All New Honda Beat eSP & Pop eSP yang barusan diluncurkan oleh PT. Astra Honda Motor (AHM) mengusung mesin yang berbeda dengan sang kakak Beat FI. Selain tak lagi ada bunyi starter bletak & hadirnya fitur canggih Idling Stop System (ISS), ternyata jeroan mesin benar2 berbeda meski kapasitas yang diusung tetap 110 cc. Jadi jeroan mesin Beat FI dengan Beat/Pop eSP gak bisa saling tukar menukar. Buat mas bro & sis pembesut Beat FI, gak usah galau masalah spare part karena AHM akan tetap memproduksi suku cadang Beat FI hingga 7 tahun mendatang setelah produk tsb discountinue. Hal ini juga berlaku untuk produk2 lain Honda. Yuk qta intip apa aja jeroan mesin yang berbeda.
- Kapasitas mesin tetap sama dengan pendahulunya yakni 108,5 cc akan tetapi bore vs stroke beda tipis. Jika sebelumnya 50 x 55 mm, maka yang sekarang ini 50 x 55,1 mm. Kompresi mesin naik dari 9,2:1 menjadi 9,5:1. Konsekuensinya dengan kompresi naik adalah desain & bobot piston berbeda. Yang model terbaru bobot piston lebih ringan hampir 12 gram dibandingkan dengan Beat FI.
- Baik Beat FI maupun Beat/Pop eSP telah mengusung rocker arm, namun lagi2 bentuknya berbeda.
- Spull Beat FI mempunyai 12 gulungan dengan metode pengisian single phase sedangkan Beat/Pop eSP pengisiannya sudah 3 phase.
- Flywheel/magnet pada Beat FI terdapat 9 tonjolan di sisi luarnya sedangkan pada Beat/Pop eSP polos tanpa tonjolan.
- Desain crank shaft alias poros engkol sedikit berbeda.
- ECU Beat/Pop eSP berbeda dengan FI, selain karena sudah mengusung eSP (enhanced smart power) juga penempatan Regulator Rectifier yang menjadi satu dengan ECU. Kalo bahasa bengkelnya adalah kiproknya kini menyatu dengan ECU. Jumlah pin-nya tetep sama yakni 33 buah.
- Throttle kable alias kabel gas pada Beat FI masih single sedangkan Beat/Pop eSP menganut model push pull. Namun ukuran throttle body tetap sama yakni 22 mm. Begitupun injectornya sami mawon.
- Belt drive pada Beat FI panjangnya 805 mm sedangkan Beat/Pop eSP 820 mm.
- Diameter & berat roller pada Beat/Pop eSP lebih berat yakni 15 gram, sedangkan Beat FI 13 gram.
- Drive shaft pada Beat FI menggunakan o-ring sedangkan yang baru tidak pake o-ring.
- Drive face pada Beat FI menggunakan material baja, yang baru pake aluminium alloy.
- Bentuk crank case, cylinder head & cover cylinder juga sedikit berbeda.
- Posisi penempatan injector berbeda.
- Dsb.
Nah banyak bener kan yang beda. Biar enak, monggo dilihat jepretannya…
woh… bener bener dibedah…
Asli ni artikel sangat membantu…thank u
Kiprok honda beat fi dan honda beat esp terbaru apa sama?
Beda mas bentuknya menyatu dgn ecu yg esp, kalo non esp masih sendiri2 antara ecu dan kiprok. Nah utk pin nya ini sy jg penasaran apakah bs saling menggantikan apa gak. Utk pin ecu sama2 ada 33 tp beda posisi (temen ada yg share pake brt juken beat fi ke yg esp beda letak katane)
as pulley belakang terdorong keluar sampai jebol bak mesin nya
rumah roler sama gk bang beat esp dengan beat fi?