05
Jan
15

Enhanced Smart Power, Canggihnya Tuh Disini…!!!

??????????

Ciri khas mesin modern yang saat ini menjadi tren ke depan adalah irit bahan bakar, ramah lingkungan & performa tinggi. Salah satunya adalah pabrikan Honda yang menerapkan teknologi ESP (Enhanced Smart Power) pada jajaran skutik seperti Vario 125, PCX & All New Beat yang baru saja diluncurkan beberapa waktu yang lalu. Wah…apa itu ESP…??? berikut penjelasannya…!!!

??????????

ESP merupakan inovasi Honda melalui aplikasi teknologi modern & ACG (Alternating Current Generator) starter untuk menghasilkan performa tinggi dengan efisien bahan bakar yang lebih baik serta ramah lingkungan. Beberapa item yang mendukung teknologi ESP adalah :

  • ACG starter & ISS
  • Roller rocker arm
  • Tumble & squish
  • Offset cylinder & spiny sleeves
  • Light weight piston & smaller pin piston
  • CVT (V-matic)
  • Transmission case

Wah banyak bener yah, oke deh qta bedah satu per satu…!!!

ACG starter & ISS

??????????

ACG starter menjadikan mesin enggak berisik ketika dinyalakan. Berbeda dengan sebelumnya dimana ketika menyalakan mesin suara yang dihasilkan kurang nyaman didengar. Enggak ada lagi yang namanya dinamo starter sehingga beban mesin menjadi lebih enteng, ujung2nya berefek ke konsumsi bahan bakar. Selanjutnya ISS, dimana mesin akan berhenti bekerja ketika motor dalam keadaan berhenti misalnya di lampu merah. Ketika gas ditutup penuh, 3 detik kemudian mesin akan mati. Untuk menghidupkannya lagi tinggal putar grip gas. Simpel…!!!

Roller rocker arm

??????????

Boleh dikata hampir semua jajaran produk Honda sudah mengaplikasikan part ini. Tujuannya adalah untuk memperkecil gesekan antara noken as dengan pelatuk, gesekan makin kecil ketika ukuran yang dibuat lebih kecil.

Tumble & squish

??????????

Ruang bakar di desain sedemikian rupa sehingga campuran bahan bakar & udara menjadi lebih baik. Port yang ada di lubang masuk dibuat lebih tirus. Tak ketinggalan posisi injektor juga dibuat dekat dengan lubang masuk bahan bakar di kepala silinder. Alhasil terjadi pembakaran yang lebih sempurna, ujung2nya performa mesin meningkat, lebih ramah lingkungan & irit bahan bakar.

Offset cylinder & spiny sleeves

??????????

Bertujuan untuk mengurangi gesekan antara piston & silinder. Kemudian dinding luar silinder terdapat semacam kulit jeruk yang dapat meningkatkan kemampuan pendinginan, mengurangi distorsi lubang silinder & mereduksi bobot.

Light weight piston & smaller pin piston

Dari namanya sudah bisa ditebak bahwa penggunaan bobot piston yang ringan & pin piston yang pendek membuat kerja mesin menjadi lebih enteng. Sebagai contoh bobot piston pada Beat FI sebesar 68,2 gram sedangkan pada All New Beat FI ESP bobotnya cuman 56,7 gram. Efisiensi bahan bakar pun menjadi meningkat.

CVT (V-matic)

??????????

Bagian CVT mengalami perubahan seperti penggunaan belt yang lebih pendek & penggunaan roller yang lebih berat. All New Beat FI ESP menggunakan bobot roller-nya mencapai 15 gram, sedangkan pada Beat FI lawas bobotnya 13 gram. Perubahan pada part2 yang ada di CVT membuat skutik menjadi lebih ngacir.

Transmission case

??????????

Desain rumah transmisi mengalami perubahan dengan mengoptimalkan rib sehingga dapat mengurangi kerugian akibat pergolakan oli (agitation loss).

Demikian uraiannya tentang ESP, semoga bermanfaat.


4 Responses to “Enhanced Smart Power, Canggihnya Tuh Disini…!!!”


  1. 14 Januari 2015 pukul 10:41 am

    Keren materi nya,jadi sedikit tahu daleman mesin.Tks

  2. 4 ari ari
    5 Desember 2015 pukul 10:15 pm

    Sek sek tk wocone neh
    Mumet iki😀


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
Januari 2015
S S R K J S M
« Des   Feb »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 6,481,406 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 378 pengikut lainnya

Suka Blognyamitra ???

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: