Nongolnya All New Honda CBR150R beberapa waktu yang lalu membawa dampak Yamaha YZF-R15 tak lagi bisa melenggang sendirian. Mengusung motor berjubah masing2 pabrikan mengklaim bahwa produknya adalah yang the best. Dengan harga keduanya yang beririsan antara Rp28-29 juta, baik dari pihak Honda maupun Yamaha mengusung teknologi tinggi atau membawa DNA moge membuat persaingan motorsports 150 cc menjadi makin panas. Ujung2nya konsumen bingung, pilih All New Honda CBR150R atau Yamaha YZF-R15.
Bodi
Dua2nya mengusung desain fairing yang sporti. All New Honda CBR150R membawa ruh dari moge CBR, begitu juga dengan Yamaha YZF-R15 kental dengan ruh R series. Dari depan keduanya sama2 menganut dual headlight, sisi samping bodi CBR150R lebih gemuk ketimbang R15. Lanjut ke bagian belakang, bagian buntut keduanya sama2 nungging khas motorsports tapi R15 terlihat lebih nungging. Sektor kaki2, keduanya dibekali velg ukuran lebar, otomatis ukuran ban juga lebar. Lengan ayun model pisang berbahan aluminium milik R15 lebih unggul ketimbang CBR150R yang masih konvensional. Posisi berkendara R15 lebih menunduk ketimbang CBR150R, membuat R15 kurang nyaman dipake kemacetan namun R15 tertolong oleh bobotnya yang hanya 136 kg sedangkan CBR150R mencapai 143 kg.
Rangka
Perubahan rangka terjadi pada All New Honda CBR150R. Jika generasi sebelumnya menggunakan twin tube, kali ini menggunakan diamond truss frame mirip yang digunakan ama Honda CB150R Streetfire. Ubahan ini dilakukan agar tunggangan lebih nyaman dipake untuk harian mengingat diamond truss frame lebih lentur. Yamaha YZF-R15 menggunakan sasis deltabox yang lebih kaku (rigid) sehingga lebih mantap melahap tikungan. Suspensi belakang sama2 mengadopsi model ProLink.
Fitur
Keduanya mengusung fitur yang mirip. Kunci kontak misalnya sudah menggunakan model magnet. Begitu juga dengan panel indikator, perpaduan jarum analog untuk RPM & digital untuk penunjuk kecepatan. Cukup lengkap & informatif. Lampu LED yang hadir di lampu rem belakang Yamaha YZF-R15 memberi nilai tambah ketimbang All New Honda CBR150R yang masih pake bohlam biasa.
Mesin
Sama2 4 langkah berkapasitas 150 cc, 1 silinder, mesin All New Honda CBR150R dibekali dengan DOHC, 4 valve, radiator, PGM-FI sedangkan Yamaha YZF-R15 pake SOHC, 4 valve, radiator, Fuel Injection. All New Honda CBR150R menghasilkan tenaga 12,6 Kw @ 10.500 RPM & torsi 13 Nm @ 7.500 RPM sedangkan Yamaha YZF-R15 memuntahkan tenaga 12,2 Kw @ 8.500 RPM & torsi 14,5 Nm @ 7.500 RPM. Terlihat CBR150R unggul di tenaga sedangkan R15 menang di torsi. Karakter mesin CBR150R & R15 berbeda, kalo CBR150R berkarakter overbore (diameter lebih gede ketimbang langkah piston) sedangkan R15 berkarakter square (diameter & langkah piston sama). Perbedaan karakter mesin yang berbeda, hasilnya juga berbeda. CBR150R terasa nikmat main di putaran RPM menengah hingga atas sedangkan R15 cenderung merata (smooth) di semua putaran mesin. Untuk putaran bawah hingga menengah R15 terasa galak sedangkan putaran menengah hingga atas CBR150R lebih nendang.
Sekedar opini pribadi yang belum tentu sependapat dengan yang lain, tinggal pilih maunya bro & sis yang mana 🙂
Mau dua2nya…
😛😜😚
aku ra milih #ngesot ae 😀