Yup, akhirnya kesampaian juga nyicipin Yamaha YZF-R15 meskipun trek yang disediakan seadanya. Banyak yang mengatakan bahwa R15 ama New Vixion Lightning (NVL) itu persis plek, cuman beda di pemakaian jubah fairing plus girboks 6 speed. Walaupun begitu peminat R15 membludak lewat inden online yang dibuka oleh pabrikan Yamaha. Apalagi dengan banderol Rp28 juta, harga yang cukup menggiurkan bagi konsumen pecinta motorsports…!!! Hal yang wajar, banderol segitu terpaut cukup jauh dibandingkan dengan kompetitor sebelah…!!!
Tampilan R15 yang memiliki R-DNA cukup sporti terlihat penggunaan 2 buah lampu depan, bagian buntut yang lancip plus penggunaan lampu belakang tipe LED. Fairing dikasih sirip udara untuk mengeluarkan hawa panas mesin sekaligus meningkatkan sektor aerodinamika. Sektor kaki2 cukup kekar, mirip dengan NVL. Bagian depan ban pake ukuran 90/80-17 & belakang 130/70-17. Swing arm alias lengan ayun R15 sudah pake aluminium, mantep dahhh…!!!
Selanjutnya naik ke atas jok, wah tinggi tempat duduk rasanya agak lebih tinggi ketimbang NVL. Posisi setang sejajar ama tangki, jadi posisi badan merunduk. Kunci kontak dimasukin ke lubang kunci magnet yang mirip NVL. Panel speedometer perpaduan antara digital & analog. Putar kunci kontak, jarum RPM bergerak & diikuti nyala lampu semua indikator. Oh ya, gak ada tulisan “Hi Bro” seperti NVL Pencet tombol starter bruuummm… suara persis ama NVL. Tarik tuas kopling masukin gigi terus ngacir…!!! Kesan pertama karakter mesin identik dengan NVL. Mesin R15 menghasilkan keluaran sebesar 16,59 hp @ 8.5000 RPM & torsi 14,5 Nm @ 7.500 RPM. Tuh kan mirip ama NVL. Berhubung R15 udah pake girboks 6 tingkat percepatan, rasio giginya rada rapat ketimbang NVL. Akselerasi lebih cepat…!!! Rem depan & belakang cukup mumpuni menghentikan laju R15…!!!
Handling R15 terbilang enak, nurut diajak bermanuver…!!! Suspensi belakang lebih keras dari NVL, karakter motor balap…!!! Keuntungannya diajak nikung motor tetep stabil tapi kelemahannya kalo lewat jalan jelek terasa gak nyaman. Oh ya ada perbincangan hangat diantara para blogger,untuk problem komstir gimana yah ??? apakah permasalahan komstir di Vixion menular juga di R15 ??? 🙂 mengingat harga parts-nya lumayan menguras isi dompet.
Berhubung riding position merunduk, konsekuensinya kalo dipake bermacet ria siap2 aja badan pegal2 🙂 Spion depan yang lebar juga kudu jadi perhatian, kalo gak bisa nyenggol spion mobil orang. Buat boncengan, beban lengan biker makin berat karena posisi duduk pembonceng cukup tinggi. Kemudian juga si pembonceng kudu meluk badan ke rider, maklum gak ada behel di bagian belakang. Kalo buat pasangan kekasih sih bisa jadi makin tambah romantis
cie cieee cak mitra
http://kobayogas.com/2014/06/24/hot-leaked-updated-total-change-model-dan-mesin-baru-bagi-ninja-4-silinder-di-2015/
Auhhhh…
waktu lihat R15 d Malang suara knalpotnya lebih senyap ketimbang NVL, bahkan g ada karakter menggelegar khas Vixion
aku kapan ya….
wah enaknya…
aku kapan ya