Suatu ketika saya lagi membawa kuda besi ke tempat cuci motor. Sambil duduk saya perhatikan deretan motor yang lagi dicuci ato yang ngantri, mulai dari Mio, Vario, Satria FU150 dsb. Entah kenapa mata saya tiba2 tertuju pada bagian buritan motor tepatnya di sektor roda depan khususnya rem cakram.
Saya perhatikan produk2 Yamaha baik itu bebek, skutik ampe sport rata2 menempatkan rem cakram di sebelah kanan. Yang unik itu Honda, varian skutik rem cakramnya di sisi kiri semua, sedangkan yang lain di bagian kanan. Bagaimana dengan Suzuki ??? yang skutiknya rada unik, ada yang di kiri, ada juga yang di kanan (Hayate). Untuk bebeknya di sisi kanan.
Ini yang membuat saya penasaran, kenapa penempatan rem cakram depan ada yang di sisi kiri ato kanan…??? apa karena alasan estetika…??? ato alasan tertentu…??? lebih pakem mana di kiri ato kanan…??? ada yang tahu…??? monggo di-share.
keknya sama aja ya cak? Tanya mas imam deh hehee
—————
http://kobayogas.com/2015/02/06/yamaha-r25-indikator-mati-total-setelah-kena-hujan-ini-mungkin-penyebabnya/
keknya sama aja ya cak? Tanya mas imam deh hehee
—————
http://kobayogas.com/2015/02/06/yamaha-r25-indikator-mati-total-setelah-kena-hujan-ini-mungkin-penyebabnya/
oooh ada bedanya toh?
http://peysblogcorner.com/2015/02/06/bakal-beginikah-new-vixion-2015/
Inazuma di kiri.. dan kayaknya sih ga ngaruh ke tingkat pakemnya. Entah kalo soal kabel rem apakah kalo d kiri jd lbh panjang ato ga? Yg saya dah pake HEL ukuran panjangnya z250 si bisa. Nah gata z250 kiri ato kanan tuh.
kiri kanan sama saja
Kalau rem ganda?
mungkin tergantung posisi keseimbangannya dan bentuk sasis motor itu sendiri..
produk ahaem mau di kanan apa kiri sama2 kurang pakem.. 😳 👿
Buritan? Buritan itu artinya bagian belakang kalo di Kapal laut, jadi kalo buritan motor ya bagian belakang motor. Mungkin lebih tepat kaki-kaki om..
aku pikir engineer matic honda lebih maju selangkah dibanding dengan engineer yamaha matic. dari segi safety riding untuk pemasaran di indonesia yang notabane nya lajur kiri.
Ketika kita ada pengereman mendadak disaat hujan entah didepan ada tabrakan atau didepan kita ada yg mengerem mendadak. Matic yg cakram depannya disebelah kiri akan membelokkan stir kekiri sehingga kita terjatuh/tergelincir ke keri dan bahkan melaju sampai ke bahu jalan. dengan begitu keadaan kita ketika jatuh pun aman dari kendaraan yg dari belakang.meskipun ada biasanya kendaraan dengan kecepatan rendah.
Nah coba kalo matic yg cakram depan di kanan. saat ngerem mendadak stir mengarah ke kanan. wah wah cuma keberuntungan yg bikin selamat nehhh.
itulah
kenapa honda matic memasang rem cakram disebelah kiri.sedangkan type honda yg lain disebelah kanan. Karena
matic didisain memakai roda dg jari jarinya kecil. sehingga riskan jika ada pengereman mendadak.
*Pengen tahu kebenaran cobalah sendiri pakai beat dan mio.