02
Jul
15

Pedal Rem Ndut2an…Waspadai Piringan Cakram Sudah Oblak…!!!

Bubut Cakram

Suatu ketika sohib saya curhat masalah tunggangannya. Mobil MPV-nya terdapat masalah di remnya yakni ketika pedal rem diinjak, pedal terasa ndut2an. Hal itu terasa kalo mobil dijalankan pada kecepatan di atas 60 km/h. Namun kalo di bawah itu, gejala tersebut tidak timbul. “Kira2 masalahnya apa bro…?” tanya sohib saya itu. “Kayaknya masalah ada di cakram bro…coba dicek ke bengkel untuk pastinya,” ujar saya.

Beberapa hari kemudian dibawalah ke bengkel resmi. Setelah dicek, ternyata benar pihak bengkel mengatakan permukaan rem cakram sudah tidak rata. “Harus ganti rem cakram bro, harganya lumayan mahal, apalagi mo lebaran pengeluaran banyak…kira2 bisa diakali ato gak…???”tanyanya kepada saya. Yup, tipikal konsumen kita cenderung kalo bisa diakalin dulu🙂 “Bisa bro…bubut rem cakram,” jawab saya sambil menyebut salah satu toko berlabel Nawilis.

Kenapa permukaan rem cakram menjadi tidak rata…??? penyebabnya adalah kampas rem sudah habis sehingga permukaan cakram terkikis di beberapa bagian. Solusinya cuman 2 yakni ganti baru ato bubut cakram. Namun bubut cakram harus dicek dahulu kondisinya, kalo sudah parah piringan gak bisa dibubut. Kalopun dipaksa dibubut hasilnya kurang memuaskan & cakram rentan retak/pecah karena ketebalan cakramnya sudah tipis. Bubut cakram sendiri ada 2 cara pengerjaannya yakni melepas rem cakram kemudian diratakan di mesin bubut & cara yang terbaru adalah tidak perlu melepas rem cakram, cukup copot roda saja. Hal ini yang dilakukan oleh toko Nawilis. Tentu saja pake metode ini waktu pengerjaannya lebih singkat ketimbang model konvensional.

Tarifnya berapa bro…??? cukup rogoh kocek Rp350rb sepasang dengan waktu pengerjaan sekitar 1 jam. Tuh kan harganya beda jauh kalo beli baru…!!! Meskipun begitu lebih baik mencegah ketimbang mengobati. Udah cek kondisi kampas rem…??? kalo kampas sudah tipis, segera ganti ya bro & sis…!!!


2 Responses to “Pedal Rem Ndut2an…Waspadai Piringan Cakram Sudah Oblak…!!!”


  1. 7 Juli 2015 pukul 11:21 am

    cek kampas rem mobil paling simpel gimana caranya om? tetep harus lepas roda ya?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
Juli 2015
S S R K J S M
« Jun   Agu »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 6,488,226 hits

Twitter

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 378 pengikut lainnya

Suka Blognyamitra ???

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: