06
Feb
15

Rem Cakram Depan, Lebih Pakem Mana Di Sebelah Kiri Ato Kanan…Ada Yang Tahu…???

??????????

Suatu ketika saya lagi membawa kuda besi ke tempat cuci motor. Sambil duduk saya perhatikan deretan motor yang lagi dicuci ato yang ngantri, mulai dari Mio, Vario, Satria FU150 dsb. Entah kenapa mata saya tiba2 tertuju pada bagian buritan motor tepatnya di sektor roda depan khususnya rem cakram.

Saya perhatikan produk2 Yamaha baik itu bebek, skutik ampe sport rata2 menempatkan rem cakram di sebelah kanan. Yang unik itu Honda, varian skutik rem cakramnya di sisi kiri semua, sedangkan yang lain di bagian kanan. Bagaimana dengan Suzuki ??? yang skutiknya rada unik, ada yang di kiri, ada juga yang di kanan (Hayate). Untuk bebeknya di sisi kanan.

Ini yang membuat saya penasaran, kenapa penempatan rem cakram depan ada yang di sisi kiri ato kanan…??? apa karena alasan estetika…??? ato alasan tertentu…??? lebih pakem mana di kiri ato kanan…??? ada yang tahu…??? monggo di-share.


10 Tanggapan to “Rem Cakram Depan, Lebih Pakem Mana Di Sebelah Kiri Ato Kanan…Ada Yang Tahu…???”


  1. 6 Februari 2015 pukul 9:51 pm

    Inazuma di kiri.. dan kayaknya sih ga ngaruh ke tingkat pakemnya. Entah kalo soal kabel rem apakah kalo d kiri jd lbh panjang ato ga? Yg saya dah pake HEL ukuran panjangnya z250 si bisa. Nah gata z250 kiri ato kanan tuh.

  2. 7 Februari 2015 pukul 3:54 am

    mungkin tergantung posisi keseimbangannya dan bentuk sasis motor itu sendiri..

  3. 12 Februari 2015 pukul 1:14 pm

    produk ahaem mau di kanan apa kiri sama2 kurang pakem.. 😳 👿

  4. 9 saraindrawati
    14 April 2015 pukul 7:09 pm

    Buritan? Buritan itu artinya bagian belakang kalo di Kapal laut, jadi kalo buritan motor ya bagian belakang motor. Mungkin lebih tepat kaki-kaki om..

  5. 10 siswantono
    30 April 2018 pukul 11:14 am

    aku pikir engineer matic honda lebih maju selangkah dibanding dengan engineer yamaha matic. dari segi safety riding untuk pemasaran di indonesia yang notabane nya lajur kiri.
    Ketika kita ada pengereman mendadak disaat hujan entah didepan ada tabrakan atau didepan kita ada yg mengerem mendadak. Matic yg cakram depannya disebelah kiri akan membelokkan stir kekiri sehingga kita terjatuh/tergelincir ke keri dan bahkan melaju sampai ke bahu jalan. dengan begitu keadaan kita ketika jatuh pun aman dari kendaraan yg dari belakang.meskipun ada biasanya kendaraan dengan kecepatan rendah.
    Nah coba kalo matic yg cakram depan di kanan. saat ngerem mendadak stir mengarah ke kanan. wah wah cuma keberuntungan yg bikin selamat nehhh.
    itulah
    kenapa honda matic memasang rem cakram disebelah kiri.sedangkan type honda yg lain disebelah kanan. Karena
    matic didisain memakai roda dg jari jarinya kecil. sehingga riskan jika ada pengereman mendadak.

    *Pengen tahu kebenaran cobalah sendiri pakai beat dan mio.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
Februari 2015
S S R K J S M
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
232425262728  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 8.463.968 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 391 pengikut lainnya

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: