21
Des
14

All New Honda Beat/Pop eSP, Jeroan Mesin Beda Dengan Honda Beat FI…!!!

??????????

All New Honda Beat eSP & Pop eSP yang barusan diluncurkan oleh PT. Astra Honda Motor (AHM) mengusung mesin yang berbeda dengan sang kakak Beat FI. Selain tak lagi ada bunyi starter bletak & hadirnya fitur canggih Idling Stop System (ISS), ternyata jeroan mesin benar2 berbeda meski kapasitas yang diusung tetap 110 cc. Jadi jeroan mesin Beat FI dengan Beat/Pop eSP gak bisa saling tukar menukar. Buat mas bro & sis pembesut Beat FI, gak usah galau masalah spare part karena AHM akan tetap memproduksi suku cadang  Beat FI hingga 7 tahun mendatang setelah produk tsb discountinue. Hal ini juga berlaku untuk produk2 lain Honda. Yuk qta intip apa aja jeroan mesin yang berbeda.

 

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

  1. Kapasitas mesin tetap sama dengan pendahulunya yakni 108,5 cc akan tetapi bore vs stroke beda tipis. Jika sebelumnya 50 x 55 mm, maka yang sekarang ini 50 x 55,1 mm. Kompresi mesin naik dari 9,2:1 menjadi 9,5:1. Konsekuensinya dengan kompresi naik adalah desain & bobot piston berbeda. Yang model terbaru bobot piston lebih ringan hampir 12 gram dibandingkan dengan Beat FI.
  2. Baik Beat FI maupun Beat/Pop eSP telah mengusung rocker arm, namun lagi2 bentuknya berbeda.
  3. Spull Beat FI mempunyai 12 gulungan dengan metode pengisian single phase sedangkan Beat/Pop eSP pengisiannya sudah 3 phase.
  4. Flywheel/magnet pada Beat FI terdapat 9 tonjolan di sisi luarnya sedangkan pada Beat/Pop eSP polos tanpa tonjolan.
  5. Desain crank shaft alias poros engkol sedikit berbeda.
  6. ECU Beat/Pop eSP berbeda dengan FI, selain karena sudah mengusung eSP (enhanced smart power) juga penempatan Regulator Rectifier yang menjadi satu dengan ECU. Kalo bahasa bengkelnya adalah kiproknya kini menyatu dengan ECU. Jumlah pin-nya tetep sama yakni 33 buah.
  7. Throttle kable alias kabel gas pada Beat FI masih single sedangkan Beat/Pop eSP menganut model push pull. Namun ukuran throttle body tetap sama yakni 22 mm. Begitupun injectornya sami mawon.
  8. Belt drive pada Beat FI panjangnya 805 mm sedangkan Beat/Pop eSP 820 mm.
  9. Diameter & berat roller pada Beat/Pop eSP lebih berat yakni 15 gram, sedangkan Beat FI 13 gram.
  10. Drive shaft pada Beat FI menggunakan o-ring sedangkan yang baru tidak pake o-ring.
  11. Drive face pada Beat FI menggunakan material baja, yang baru pake aluminium alloy.
  12. Bentuk crank case, cylinder head & cover cylinder juga sedikit berbeda.
  13. Posisi penempatan injector berbeda.
  14. Dsb.

Nah banyak bener kan yang beda. Biar enak, monggo dilihat jepretannya…

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.


3 Responses to “All New Honda Beat/Pop eSP, Jeroan Mesin Beda Dengan Honda Beat FI…!!!”


  1. 21 Desember 2014 pukul 9:24 pm

    woh… bener bener dibedah…

  2. 2 thomas
    16 Februari 2015 pukul 4:28 pm

    Asli ni artikel sangat membantu…thank u

  3. 3 rifki aulia
    6 September 2016 pukul 4:51 pm

    Kiprok honda beat fi dan honda beat esp terbaru apa sama?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
Desember 2014
S S R K J S M
« Nov   Jan »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 6,488,226 hits

Twitter

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 378 pengikut lainnya

Suka Blognyamitra ???

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: