30
Jun
15

Cek Kondisi Kendaraan Sebelum Mudik…Agar Perjalanan Lancar Jaya…!!!

Mudik

Lebaran telah tiba tinggal menghitung hari… Semakin dekat lebaran biasanya orang makin sibuk apalagi jika THR sudah turun🙂 Ritual mudik sudah menjadi tradisi di Indonesia (selain China) walaupun di negara2 arab sendiri gak mengenal tradisi mudik. Berbagai alat transportasi yang biasa digunakan untuk mudik mulai dari bis, kereta api, kapal laut, pesawat terbang hingga mobil. Nah, kali ini saya akan sedikit berbagi tips persiapan mudik menggunakan mobil. Yup, beberapa kali saya mudik menggunakan gerobak dengan rute DKI Jakarta – Jawa Timur. Lumayan jauh, pernah saya ukur jaraknya kurang lebih 1.000 km sekali jalan.

Yang namanya mudik menggunakan mobil sudah pasti butuh persiapan. Gak cuman persiapan fisik pengendaranya saja yang perlu diperhatikan namun juga tunggangan yang qta kendarai. Mobil harus kondisi fit agar perjalanan lancar sampai di tujuan.

Salah satu poin penting sebelum mudik adalah servis mobil terlebih dahulu. Lakukanlah tune-up yang meliputi cek kondisi filter udara, cek filter bensin, cek busi, bersihkan karburator/throttle body. Kalo oli mesin sudah hampir tiba saatnya ganti, segeralah ganti oli. Kalo ada part yang perlu diganti, gak usah ragu2 untuk menggantinya. Periksa juga minyak kopling, minyak rem & minyak power steering. Jika kondisi mesin sudah oke, selanjutnya cek sistem pendingin mesin. Kenapa bisa begitu ??? pengalaman saya kendaraan yang mogok ketika mudik kebanyakan disebabkan oleh mesin kegerahan (overheat). Ini paling repot kalo mesin sampe overheat, kalo apes di kota besar sih mungkin tidak terlalu masalah namun apa jadinya jika terjadi di kota kecil, kawasan hutan plus di waktu malam pula. Sistem pendingin yang perlu dicek adalah radiator. Cek kondisi air radiator, jangan sampe kurang. Kalo kurangnya banyak dapat dipastikan ada yang bocor. Sumbernya bisa dari slang yang getas ato pipa yang berkarat. Perhatikan juga tutup radiator, meski sepele jika kondisinya sudah berkarat maka aliran air ke tabung cadangan (reservoir) akan terganggu. Oh ya, kipas radiator perlu dicek juga apakah nyala ato gak.

Servis mobil

Cukup sampai disini…??? oh belum, masih ada hal lain yang perlu qta cermati. Sektor kaki2 khususnya ban. Kalo ban sudah mulai botak, segeralah ganti. Bawa barang banyak, penuh penumpang membuat beban kerja ban menjadi berat. Belum lagi tol Cipali yang baru itu, ban yang botak bisa membawa celaka. Periksa juga ban cadangan, biasanya kurang angin. Jangan sampe ketika ban bocor, ehhh…ban cadangannya kurang angin. Kelar urusan ban, periksa lampu2 mobil seperti lampu utama, lampu rem & lampu sein. Kalo perlu beli lampu cadangan khususnya buat lampu utama.

Satu lagi yang perlu diperhatikan adalah servislah kendaraan jauh2 hari, wajar menjelang lebaran bengkel semakin penuh antrian. Kemudian, di bulan puasa ini biasanya bengkel2 resmi menggelar program servis untuk mudik dengan harga spesial. Nah… jangan ampe kelewat nih…!!!

Oke deh, sedikit sharing dari saya, semoga berguna. Monggo ditambahin kalo ada yang kurang.


3 Responses to “Cek Kondisi Kendaraan Sebelum Mudik…Agar Perjalanan Lancar Jaya…!!!”


  1. 30 Juni 2015 pukul 11:33 pm

    Satu lagi om, check di bengkel langganan terpercaya. Selain mekaniknya sudah paham bener riwayat mobil kita juga biar ga dikibulin soal harga spareparts dan biaya pengerjaannya

    https://macantua.com/2015/06/30/tarif-penyeberangan-asdp-ferry-mudik-2015-naik-200-persen/


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
Juni 2015
S S R K J S M
« Mei   Jul »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 6,481,406 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 378 pengikut lainnya

Suka Blognyamitra ???

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: