31
Agu
14

Museum Angkut Batu Malang, Obyek Wisata Museum Yang Wajib Dikunjungi…!!!

??????????

Dulu saya pernah posting tempat wisata yang berada di kota Batu, Malang, seperti Batu Night Spectacular (artikelnya disini) & Jatim Park 2 (artikelnya disini). Nah…kali ini ada tempat wisata baru di kota yang kesohor dengan apelnya itu, yakni Museum Angkut. Dari namanya sudah bisa qta tebak bahwa museum ini berisi hal2 yang berhubungan dengan transportasi. Lokasi Museum Angkut ini gak jauh dari Jatim Park & kebetulan juga Museum Angkut ini satu grup dengan manajemen Jatim Park. 

Museum ini terletak di ujung jalan & mulai dibuka jam 10.00 WIB. Parkir mobil relatif gak terlalu luas jika dibandingkan dengan parkiran Jatim Park. Kalo gak dapat parkir, bisa parkir di sebuah lapangan kosong tak jauh dari museum. Gak usah khawatir meski parkir di lapangan kosong tapi areanya dijaga oleh security dari Museum Angkut. Tiket masuk museum Rp80rb per orang. Yang aneh adalah kalo mo foto2 entah itu pake smartphone, kamera saku, DSLR atopun handycam kudu bayar Rp25rb. Kalo sudah bayar peralatan buat motret tadi ntar dikasih gelang tag.

??????????

Dari tampak depan, museum ini terdiri dari 3 lantai. Masuk ke lantai dasar, disini dipamerkan beberapa koleksi mobil/motor kuno, sepeda & alat2 transportasi lainnya. Beberapa properti yang pernah digunakan oleh Presiden RI Soekarno juga dipajang disini seperti mobil kepresidenan hingga helikopter. Cukup banyak koleksi yang dipamerkan di lantai ini, sampe2 butuh waktu cukup lama untuk melihat satu per satu. Penataan barang pamer museum tertata cukup rapi. Ruangan dengan pencahayaan yang bagus serta pendingin ruangan yang pas membuat pengunjung merasa nyaman. Mobil2an kecil seperti Hot Wheels juga ada disini, ditaruh.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Lanjut ke lantai dua, disini dipamerkan alat2 transportasi tradisional khas Indonesia seperti beragam becak dari berbagai daerah sehingga pengunjung bisa membedakan perbedaan jenis becak antar daerah. Selain tranportasi darat, juga ada replika transportasi laut seperti perahu yang digunakan oleh nenek moyang kita dahulu. Yang cukup menyita perhatian pengunjung di lantai ini adalah mobil listrik Tuxuci yang mengalami kecelakaan ketika dikendarai oleh Pak Dahlan Iskan.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Kelar jalan2 di area indoor, selanjutnya melangkahkan kaki ke area outdoor. Di tempat ini terdiri dari berbagai macam area dimana mempresentasikan kondisi masing2 negara seperti Prancis, Inggris, Jerman, Itali hingga Amerika. Area Prancis misalnya terdapat replika Menara Eiffel, kemudian area Inggris terdapat replika bangunan Istana Buckingham, bis tingkat khas London, prajurit kerajaan berukuran raksasa & mobil Mr. Bean, kemudian Itali kental dengan suasana kafe & Vespa-nya, trus Jerman kental dengan suasana VW, Mercy & BMW serta replika diorama tembok Berlin. Begitupun Amerika, suasana koboi, petugas sheriff, pemadam kebakaran hingga bioskop jadul yang memutar film hitam putih Charlie Caplin. Oh ya, filmnya ini bener2 diputar loh, saya sempet menyaksikannya walau hanya 15 menit meski pingin nonton ampe habis hehehe… selanjutnya ada mobil2 dengan mesin small block hingga big block nongol disini plus mobil/motor yang pernah nongol di film2 Hollywood seperti Batman hingga Ghost Rider.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Berkunjung ke Museum Angkut bener2 menyenangkan khususnya bagi mereka yang doyan ama dunia otomotif. Keren banget dahhh…!!! Ngajak keluarga juga oke, apalagi anak2 gak cuman yang laki, yang perempuan juga menikmati museum ini. Begitu banyaknya barang yang dipamerkan serta boleh dibilang areanya cukup luas, saran saya kalo datang kesini jangan ke-sorean. Paling pas yahhh…pas buka museum. Sekitar jam 17.00 WIB, ada parade iring2an mobil/motor kuno. Yang ini gak boleh dilewatkan… seru acaranya…!!!

Di sekitar Museum Angkut ini juga terdapat Museum Topeng. Berbagai macam topeng, benda2 tradisional khas masing2 daerah mulai dari Aceh hingga Merauke dipajang disini. Bahkan benda2 yang mengandung unsur “magis” juga dipamerkan disini…!!!

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Kalo kelaparan & kehausan, gak perlu khawatir. Disini banyak jajanan. Pasar Apung Nusantara namanya. Beragam kuliner dari berbagai daerah dijajakan disini. Tinggal pilih menu yang diinginkan🙂 Jadi kalo berlibur ke kota Malang, Museum Angkut sangat rekomen untuk dikunjungi…!!! Wajib hukumnya🙂


3 Responses to “Museum Angkut Batu Malang, Obyek Wisata Museum Yang Wajib Dikunjungi…!!!”


  1. 31 Agustus 2014 pukul 10:22 pm

    bikin pengen jalan2😀

  2. 1 September 2014 pukul 10:15 am

    asli keren nih.. pemerintah daerah serius kalo hal museum begini, di DKI Jakarta baru mulai berbenah agar masyarakat mau berwisata ke museum


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
Agustus 2014
S S R K J S M
« Jul   Sep »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 6,474,346 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 376 pengikut lainnya

Suka Blognyamitra ???

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: