Motor2 saat ini sudah cukup canggih dibekali dengan teknologi tinggi seperti pengaplikasian injeksi. Dengan teknologi injeksi boleh dikata minim perawatan, memudahkan mekanik bengkel & konsumen. Meskipun begitu, bukan berarti qta bisa memperlakukan tunggangan sesuka hati seperti yang dialami kawan saya. Usia tunggangan baru 3 tahun. Suatu ketika motor jalannya ndut2an & sulit distarter padahal belum lama si kuda besi servis tune up.
Dibawalah si motor ke bengkel untuk dicek. Cek busi masih bagus, filter udara masih oke & akhirnya ketahuan kalo penyebabnya adalah sensor O2. Bentuknya mirip busi & lokasinya dekat dengan intake manifold. Setelah dicek ternyata sensor O2-nya kotor, perlu dibersihkan. Ngebersihkannya cukup pake amplas alus ato sikat kawat. Kelarrr… pasang lagi…jrenggg…kuda besi pun ngacir seperti sedia kala. Pihak bengkel mengatakan salah satu penyebabnya adalah kualitas BBM yang jelek sehingga biqin kerak. Alhasil si otak ECU-pun ngebacanya jadi ngaco…!!! Terus si mekanik mengatakan kalo ngisinya sering premium, sesekali perlu diisi dengan pertamax. Lebih bagus lagi kalo konsisten memakai BBM beroktan 92 karena terdapat aditif yang salah satunya punya kemampuan untuk membersihkan kerak2 mesin…!!!
gak hanya sensor )2 sih, ruang bakar juga cepet kotor kena deposit bbm yang gak terbakar 😦
ane selalu pakai super
terjadi’y kerak druang bakar mesin terjadi bukan krn faktor bbm saja(premium), pertamax jg sama, rata2 kseharian motor dpake harian d speed rendah rentan 40-50 km/jam & sbentar..ini yg jd penyebab terjadi’y kerak. kerak bisa hilangin dengan pemakaian mesin yg lama bisa dg touring dan speed >60 km/jam konstan..dsini fungsi busi sbg cleaning ruang bakar..kerak brodol kabeh ^^