26
Apr
15

Lunch With Honda & Table Manners Training by John Robert Powers…!!!

Table Manners Training

Hari Minggu, 26 April 2015 bertempat di Hotel Sultan Jakarta, kali ini para blogger diundang oleh PT. Astra Honda Motor untuk mengikuti sebuah pelatihan. Tak seperti biasanya, bukan pelatihan oprek mesin tapi sebuah pelatihan tata cara jamuan makan yang baik & benar🙂 Tak tanggung2, narasumber kelas wahid didatangkan yakni John Rober Powers…!!! Pasti mas bro & sis tak asing lagi mendengar sebuah institusi yang bergerak di bidang human resources development. Tentu saja kesempatan langka ini tak boleh disia2kan🙂

Biki Wotulo

Makan bersama atau jamuan makan dengan keluarga ato sodara tentu sudah sering qta lakukan, diiringi dengan tawa & canda senda gurau menambah keakraban satu sama lain. Tapi bagaimana jika ada undangan makan yang bersifat resmi seperti bersama jajaran direksi, klien ato stakeholder ??? tentu hal tersebut perlu penyesuaian.

Menurut Ny. Biki Wotulo narasumber dari John Robert Powers, dalam jamuan resmi adalah wajib untuk memperhatikan cara makan & cara berbicara agar suasana formal menjadi nyaman antar satu dengan yang lain. Tatanan sendok garpu ato pisau bejejer di meja makan itu bukan sekedar pajangan, namun ada maknanya. Menu yang dihidangkan dalam jamuan makan resmi biasanya ada 3 tahap yakni menu pembuka (appetizer), menu utama (main course) & menu penutup (dessert). Appetizer biasanya berupa sup ato salad. Main course contohnya steak entah daging, ikan ato ayam & yang terakhir adalah dessert seperti es krim, puding ato cake. Sebelum menikmati hidangan, jangan lupa menaruh serbet di pangkal paha untuk menghindari pakaian kotor terkena tumpahan makanan serta dilarang menaruh benda2 pribadi di atas meja makan seperti kamera, handphone, peralatan makeup bagi cewek dsb…!!! Pokoknya di atas meja yang boleh ada hanya peralatan makan saja…!!!

Suasana pelatihan table manners

Jika hidangan appetizer tiba, ambilah peralatan makan yang paling luar di atas meja makan. Sop misalnya, ketika akan menyuap ke mulut, arahkan sendok sop ke arah mulut bukan mulut yang bergerak maju ke arah sendok sop. Makan dengan wajar, mulut jangan kepenuhan & jangan mengecap (mengunyah makan yang menimbulkan suara). Selesai makan taruhlah sendok makan di sisi kanan dengan posisi terbuka. Itu artinya sop sudah selesai disantap & pelayanan akan segera mengambilnya. Ketika diambil oleh pelayan, jangan lupa ucapkan terima kasih.

Selanjutnya makan berat seperti steak. Ketika akan memotong daging, tancepkan garpu di sisi bagian kiri daging hingga masuk ke dalam. Kemudian potong pake pisau dengan gerakan searah, jangan seperti orang menggergaji. Cara makannya sama, arahkan garpu ke arah mulut bukan sebaliknya. Jika sudah selesai makan, taruhlah garpu & pisau sejajar di atas piring posisi arah jarum jam ke arah 11 dengan posisi terbuka. Oh ya, selama makan tangan gak boleh nyender ato menyentuh meja.

Exclusive lunch with Honda

Cara makan formal berskala internasional memang membuat canggung & kaku. Wajar, gak pernah nemuin cara makan seperti ini🙂 saya pun bolak balik keliru sampe ditegur sama narsum:mrgreen: Meskipun begitu, pelatihan ini setidaknya menambah wawasan qta gimana tata cara jamuan makan malam yang baik & benar. Bahkan kekeliruan sepele dapat membuat imej seseorang menjadi jatuh di mata orang seperti menyuap makan menggunakan pisau roti ato steak misalnya. Tak hanya tata cara makan yang diajarkan, tapi juga bertutur kata. Hindari pembicaraan hal-hal yang bersifat pribadi seperti umur, status perkawinan, jumlah anak, gaji dsb karena it’s not your business, kata orang bule…!!! Berbicara pun hanya boleh dilakukan ketika satu meja sudah selesai makan, bukan ngobrol sambil makan seperti yang biasa qta lakukan🙂 Terakhir selesai makan, taruhlah serbet sambil dilipat rapi & taruh di sisi kiri meja.

Yah seperti itulah serba serbi table manners training🙂

 


7 Responses to “Lunch With Honda & Table Manners Training by John Robert Powers…!!!”


  1. 26 April 2015 pukul 8:09 pm

    wuih, mantap nie honda….. ngundang bloger diacara speerti ini, pabrikan sbelah malah jarang kdengaran lgi britany

    nitip review motor 500cc V-twin… ajib…

    http://mariodevan.com/2015/04/26/first-ride-harley-davidson-streat-500-cadas/

  2. 27 April 2015 pukul 3:39 pm

    wah ane biasa makan lesehan, kalau makan di situ jadi grogi pasti

    ijin share gan
    http://orongorong.com/2015/04/27/modenas-dinamik-bebek-sportnya-malaysia/

  3. 6 jtxmisc
    28 April 2015 pukul 3:19 am

    mantap mas infonya ini, jadi bisa lebih mengetahui tentang dunia ini🙂 , info yang sangat menarik, sepertinya harus dicoba🙂

  4. 7 percetakanexpres
    6 Mei 2015 pukul 8:00 am

    Great post
    Design your blog is also great, how do you think to my blog


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
April 2015
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 6,471,177 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 376 pengikut lainnya

Suka Blognyamitra ???

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: