24
Agu
15

All New Honda CB150R Siap Meladeni Yamaha Vixion…!!!

Headlamp All New CB150R

Honda CB150R Streetfire yang diluncurkan akhir tahun 2012 diproyeksikan untuk mengganggu dominasi Yamaha Vixion di kelas motor batangan 150 cc. Seiring berjalannya waktu, Yamaha Vixion masih kokoh di kelasnya. Hal ini membuat kubu pabrikan Honda merasa gerah. Berbagai sektor Honda CB150R dilakukan pembenahan termasuk mendengar masukan dari konsumen agar bisa menandingi Yamaha Vixion…!!!

?????????????

All New Honda CB150R yang dirilis awal Agustus 2015 mengalami banyak perubahan dibandingkan dengan model sebelumnya. Gak sekedar ganti striping doank kurang lebih perubahannya mirip dari Yamaha Vixion ke Yamaha Vixion Lightning. Cukup drastis…!!! Masih mengandalkan sasis model truss frame, sektor paling mencolok adalah kaki2. Hal yang wajar karena kaki2 pada CB150R kurus, jauh jika dibandingkan dengan kompetitor yang mengadopsi ban tapak lebar. Gak tanggung2, All New Honda CB150R menggunakan ban depan IRC ukuran 100/80-17 dan ban belakang 130/70-17, lebih lebar ketimbang kubu garpu tala. Gak berhenti disitu, rem cakram depan juga di-upgrade kini pake diameter gede yakni 276 mm dipadu dengan 2 kaliper piston. Sedangkan rem cakram belakang sama dengan yang lawas. Urusan suspensi monoshock dengan prolink masih tetap diandalkan.

Engine Cut All New Honda CB150R_8

Kelar urusan kaki2, berlanjut ke urusan bodi. Tutup tangki model jadul alias stupa sudah dihilangkan. Gak ada lagi celaan dari konsumen, aman dahhh… Salah satu pengguna Honda CB150R lawas pernah bercerita kepada saya kalo tutup tangki yang lama kadangkala muncul bau bensin. Maju dikit ke atas tutup tangki tampak kunci magnet yang penempatannya mirip dengan Yamaha Vixion. Lampu depan kian sporti dengan penggunaan LED yang menular hingga ke lampu belakang dan lampu sein. Konsumsi listrik LED memang irit, contohnya sein hanya 2,5 watt & lampu rem 0,8 watt. Tak ketinggalan kiprok kini dibekali dengan 2 buah kapasitor sebagai back up aki kalo drop. Bener2 bisa hemat aki nih…!!!

LED All New Honda CB150R

Test Ride

Test Ride All New Honda CB150R

Begitu menaiki All New Honda CB150R terasa ada yang sedikit berubah dari posisi berkendara (riding position), footstep lebih mundur ke belakang. Putar kunci kontak…bruuummm… suara mesin 1 silinder, 149,16 cc, DOHC, radiator, PGM-FI yang sudah dikasih sensor 02 untuk menekan emisi gas buang, siap memuntahkan tenaga hingga 16,9 PS @ 9.000 RPM & torsi 13,8 Nm @ 7.000 RPM…!!! Oh ya, sektor mesin kena sentuhan juga untuk mencapai performa yang optimal seperti :

  • Sudut klep dibuat lebih tegak bertujuan untuk efisiensi ruang bakar
  • Bobot piston berlapis molibdenum, pin & conrod dibuat lebih ringan
  • Sistem pendingin mesin terintegrasi di dalam, jadi gak pake slang luar
  • Penggunaan offset cylinder, spiny sleeve cylinder & roller rocker arm untuk mengurangi gesekan
  • Shift drum pake bearing sehingga oper gigi jadi lebih mudah
  • Lubang injektor 8 buah sedangkan yang lama 6 buah

 

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Sisi panel indikator, semuanya serba digital. Cukup informatif sama kayak pendahulunya (jam digital, dual tripmeter). Hanya saja saya kurang suka dengan model full digital khususnya untuk petunjuk putaran mesin yang disajikan dalam bentuk bar, agak sulit melihatnya, berbeda dengan Honda CB150 lawas yang enak dilihat. Belum lagi penempatan panel indikator yang tegak ke atas, kalo di siang hari bakalan sulit ngeliatnya terkena pantulan cahaya sinar matahari. Patut disayangkan lagi, fitur pass lampu jauh (pass beam) & engine cut off juga gak nongol disini.

All New Honda CB150R panel indikator

Akselerasi awal, boleh dikata lebih yahud ketimbang sebelumnya walau menurut saya masih lebih galak yang pabrikan sebelah. Jarum RPM cepat menyentuh redline. Putaran menengah hingga atas ngisi terus khas mesin DOHC bak tidak kehabisan nafas. Perpindahan gigi cukup enteng. Oh ya, joknya empuk akibat penempatan busa yang agak tebal. Jadi pantat gak bakalan gelisah kalo dibawa turing jarak jauh.

Dengan segala perubahannya yang cukup banyak, All New Honda CB150R siap meladeni Yamaha Vixion Advance. After sales service jangan diabaikan mengingat nih produk berpotensi untuk menurunkan singgasana Vixion yang sudah mapan terlebih dahulu di kelas 150 cc sejak tahun 2007. Nah…tinggal waktu yang berbicara…!!!


1 Response to “All New Honda CB150R Siap Meladeni Yamaha Vixion…!!!”


  1. 1 jojo
    25 Agustus 2015 pukul 10:45 pm

    roller rocker armnya PnP gak ya di CBSF lama?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
Agustus 2015
S S R K J S M
« Jul   Sep »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 6,486,930 hits

Twitter

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 378 pengikut lainnya

Suka Blognyamitra ???

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: