aq pingin gabung n berbagi info ttg corrola dx
    ada gk yah club dx utk wilayah malang

  25. 42 aryo
    20 Februari 2012 pukul 9:03 am

    Punyaku Corolla Bungkuk ’76 Velg racing 13″ AC Audio mantappp … !!! nyaman, stabil irit. Lamongan – Denpasar skitar 200 rb. Lari masih bisa 120 km/jam. Gak mau kalah sama yang baru2. Pokok`e Corolla Jozzz ……
    LA’s Corolla Bungkuk Community.

  26. 28 Februari 2012 pukul 11:00 am

    mobil impianku, desainnya simpel nyaris sesuai seleraku..

  27. 44 Boelank Kelor
    4 April 2012 pukul 9:51 am

    Teman-teman yg ad d makassar, tolong kasi info klo ad yg mau jua 0l Toyota Corolla DX.. Aku lagih cari ni…!!!??? ksi info d no ini ajah ya.. (081241488883) Boelank Kelor

  28. 45 olikh bali
    24 Mei 2012 pukul 6:14 am

    punyaku dx thn 83 mesin ori msh ma’ nyusssss

  29. 46 alit
    2 Januari 2013 pukul 7:34 pm

    kira-kira ada yang bisa kasi rekomendasi bengkel buat servis dx di daerah malang atau surabaya yang bagus gak?

  30. 6 Maret 2013 pukul 8:49 am

    saya punya th 81 dapat dipinggir jalan ada tulisan dijual bodi lempeng banget mesin seadanya langsung saya ambil waktu itu 18 juta trus tak pancal k jakarta, waduh mantap banget gak mogok meski waktu itu ac gak jalan trus saya preteli ac ganti baru seset, kopling seset, waterpom, radiator baru ND,dinamo ampher koil, rem depan belakang kopel,dinamo stater betulin aja, platina ganti cdi gendong, sok beker depan belakang per gelung depan, oh ya pelek ganti kaleng bukan racing, wis gleseeeer gak rewel sampe sekarang…….. tapi leter AE Pacitan, herannya banyak yang nawar dari 800 ribu sampe puluhan juta, yaaa masak 800 ribu lebih murah ama sepeda bmx saya, sallllaaaaam lover cordeex……….masachmad.supriyadi@gmail.com…….nuhun

  31. 48 jhon
    26 Juni 2013 pukul 2:25 pm

    Corolla DX memang mantap..jg jual murah yah agan2..coz ƍäª jtinggalan zaman n masih enak di bawanya..

  32. 50 dian
    13 November 2013 pukul 1:49 pm

    Untuk kelas mobil tua emang bandel dan irit (170 km cuman 10 ltr) gak pakai rewel , gak salah pilih buat yg budget pas pasan kayak ane 🙂
    Salam dari Dixie 81 Jember

  33. 1 Januari 2014 pukul 4:13 pm

    bro nurut pengalaman ente…itu 17km 10 liter itu setelan normal emang rata2 generasi dx segitu kah…apa masih bs dipaksa irit lagi…?
    kedua, apa si dixie udah pake’ power steering..disemua generasi (1980-1983)…?
    berikutnya, apa udah ada power windownya yaa….:-)
    dan nurut pengalaman bro-bro semua generasi dixie tahun berapa yang paling bandel mesinnya (kuat) dan irit…?

    salam hangat,

    dixie hunter candidate-surabaya.
    (bro-bro lain bole bantu pencerahan thd pertanyaan2 ane..thanks so much before)

  34. 52 syarif
    11 Juli 2014 pukul 11:24 am

    saya lagi nyari gan yang83 tapi gda

    • 53 agus
      10 Oktober 2014 pukul 4:50 pm

      punya saya DX 81, udah ganti karbu, CDI, Coil, knalpot header racing, lari di tol maunya di kanan melulu, minimal kecepatan 120 km/jam, bahkan bisa 160-170 km/jam (kadang2, kalo kepepet). Pemakaian bensin hampir sama dengan Avanza 1300cc. lumayanlah…

  35. 55 Edi Susanto
    20 Mei 2015 pukul 3:30 am

    Kira Kira kalo corolla dx ganti powersetering berapa ya?? n pake powerstering mobil toyota apa ya?? mohon pnjelasanya……. corolla dx mantapp

  36. 23 Mei 2015 pukul 9:49 am

    ada yang mau jual corolla dx ke 30 gak,kalok ada infonya ya daerah lampung

  37. 8 Juni 2015 pukul 8:43 pm

    Gw punya Toyota kijang buaya KF10 1200cc full std 1981 sdh 34tahun mesin persis corolla dx 1200cc.perawatan sederhana ganti oli doang ikutin km,jarang manasin klw inget gak rutin,jarak tempuh baru 9924km setelah diseting dari NOL lagi mulai tahun 2005.baru sekali nyoba oli S***L 20w50SL minggu pertama lewat jalan non tol PP jkt bogor 100km mobil berasa kurang bertenaga gigi1,2,3 dan main 4 kecepatan gw patok 60km/jam,minggu kedua sedikit tenaga nambah mungsin sdh penyesuaian oli pp jkt bekasi 94km tol dan umum kecepatan gw patok 80km/jam masih enteng main ujung jempol stabil ,wow ternyata BB GPS 77.4km/jam.keiritan BBM bensin rp 7400 beli 50rb =6.75 liter pp 94km =±14km/L apa ga irit,heran gw nyangka padahal 34tahun non Ac beban jalan 3 orang 75+60+45=180Kg + 20Kg barang=200kg.Oli tadi sdh pakai dibulatkan saja 200km liat besi ukur tinggal disetengah wah penguapan apa ga gede.tapi namah 300ml balik ke batas atas F,wow oli sdh menghitam apa sekalian pembersih kerak entah mengapa tapi apa buat tambah irit bbm ,bau asap dari oli ga nyaman lagi pas manasin apa karna bisa bisa diperuntukan bensin dan diesel.top speed bisa sembilan 90km/jam ditol blm gas poll ga berani ekplor lebih faktor mesin sdh tua dan bawa keluarga kecuali sendiri berani ekplor tapi belum sempat.salam semua


Tinggalkan Balasan ke kangmase Batalkan balasan


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
Juni 2011
S S R K J S M
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 8.543.129 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabung dengan 391 pelanggan lain

Blog ini mendukung