28
Okt
15

Begini Caranya Cek Kerenggangan Klep…!!!

Cylinder Head All New Honda CB150R

Mesin DOHC pada All New Honda CB150R & Honda Sonic sudah mengusung roller rocker arm, dimana salah satu kelebihannya adalah beban kem menjadi lebih ringan karena pake roller & lobe yang menekan hanya satu & minim gesekan. Kelebihan lainnya proses penyetelan kerenggangan lebih mudah karena tidak perlu melepas kem. Proses lebih cepat & mudah. Kayaknya apa sih gambarannya…??? 

Cek Valve Clearance

Saya yang awam bongkar pasang mesin berkesempatan untuk menjajal ngecek celah klep pada All New Honda CB150R. Untungnya ada yang dampingin, jadi gak sampe “terima bongkar, terima kasih” :mrgreen:

Posisi shim yang dijadikan sebagai pengisi celah antara pelatuk & ujung klep berada di balik ujung pelatuk, tak tertutup taped sehingga asal ada celah maka shim bisa diambil. Pengecekan ini sebenarnya jarang dilakukan yakni tiap 2 tahun ato 24.000 km, mana yang tercapai terlebih dahulu. Celah standar CB150R & Sonic untuk klep in 0,16 mm +/- 0,03 mm sedangkan klep ex 0,25 mm +/- 0,03 mm. Jika celah tak sesuai standar maka mesti ganti baru.

?????????????

  1. Sebelum bongkar head cylinder pastikan kondisi mesin dalam keadaan relatif dingin. Maksudnya habis dipake riding terus dibongkar sebaiknya diamkan tunggangan beberapa saat. Beberapa bengkel ada yang menggunakan kipas angin yang diarahkan ke kepala silinder.
  2. Buka tutup magnet sebelah kiri, gunakan kunci ring 17 untuk mencari TDC.
  3. Buka baut kepala silinder trus torsi ulang batu pengikat kem yakni di angka 12 Nm.
  4. Ukur celah klep dengan feeler gauge & ketika digerakkan maju mundur terasa mulai agak seret. Jika sudah mulai seperti itu berarti sudah pas. Catat angka yang tertera pada feeler gauge.
  5. Lepas shim yang terpasang & ukur dengan micrometer, catat hasilnya. Tebal shim yang baru bisa dihitung dengan mengurangi celah klep saat diukur lalu ditambah tebal shim lama. Oh ya, untung mengambil shim perlu alat special tool berupa magnet bertangkai panjang.

Cek kerenggangan klep

Misal celah klep in terukur 0,23 mm, berarti sudah diatas standar pabrik yakni klep in 0,16 mm, artinya terjadi penyimpangan sebesar 0,07 mm. Kemudian tebal shim lama setelah diukur 2,11 mm maka :

Tebal shim baru = tebal shim lama + penyimpangan = (2,11 mm + 0,07 mm) = 2,18 mm.

Nah udah ketemu kan tebal shim baru yang dibutuhkan. Oh ya, harga partnya Rp45rb. Simpel ternyata ngerjainnya…!!!

Workshop bedah teknologi

Iklan

2 Tanggapan to “Begini Caranya Cek Kerenggangan Klep…!!!”


  1. 2 Luqmanul Hackim
    2 Juni 2016 pukul 10:31 pm

    gan, roller rocker arm itu cek celah klep tiap berapa KM ?, dan kualitas oli ngaruh gk ke interval cek celah klep ?

    di manual service motor biasanya tiap 2000 KM (SOHC), ane merasa kok kecepetan yah,,, ane denger2 Roller Rocker Arm cek celah klep harusnya tiap 10.000 KM, bener gk ?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
Oktober 2015
S S R K J S M
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 8.490.479 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabung dengan 391 pelanggan lain

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: