08
Jun
15

Sering Minum BBM Berkualitas Rendah, Sensor O2 Bisa Ngadat…!!!

O2 sensor

Motor2 saat ini sudah cukup canggih dibekali dengan teknologi tinggi seperti pengaplikasian injeksi. Dengan teknologi injeksi boleh dikata minim perawatan, memudahkan mekanik bengkel & konsumen. Meskipun begitu, bukan berarti qta bisa memperlakukan tunggangan sesuka hati seperti yang dialami kawan saya. Usia tunggangan baru 3 tahun. Suatu ketika motor jalannya ndut2an & sulit distarter padahal belum lama si kuda besi servis tune up.

Sensor 02, sudah lolos Euro 3

Dibawalah si motor ke bengkel untuk dicek. Cek busi masih bagus, filter udara masih oke & akhirnya ketahuan kalo penyebabnya adalah sensor O2. Bentuknya mirip busi & lokasinya dekat dengan intake manifold. Setelah dicek ternyata sensor O2-nya kotor, perlu dibersihkan. Ngebersihkannya cukup pake amplas alus ato sikat kawat. Kelarrr… pasang lagi…jrenggg…kuda besi pun ngacir seperti sedia kala. Pihak bengkel mengatakan salah satu penyebabnya adalah kualitas BBM yang jelek sehingga biqin kerak. Alhasil si otak ECU-pun ngebacanya jadi ngaco…!!! Terus si mekanik mengatakan kalo ngisinya sering premium, sesekali perlu diisi dengan pertamax. Lebih bagus lagi kalo konsisten memakai BBM beroktan 92 karena terdapat aditif yang salah satunya punya kemampuan untuk membersihkan kerak2 mesin…!!!


3 Responses to “Sering Minum BBM Berkualitas Rendah, Sensor O2 Bisa Ngadat…!!!”


  1. 8 Juni 2015 pukul 12:22 pm

    gak hanya sensor )2 sih, ruang bakar juga cepet kotor kena deposit bbm yang gak terbakaršŸ˜¦

  2. 27 Juni 2015 pukul 11:22 am

    terjadi’y kerak druang bakar mesin terjadi bukan krn faktor bbm saja(premium), pertamax jg sama, rata2 kseharian motor dpake harian d speed rendah rentan 40-50 km/jam & sbentar..ini yg jd penyebab terjadi’y kerak. kerak bisa hilangin dengan pemakaian mesin yg lama bisa dg touring dan speed >60 km/jam konstan..dsini fungsi busi sbg cleaning ruang bakar..kerak brodol kabeh ^^


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
Juni 2015
S S R K J S M
« Mei   Jul »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 6,481,406 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 378 pengikut lainnya

Suka Blognyamitra ???

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: