02
Nov
15

Sensasi Unik Mengendarai Motor Listrik, Zero SR…!!!

Zero Motorcycles

Diberi kesempatan untuk menjajal motor listrik, tentu sebuah kesempatan yang gak boleh terlewatkan…!!!🙂 Wajar populasinya sangat sedikit. Menurut Garansindo Group yang mengimpor motor listrik Zero Motorcycles, sejak dijual di tahun 2015, baru belasan unit yang sudah di tangan konsumen. Selain terbilang barang baru di kalangan konsumen, harga jualnya juga cukup mahal…!!! Ahhh…seandainya Pemerintah memberi keringanan pajak untuk kendaraan bebas polusi seperti di negara2 lain, bisa jadi kendaraan listrik akan menanjak pamornya…!!!

Zero SR

Zero SR 2

Ada 4 tipe motor Zero yang ditawarkan oleh Garansindo, yakni Zero FX, Zero DS, Zero S & Zero SR. Tipe yang saya cicipi adalah Zero SR seharga Rp340jeti…!!! Kunci kontak pun berpindah ke saya. Agak canggung ketika menaiki motor ini, lah wong gak ada tuas persneling ama tuas kopling:mrgreen: Sudah pasti yang namanya motor listrik tipe brushless Z-Force gak butuh bensin terus tangkinya buat apa…??? ooohhh…ternyata tangkinya terdapat konsol untuk menaruh kabel colokan listrik🙂

Tangki Zero SR

Panel indikator full digital memberikan informasi kepada pengendara seperti kecepatan, odometer, tripmeter, jam & tentu saja kondisi baterai. Oh ya, gak ada petunjuk RPM disini…!!!🙂 Tuas kontak diputar, terdapat 3 mode berkendara yang ditawarkan yakni Eco, Custom & Sport. Yang Eco tentu saja bertujuan agar baterai irit namun performa biasa saja. Sedangkan Custom cara setting-nya bisa melalui smartphone via bluetooth sedangkan yang terakhir Sport tentu untuk performa maksimal.

Panel Indikator Zero SR

Kunci kontak diputar ke-ON & pilih mode Eco untuk perkenalan awal…lah tombol starternya koq gak ada…??? ealah…ternyata kalo mo jalan tinggal putar gas aja. Putar gas pelan2…motor pun jalan… wuiiih unik tenan…gak ono suarane blas…!!!:mrgreen: Pelan2 nurunin kecepatan…berhenti… motor pun mati… Mirip kayak naik matik Honda yang ada fitur Idling Stop System:mrgreen:

Posisi duduk terbilang yang pas buat saya dengan stang lebar. Pelintir gas, motor pun langsung ngacir cepat…!!! Semakin naik kecepatan, baru terdengar desingan suara khas motor listrik walau suaranya pun terbilang pelan. Mengendarai motor listrik ini kudu hati2 khususnya pejalan kaki karena seringkali tidak sadar kalo ada motor lewat. Bahkan ada yang agak kaget begitu saya klakson.

Klaim pabrikan Zero Motorcycles, Zero SR ini sanggup melaju hingga 240 km dengan sekali isi baterai Z-Force Lithium Ion intelligent dengan kapasitas 12,5 kWh. Namun itu tergantung dari kondisi jalan & mode berkendara yang dipilih. Sedangkan waktu pengisian yang dibutuhkan adalah 6-8 jam dari baterai dalam keadaan tinggal dikit hingga penuh. Oh ya, motor listrik pada Zero SR ini punya fungsi juga sebagai generator untuk mengisi ulang baterai saat melakukan pengereman atau deselarasi… canggih euy…!!!

Baterai Zero SR

Pertama kali mengendarai motor ini jadi pusat perhatian. Salah satunya ketika berada di lampu merah. Saya dicolek ama biker sebelah saya “Bang, nih motor koq kagak ada suaranya…???” saya pun menimpali “Ini motor listrik bang”. Biker tadi manggut2 sambil mengamati dengan seksama Zero SR. “Bang, kagak ada persnelingnya ye…???” ujarnya lagi, “Iya, tuas koplingnya juga gak ada” sahut saya. Lampu pun berubah hijau, saya masuk ke kawasan pemukiman. Lagi2 jadi pusat perhatian sekumpulan orang yang lagi duduk2 di bawah pohon, mungkin bingung kali yah… nih motor tampang moge tapi koq kagak ada suaranya ye🙂

Akselerasi Zero SR cukup cepat… padahal masih pake mode Eco. Pake rangka model deltabox, diajak meliuk2 Zero SR cukup lincah, walau stangnya yang lebar kudu waspada agar tidak nyenggol kendaraan orang lain. Meski hanya dibekali single disc brake depan belakang tapi cukup mumpuni untuk menghentikan laju kendaraan…!!! Handling & suspensi nyaman berkat suspensi Showa. Upside down Showa berdiameter 41 mm yang punya fitur , monoshock Showa juga punya fitur  yang sama…!!!

Belt Zero SR

Puas main2 dengan mode Eco, saatnya untuk beralih ke mode Sport. Udah kebayang, dengan mode ini pasti Zero SR melesat cepat…!!! Benar dugaan saya, tenaga yang dihasilkan 67 hp @ 4.000 RPM, gak gede sih… namun torsinya bok… melimpah… 144 Nm…!!! Transmisi clutchless direct drive dengan final drive belt dari carbon, membuat Zero SR yang bobotnya mirip Ninja250R sanggup melesat bak kilat dari 0 ampe 100 km/h cuman butuh waktu 3 detik-an…!!! Setara dengan moge sport kelas 1.000 cc ato mobil sekelas Ferrari…!!! Badan saya pun serasa terhempas ke belakang begitu membetot gas, ngeri brooo…🙂

Test Ride Zero SR

Berhubung barang baru, tentu akan timbul pertanyaan, bagaimana after sales service-nya…??? motor listrik bergaransi 5 tahun. Untuk komponen fast moving part seperti kampas rem, belt, dsb ready stock namun untuk lainnya kudu inden.

Hasil jepretan lainnya monggo disimak slide show-nya🙂

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

 


4 Responses to “Sensasi Unik Mengendarai Motor Listrik, Zero SR…!!!”


  1. 3 November 2015 pukul 3:21 pm

    motor udh terlanjur enak pke tengki, meski g perlu tengki rasanya ttp dibutuhkan br g terlalu ngimpact pd kenyaman riding. Modele mantabs

    http://kasamago.com/

  2. 3 threeazz
    5 November 2015 pukul 6:07 pm

    Baterainya termasuk garansi 5 tahun Juga Om?

    Kebayang harganya kalo sampe soak………

    wong baterai Camry Hybrid aja belasan juta (baterai di mobil hybrid bukan tenaga inti ya,IMHO), apalagi ini yang hanya satu satunya suply..

    enak tuh bisa PP jakarta- puncak sekali charge.

    hehehe…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
November 2015
S S R K J S M
« Okt   Feb »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 6,486,930 hits

Twitter

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 378 pengikut lainnya

Suka Blognyamitra ???

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: