27
Agu
15

New Honda Sonic 150R, Mencoba Mengulang Masa Kejayaan…!!!

?????????????

Yuk, mari qta flashback ke era akhir 1990 & awal tahun 2000-an, di periode itu pabrikan Honda pernah menelurkan ayam jago salah satunya adalah Honda Nova Dash yang menggunakan mesin 2 tak berkapasitas 125 cc, berpendingin radiator, 6 tingkat percepatan (ada juga yang 5 gigi) membuat Nova Dash saat itu menjadi idola kawula muda & sempat juga merajai balap bebek se Asia Tenggara bersaing dengan Yamaha Tiara/125Z & Suzuki RG Sports. Nova Dash sendiri pernah mengaspal di tanah air namun harus didatangkan secara utuh alias CBU.

New Honda Sonic 150R

Munculnya New Honda Sonic 150R sepertinya PT. Astra Honda Motor ingin mencoba mengulang kesuksesan masa lalu & tentu saja ingin mencicipi gurihnya bebek kelas 150 cc yang saat ini pangsa pasarnya dinikmati oleh Suzuki Satria 150R. Desain ayam jago yang baru ditelorkan oleh sayap mengepak ini mirip dengan Satria FU150. Mengusung mesin 149 cc, DOHC, 6 tingkat percepatan, radiator, injeksi yang sudah lolos Euro 3 persis sama sodaranya All New Honda CB150R Streetfire, cuman beda di mapping ECU aja. Sanggup memuntahkan tenaga sebesar 16 PS @ 9.000 rpm & torsi 13.5 Nm @ 6.500 rpm…!!! Berat motor yang hanya 114 kg, klaim pabrikan kecepatan puncak mencapai 124 km/h.

Tak ketinggalan tren penggunaan lampu LED hadir di lampu depan & lampu senja sedangkan yang lainnya masih pake bohlam. Ahhh…nanggung kenapa nggak sekalian semuanya, biar lebih hemat aki🙂 Fitur2nya mirip dengan Suzuki Satria FU150 seperti rem cakram depan belakang, monoshock & kunci magnet untuk keamanan.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Kesempatan mencicipi New Honda Sonic 150R tiba, udah lama banget nih gak nyemplak bebek apalagi ayam jago. Riding position-nya miriplah dengan pabrikan berlogo S. Ketinggian tempat duduk juga rendah sehingga untuk postur tubuh 165 cm seperti saya kaki bisa menapak sempurna. Panel indikator digital semua, penempatannya pas ke arah pengendara, beda dengan All New Honda CB150R yang rada tegak kalo di siang hari rawan sulit ngebaca panel indikator karena terkena pantulan sinar matahari.

Lanjut pencet tombol starter, brummm… tarik kopling trus oper ke gigi 1, lah koq rada susah yah… tuas persneling mirip Satria FU150 pake metode injak tuas depan ama belakang. Sudah bisa ditebak kalo kapasitas mesin besar disandingkan dengan bodi yang ramping & enteng. Akselerasi mak wuzzz…!!! Belom lagi ketika diajak menari di keramaian lalu lintas, lincah…!!! Sayang, ketika mencoba melihat spion kiri kanan ternyata rada susah ngeliat kendaraan yang ada di belakangnya, setelah dilihat penyebabnya adalah tangkai spion yang rendah & agak pendek ketimbang varian Honda lainnya yang cenderung spionnya lebih lebar ketimbang stang motor. Semoga bisa menjadi perhatian pabrikan Honda karena menyangkut masalah keselamatan berkendara.

New Honda Sonic 150R panel indikator

Adanya indikator gigi persneling cukup membantu pengendara mengetahui posisi gigi saat ini, oh ya indikator ini gak ada di All New Honda CB150R. Perpindah gigi selanjutnya cukup mudah…!!! Pengereman gak ada masalah, wajar dual disc brake depan belakang. Apalagi rem cakram depannya berukuran lebar persis kayak Satria FU150. Berhenti di lampu merah, lah koq dari gigi 1 ke netral rada susah lagi nih kayak tadi. Entahlah, mungkin hanya terjadi di motor test ride ini saja.

Tinggal tunggu waktunya aja, akankah New Honda Sonic 150R bisa menempel sang penguasa underbone kelas 150 cc Satria FU150…???


0 Responses to “New Honda Sonic 150R, Mencoba Mengulang Masa Kejayaan…!!!”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
Agustus 2015
S S R K J S M
« Jul   Sep »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 6,474,346 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 376 pengikut lainnya

Suka Blognyamitra ???

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: