Musim hujan dengan intensitas tinggi tak hanya menimbulkan persoalan banjir, namun juga persoalan lain yakni jalan berlubang. Yup, air yang menggenangi jalan raya dalam jangka waktu yang lama membuat lapisan aspal tergerus. Hasilnya lubang2 baru bermunculan. Munculnya lubang2 baru ini tak ayal bisa biqin celaka biker. Risikonya kalo gak jatuh, ban benjol ato velg peyang ato retak.
Yup, suatu ketika saya ngobrol2 dengan montir salah satu toko ban. Dia mengutarakan kalo kerusakan velg bisa diminalisir yakni dengan menjaga tekanan ban sesuai standar pabrik ato bisa juga tekanan dilebihkan sedikit. Vixion saya misalnya dalam kondisi standar tekanan ban 29 psi, namun jika dipake berboncengan tekanan ban 33 psi. Nah saya biasanya di angka 33 – 34 meski dipake riding sendirian.
Si montir juga nambahin kalopun kejeblos lubang yang dalam setidaknya velg aman ato peyang tapi tidak parah. Kalo sudah begini biasanya yang jadi korban adalah ban rusak/benjol. Ganti ban relatif lebih murah harganya ketimbang velg yang kena. Meskipun velg bisa diperbaiki, toh hasilnya tidak akan presisi sempurna.
So, hati2lah berkendara…itu yang penting…!!!
jooosssss
klo saya lbh sreg pke velg jari2, berasa lbh kokoh & ‘elastis’
Kopi joss… 🙂
yg repot klo antar tukang tambal ban alat ukurnya ga standar….malah bikin runyam
Betul bro…
depan 32 sama cak, kalo belakang 36 psi. isine nitrogen KW 😀
masalahnya d tukang pompa sering beda alat ukur, akhirnya maen feeling aj
Emang bahaya banget sih kalo pas ada genangan e g tahunya ada lobang…
Klik tanda LOVE di foto Huda El Marhoum http://tinyurl.com/vote-benelli
Iya betul bro.
emg bahaya klo waktu ujan bro
sebisa mungkin lebih baik ngindari genangan, biar lambat kalo kejeblos kadang dalemnya gak nyangka-nyangka..
velg pario125 setahun udah peyang, ban pun ikutan peyang