18
Okt
15

Pilih Mana, Yamaha New Vixion Advance ato All New Honda CB150R Streetfire…???

Yamaha New Vixion Advance

Lagi enak2 makan siang ikan bakar di warung, tiba2 saya dihampiri kolega tempat saya bekerja. Bukan minta pendapat menu makan siang tapi nanya tentang motor. Teman saya ini bilang “Elo kan penunggang Vixion, gw mo nanya nih enakan mana antara Yamaha New Vixion ato All New Honda CB150R, apalagi elo kan udah pernah ngejajal CB150 yang baru…???” berhubung dapat pertanyaan seperti ini saya coba jawab versi saya biar doi gak bingung hehehe…

All New Honda CB150RTeknologi

Gak perlu dibicarakan lagi, teknologi keduanya cukup mumpuni…!!! CB150R dibekali teknologi DOHC, injeksi, transmisi 6 speed, roller rocker arm, piston molibdenum, silinder spiny sleeve. Vixion pake SOHC, injeksi, transmisi 5 speed, forged piston, diasil cylinder. Urusan lingkungan keduanya sudah pake O2 sensor sehingga emisi gas buang bisa ditekan. Cukup berimbang lah untuk sektor ini…!!!

Engine Cut All New Honda CB150R_5

Desain

Antara CB150R dan Vixion keduanya punya garis desain yang mirip yakni cenderung runcing baik di bagian depan hingga bagian belakang. Sektor kaki2 keduanya cukup kekar, hanya saja CB150R lebih unggul berkat penggunaan velg depan berukuran 2,50×17 dibalut ban 100/80-17, sedang Vixion velg depan depan berukuran 2,15×17 dengan ban 90/80-17. Sedangkan untuk velg belakang keduanya sama pake ukuran 3,50×17 hanya beda ukuran di ban yakni CB150R pake 130/70-17 & Vixion pake 120/70-17. Cakram berdiameter lebar CB150R tepatnya 276 mm berbanding 245 mm untuk Vixion membuat kaki2 CB150R lebih kekar ketimbang Vixion. Rangka CB150R model diamond truss sedangkan Vixion model deltabox.

?????????????

Fitur

Kunci kontak magnet, tutup tangki rata, instrumen digital nemplok di keduanya. Tren penggunaan LED sudah diaplikasikan ke CB150R mulai dari lampu utama, lampu rem hingga lampu sein sehingga terlihat lebih keren. Sayang, Vixion masih pake bohlam biasa. Selanjutnya panel instrumen, CB150R semuanya full digital termasuk takometer penunjuk RPM plus penunjuk waktu (jam). Model seperti ini ternyata agak sulit dibaca terutama ketika terik panas siang hari, lebih enak yang punya Vixion meski takometernya model analog meski minus jam. Engine cut off & pass beam tidak tampak pada CB150R, kebalikan dengan Vixion.

Headlamp All New CB150R

Panel indikator New Vixion Lightning

Handling

Ketika menjajal CB150R, posisi duduk terasa lebih rendah ketimbang Vixion, jadi kaki lebih enak menapak ke bumi. Kemudian pijakan kedua kaki posisinya agak maju ke depan ketimbang Vixion. Untuk monoshock keduanya sama2 model link namun beda penamaan, di Honda dikenal prolink sedangkan Yamaha monocross. Bantingan suspensi masih nyaman Vixion tapi untuk urusan belok alias cornering lebih mantep pake CB150R.

Performa

Bagian ini biasanya yang ditunggu2. Kalo ngeliat dari spek masing2 pabrikan CB150R sanggup memuntahkan tenaga 16,6 dk @ 9.000 RPM & torsi 13,8 Nm @ 7.000 RPM sedangkan Vixion 16,35 dk @ 8.500 RPM & torsi 14,5 Nm @ 7.500 RPM. Dibandingkan dengan CB150R lawas, tenaga di mesin anyar turun 0,1 dk tetapi torsi naik 0,7 Nm, hal disebabkan perubahan karakter mesin overbore yang ada di CB150R lawas berubah menjadi square. Buat kecepatan tinggi tentu overbore lebih nikmat namun torsi tidak segalak yang didapatkan mesin square. Melihat kedua spek kuda besi di atas, Vixion unggul di torsi, galak di putaran bawah apalagi ditunjang bobotnya yang lebih enteng ketimbang CB150R. Sedangkan CB150R tenaga baru keluar pada putaran menengah.

Nah terus pilih mana…??? Kalo saya sendiri disuruh milih akan vote CB150R secara kaki2 lebih kekar, mesin DOHC 6 speed & fitur LED yang menggoda. Namun kalo mas bro & sis untuk penggunaan harian dalam kota bisa ngelirik Vixion secara lebih enak diajak meliuk2 di kepadatan lalu lintas. Akhir kata…urusan selera kembali ke individu masing2.

 


5 Responses to “Pilih Mana, Yamaha New Vixion Advance ato All New Honda CB150R Streetfire…???”


  1. 18 Oktober 2015 pukul 9:32 pm

    Sepakat…. balik lg ke selera…. tp buat saat ini saya harus vote CB.

  2. 4 wasis-redline
    18 Oktober 2015 pukul 11:38 pm

    Mirip modifan scrambler euy


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
Oktober 2015
S S R K J S M
« Sep   Nov »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 6,481,406 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 378 pengikut lainnya

Suka Blognyamitra ???

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: