14
Okt
15

Servis AC Mobil, Udara Dingin Kembali Mak Nyesss…!!!

skema cara kerja AC

Sekitar 1 bulan yang lalu, AC gerobak dirasakan kurang dingin. Terasa parah ketika di siang hari, AC gak berasa sama sekali, seperti keluar angin aja. Ketika malam hari, AC berasa dingin walau gak sedingin sebelumnya. Saya pun menduga pasti ada yang gak bener nih. Biasanya AC kurang dingin karena freon berkurang, kalo berkurang udah pasti ada yang bocor dari sistem pendingin AC.

?????????????

Hari Sabtu pagi, saya meluncur ke bengkel AC Auto Rotary di kawasan Bintaro, Jakarta Selatan. Sebelumnya saya belum pernah ke bengkel ini, namun info yang masuk ke telinga saya kalo bengkel AC ini merupakan salah satu bengkel rekomen di kawasan Jakarta Selatan & sering menjadi rujukan klub2 mobil. Datang pagi2 dengan tujuan untuk menghindari antrian. Tak sulit untuk menemukan bengkel ini, saya masuk tol JORR kemudian keluar pintu tol Tanah Kusir kemudian belok kanan. Gak nyampe 100 meter akan ketemu Auto Rotary di sebelah kiri jalan.

Auto Rotary Bintaro 2

Nyampe jam 08.30 ternyata sudah ada pasien Honda CRV & Toyota Camry disana. Punggawa bengkel datang menemui saya dengan ramah sambil menanyakan keluhannya. Saya pun bercerita kalo AC kurang dingin. Mobil pun di cek menggunakan alat & ternyata emang benar, freon kurang. Termometer digital yang ditaruh di kisi mobil pun menunjukkan angka 16 derajat celcius. Idealnya berada di kisaran 6-8 derajat celcius…!!!

Service AC

Pihak bengkel memberi penjelasan ke saya ada beberapa penyebab freon AC berkurang, seperti pipa AC bocor, evaporator kotor ato ikutan bocor. Kudu dicek satu per satu. Estimasi biaya pun diberikan ke saya dengan asumsi banyak suku cadang yang diganti, sekitar Rp3 jutaan…!!! Oke, lanjutkan bilang saya ke pihak bengkel.

Evaporator

Setelah ketahuan freon AC kurang, sistem pendingin AC mobil pun dibongkar & dicopot, cek satu per satu mulai dari filter AC, evaporator, kondensor, pipa-pipa AC hingga dryer. Part pertama yang kudu dilembiru (lempar ganti baru xixixi…) adalah filter AC karena sudah kotor. Kemudian mekanik cek kondisi evaporator, dicelupin ke dalam air untuk memastikan apakah ada kebocoran. Ahhh…ternyata tidak, kondisinya masih bagus gak ada kebocoran, cukup dibersihkan saja pake air bertekanan untuk menghilangkan kerak di kisi2nya. Untunglah, maklum harga evaporator cukup menguras kantong sekitar Rp1 jutaan…!!!

Bongkar AC

Selanjutnya adalah pipa-pipa AC. Sama seperti evaporator, pipa AC dicelupin ke dalam air sambil diinfus dengan kompresor. Dan hasilnya adalah…ada kebocoran…!!! Muncul gelembung2 kecil. Inilah yang menyebabkan freon AC kurang…!!! Kemudian dryer, komponen ini sudah kotor waktunya diganti. Oh ya, dryer adalah semacam penyaring kotoran dalam sistem sirkulasi AC.

Tak ketinggalan kondensor, katup ekspansi & kipas ikutan diperiksa. Untuk komponen2 ini hasilnya tidak ada apa2. Cuman kondensor dibersihkan dengan air bertekanan untuk merontokkan kotoran2 yang menempel pada kisi2nya. Setelah semua komponen diperiksa & ada yang diganti, saatnya isi freon. Seperti biasa, bengkel AC yang bagus akan menguras habis isi freon lama kemudian diganti dengan yang freon tipe R134 yang baru. Tak ketinggalan ketika pengisian freon dikasih juga oli yang berguna sebagai pelumas kompresor AC.  AC gerobak pun dinyalakan, tunggu beberapa saat kemudian taruh termometer digital di kisi AC. Hasilnya adalah 8 derajat celcius…!!! Dingin mak nyesss…!!!

Mobil yang sering dipakai ato jam terbangnya tinggi tiap hari setidaknya AC dirawat setiap 6 bulan sekali. Kalo pemakaiannya normal2 saja / jarak dekat bisa setahun sekali ato tiap 12.000 KM. Service AC mobil biasanya melakukan pengecekan pada dryer, jumlah freon, kebocoran pipa2 hingga pembersihan evaporator dari kotoran2. Biaya service AC tergantung dari jenis mobil & tipe AC (single ato double blower). Yang jelas untuk mobil Eropa tarifnya lebih mahal karena risikonya lebih tinggi serta rumit. Untuk gerobak saya, menghabiskan biaya hampir 2 jutaan meliputi ganti filter AC, pipa AC, dryer, kuras/isi freon R134 & ongkos jasa. Oh ya, pihak bengkel Auto Rotary kasih garansi 3 bulan…!!! Selain ditangani mekanik berpengalaman, peralatan lengkap & layanan after service, kenyamanan konsumen turut menjadi perhatian pihak bengkel. Ruang tunggu cukup nyaman dilengkapi dengan pendingin udara, tempat duduk empuk & tv kabel, sayang gak ada wifi:mrgreen:

?????????????

Artikel terkait  tentang AC : https://blognyamitra.wordpress.com/2011/02/04/mengenal-komponen-ac-penyebab-kerusakannya/


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
Oktober 2015
S S R K J S M
« Sep   Nov »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 6,484,629 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 378 pengikut lainnya

Suka Blognyamitra ???

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: