Posts Tagged ‘Transportasi Publik

17
Nov
14

Antara Proyek MRT Dengan Asian Games 2018…!!!

??????????

Proyek besar transportasi masal MRT lagi dikerjakan oleh Pemerintah DKI Jakarta. Setiap hari saya lewat proyek MRT, sudah pasti jalanan semakin macet karena proyek tersebut memakan sebagian jalan raya. Belum lagi galian di sisi kiri yang kebanyakan galian FO (fiber optik) yang kena getah ikutan dibongkar karena proyek MRT. Makin macetlah jalanan. Sampe2 kepikiran kapan nih proyek MRT kelar ??? 2 tahun ??? 3 tahun ??? apa jangan2 malah mangkrak seperti proyek monoril ??? Lanjutkan membaca ‘Antara Proyek MRT Dengan Asian Games 2018…!!!’

16
Nov
14

Idealnya Benahi Dulu Transportasi Masal, Setelah Itu Baru Pembatasan Kendaraan Bermotor…!!!

Jalur sepeda BKT

Lagi rame2nya nih tentang wacana Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bulan Desember 2014 untuk memberlakukan aturan sepeda motor dilarang masuk jalan2 protokol khususnya kawasan Bundaran Hotel Indonesia hingga Harmoni. Tak pelak rencana itu mendapat tentangan keras dari pengguna motor yang kerjanya di kawasan tersebut meski Pemprov DKI Jakarta memberikan solusi yaitu menyediakan bis gratis (yang konon jumlahnya gak nyampe 10 unit, bandingkan dengan jumlah pemakai motor yang mencapai puluhan ribu).  Lanjutkan membaca ‘Idealnya Benahi Dulu Transportasi Masal, Setelah Itu Baru Pembatasan Kendaraan Bermotor…!!!’

22
Apr
14

Mulai Mikir2 Naik Transjakarta…!!!

Lego halte busway

Tahun lalu & tahun2 sebelumnya, jika ada keperluan ke suatu tempat yang lokasinya di lewati bis Transjakarta (TJ), saya biasanya akan pake TJ. Entah itu keperluan kantor, pribadi hingga ke sentra onderdil motor seperti kawasan Kebon Jeruk yang kesohor itu. Tinggalkan kendaraan, menuju halte busway, naik bis TJ nyampe deh di tempat tujuan. Gak perlu bermacet2 ria, kepanasan (kalo pake motor) ato nyari parkiran. Namun itu dulu, situasi tahun ini saya koq mulai merasakan angot2an kalo mo naik TJ. Lanjutkan membaca ‘Mulai Mikir2 Naik Transjakarta…!!!’

01
Mei
13

Katanya Biqin Lancar…Ternyata Nggak Juga…!!!

??????????

Dahulu kala di jamannya si Kumis, jalan layang non tol merupakan solusi mengatasi kemacetan. Dana triliunan rupiah digelontorkan untuk pembangunan ruas (salah satunya) Antasari – Blok M. Ketika awal2 diresmikan, memang sih jalanan lancar namun lama2 mulai terasa bahwa kadang kala terjadi kemacetan di jalan layang non tol. Bahkan kemacetan terjadi juga di malam hari (seperti gambar di bawah ini). Padahal baru diresmikan awal tahun 2013, entahlah bagaimana kondisinya tahun depan ??? apakah makin parah ??? qta tunggu saja… Lanjutkan membaca ‘Katanya Biqin Lancar…Ternyata Nggak Juga…!!!’

23
Nov
12

Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway…Untuk Mengakomodir Para Komuter…!!!

Ada angkutan baru di Jakarta, yup namanya Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway (APTB). APTB merupakan proyek dari Dinas Perhubungan DKI Jakarta. Bis APTB ini akan memasuki lintasan busway & akan berhenti pada halte2 busway yang dilewati. Spesifikasi bis yang digunakan secara umum sama dengan bis yang dipakai oleh Transjakarta yaitu bis besar kapasitas 85 penumpang dengan dua pintu di sisi kanan & kiri. Lanjutkan membaca ‘Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway…Untuk Mengakomodir Para Komuter…!!!’

18
Nov
12

Tolak Pembangunan 6 Ruas Tol Dalam Kota…!!!

Rencana pembangunan enam ruas Jalan Tol Dalam Kota di Jakarta terus menuai kritik dan perlawanan. Meski disebut Wakil Menteri Pekerjaan Umum Hermanto Dardak akan membuat “Jakarta mirip Shanghai”, publik tampaknya lebih sepakat jika Gubernur Jakarta Joko Widodo berkonsentrasi membenahi angkutan umum. Proyek ini tidak akan menyelesaikan masalah kemacetan di Jakarta. Untuk jangka pendek memang macet akan terurai tapi jangka panjangnya ujung2nya akan macet juga. Lanjutkan membaca ‘Tolak Pembangunan 6 Ruas Tol Dalam Kota…!!!’

12
Nov
12

Keracunan WiFi…!!!

Siang itu ada keperluan keluar kantor. Awalnya sih mo naik kuda besi entah kenapa saat itu rada aras2an / angot2an mengingat cuaca cukup terik. Akhirnya diputuskan naik Transjakarta saja secara halte busway dari tempat nguli dekat & lokasi tujuan juga dilewati oleh bis yang diprakarsai oleh Gubernur Sutiyoso. Suasana halte busway saat itu cukup ramai tapi gak sampe penuh sesak. Antri menunggu bis datang saya mengamati keadaan sekeliling. Terlihat seorang pemuda sedang duduk sambil asyik memainkan gadget di tangannya. Tak lama kemudian bis pun datang, tapi itu pemuda cuek aja, masih asik dengan gadget-nya. Gak lazim bis datang tapi calon penumpang cuek aja. Secara tak sengaja saya melihat sebuah tulisan di kaca halte busway seperti gambar di bawah. Lanjutkan membaca ‘Keracunan WiFi…!!!’

02
Okt
12

Trotoar…Nasibmu Merana…!!!

Lima tahun yang lalu pemandangan ini tidak ada. Sekarang sudah menjadi hal biasa. Penyebab jumlah kendaraan meningkat sedangkan ruas lahan parkir terbatas. Akhirnya trotoar jadi korban. Obatnya hanya satu, sediakan transportasi publik yang aman, nyaman & murah. Dengan begitu orang2 akan meninggalkan kendaraan pribadi & beralih ke angkutan umum. Trotoar pun menjadi bersih. Pejalan kaki bisa melangkahkan kakinya dengan nyaman. Sanggupkah Jokowi Ahok mengatasi hal ini ???

27
Sep
12

Mobil Murah…Macet Mengintai…???

Siang hari di sebuah warung makan, saya bersama kawan2 ngobrol ngalor ngidul ditemani oleh secangkir kopi. Lama kelamaan topik pun menjurus kepada mobil murah yang lagi hangat diperbincangkan saat ini. Yup, tahun 2012 lagi booming city car. Dengan banderol terjangkau, begitu menggoda konsumen khususnya kalangan menengah. Lanjutkan membaca ‘Mobil Murah…Macet Mengintai…???’

01
Feb
12

Saatnya Wanita Jadi Yang Utama…

Bagi kaum hawa, ada kabar gembira nih… Sekarang ini kalo naik bis Transjakarta telah ada area khusus wanita yang berada di bagian depan. Sayangnya kalo bis penuh, penumpang cewek yang gak kebagian tempat di depan dengan terpaksa campur baur dengan lelaki. Kalo gitu armadanya ditambah dunk…biar gak desak2an. Betulll…???




Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
Agustus 2022
S S R K J S M
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 8.456.153 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 391 pengikut lainnya

Blog ini mendukung