Memiliki tunggangan baru baik mobil ato motor biasanya dapat fasilitas servis gratis. Tiap pabrikan beda2 jarak & waktunya namun kurang lebih mirip2lah…seperti servis pertama 1000 km atau 1 bulan, kemudian servis selanjutnya 3000 km / 4000 km atau 3 bulan dst. Meskipun begitu, ada juga yang punya tunggangan baru namun jarang dipakai ataupun jika dipakai jaraknya relatif dekat. Jono misalnya punya pengalaman ketika hendak servis pertama di bengkel resmi namun ditolak oleh pihak bengkel dengan alasan jatuh tempo servis sudah lewat padahal Jono mengatakan bahwa rute yang dilaluinya cukup dekat sehingga untuk mencapai 1000 km butuh waktu yang relatif lama.
Bagaimana menyikapi hal ini…??? pihak pabrikan mengatakan bahwa meski belum nyampe 1000 km tapi jika sudah waktunya jatuh tempo sebaiknya tetap dilakukan servis. Hal ini bertujuan selain untuk menjaga performa mesin juga oli yang terlalu lama berada di dalam mesin berpotensi kemampuan oli untuk melumasi jeroan mesin jadi berkurang. Sama halnya tunggangan jarang dipake, jika sudah 6 bulan namun belum saatnya ganti oli sebaiknya tetap dilakukan ganti oli mesin.
Nah, jadi jangan ampe kelewat servis yak… selain agar fasilitas servis gratis gak hangus, juga untuk menjaga performa kendaraan tetap optimal.
kadang, di beres tertentu, bisa sedikit fleksibel, kalo kelebihan sedikit waktu/jarak tempuh, dianut yang paling sedikit…gak semua sih 😆
http://aselimalang.com/2016/02/19/honda-old-cb150r-jari-jari-super-lebar/