14
Jul
19

Family Gathering Blogger Vlogger Bareng PT. Astra Honda Motor, Serunya Belajar Mengenal Kopi & Membuat Sushi…!!!

Libur telah tiba…!!! Tak ketinggalan PT. Astra Honda Motor (AHM) selaku produsen motor turut memanfaatkan momen liburan ini salah satunya dengan mengajak para blogger vlogger untuk berlibur bersama keluarga. Bertempat di Bogor, tanggal 6 Juli 2019 pagi hari kami pun melucur ke kota hujan.

Perjalanan menuju kota Bogor sedikit tersendat, selain ada perbaikan jalan di bahu tol Jagorawi, juga banyaknya kendaraan. Sekitar jam 10.30, tibalah di Akademi Kuliner De Chef. Sebuah tempat bagi mereka yang ingin belajar memasak. Sesampai disana kelas pun dibagi dua, bagi yang cowok menuju ke ruang tempat pelatihan barista kopi…!!! sedangkan yang cewek menuju dapur…!!!

Masuk ke ruang pelatihan barista, terhirup aroma biji kopi yang harum. Berbagai macam jenis kopi dari ujung timur hingga ujung barat Indonesia hadir disini. Disini qta dikenalkan berbagai macam jenis kopi mulai dari Arabica, Robusta hingga Liberica, varian kopi yang kurang populer di telinga masyarakat awam termasuk saya :mrgreen:

Sebagaimana yang qta ketahui bahwa Indonesia adalah salah satu produsen kopi terbesar di dunia, meski kalah dari Brasil bahkan Vietnam sudah menyalip, untuk aroma & rasa, kopi Indonesia masih numero uno…!!! Sedikit tergelitik kenapa Vietnam bisa menyalip Indonesia, padahal dulunya Vietnam belajar ke Indonesia. Yuppp…perkebunan kopi Vietnam sudah mengadopsi teknik perkebunan kopi yang modern sehingga bisa menghasilkan biji kopi yang melimpah dalam sekali panen, sedangkan di Indonesia masih banyak petani yang enggan beralih dari metode tradisional ke modern.

Kopi di Indonesia paling populer adalah robusta. Jenis kopi ini dapat tumbuh di ketinggian 400 – 800 m diatas permukaan air laut. Ciri dari kopi robusta antara lain rasa pahit karena kafeinnya tinggi & kuat (strong) biar bisa melek hehehe… kemudian kopi arabika punya ciri gak terlalu pahit, bagi pencinta kopi ketika menikmati kopi arabika biasanya gak perlu ditambah gula. Terakhir adalah kopi termahal yang ada di Indonesia, yaitu kopi luwak. Yup, biji kopi yang dimakan oleh luwak & kemudian biji kopinya dibuang bersama kotoran. Sempat mencicipi kopi luwak dimana rasanya memang lain daripada yang lain 🙂 pantes aja jika harga di pasaran cukup tinggi.

Setelah mengenal kopi, lanjut lagi bagaimana cara membuat kopi. Disini disediakan berbagai macam jenis alat membuat kopi mulai dari cara paling simpel kopi tubruk, frenchpress, vietnam drip, V60 & rockpresso. Cara menyeduh, cara menuangkan air panas, suhu air panas dsb ternyata menghasilkan rasa kopi yang berbeda meski berasal dari jenis kopi yang sama…!!!

Setelah setengah hari belajar mengenal kopi, meski sebenarnya masih kurang hehehe… lanjut lagi belajar membuat sushi. Yup, siapa sih yang gak kenal dengan sushi ??? kuliner khas Jepang mudah ditemui dari warung makan pinggir jalan hingga mall. Disini bahan2 sudah disediain. Mulai dari nori (rumpul laut) sebagai pembungkus nasi, irisan ikan tuna, irisan timun Jepang & tentu saja nasi (gohan) Jepang yang punya tekstur berbeda dengan nasi dari Indonesia.

Langkah awal membuat Sushi adalah menyiapkan nori diatas tikar bambu (buat nggulung sushi). Nori yang bertekstur kasar adalah tempat untuk menaruh nasi. Setelah taruh nasi diatas nori, gak usah banyak2 alias secukupnya saja barulah ditaruh potongan ikan tuna & timun Jepang. Setelah dirasa cukup, barulah digulung secara perlahan2. Tekan secukupnya, jangan terlalu keras, kalo terlalu keras bisa membuat sushi akan berbentuk persegi bukan bulat :mrgreen:

Setelah semuanya tergulung, buka tikar bambu barulah sushi dipotong2. Taruh potongan sushi diatas meja kemudian kasih topping bisa irisan ikan ato irisan timun. Bisa dikreasikan dengan kasih mayonese. Kelar dehhh…!!! Simpel ternyata hehehe… 🙂

Kelar seharian belajar urusan dapur, tiba saatnya untuk beristirahat sekaligus makan malam. Kali ini bermalam di Hotel Santika Bogor yang letaknya berdampingan dengan Botani Square.

Keesokan harinya, pagi2 check out. Acara lanjut ke Kebun Raya Bogor. Menuju kesana cukup macet, cari parkiran cukup susah, untungnya dapat parkiran mobil meski butuh usaha keras. Acara di Kebun Raya mulai dari games hingga jelajah ke spot2 yang telah ditentukan. Tak terasa sudah menjelang siang hari, cuaca cukup panas & tibalah di penghujung acara di Green Garden Resto & Cafe. Setelah makan siang, kami pun kembali ke rumah masing2…!!! Eniwei thanks a lot buat AHM yang telah biqin acara ini. Mantul…!!!

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.


0 Tanggapan to “Family Gathering Blogger Vlogger Bareng PT. Astra Honda Motor, Serunya Belajar Mengenal Kopi & Membuat Sushi…!!!”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
Juli 2019
S S R K J S M
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 8.464.110 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 391 pengikut lainnya

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: