Bertempat di restoran Talaga Sampireun kawasan wisata Ancol Jakarta Utara pabrikan Yamaha ngadain kopdar dengan calon pemilik Yamaha YZF-R25 sekaligus test ride. Blogger juga berkesempatan mencicipi motorsports andalan Yamaha di kelas 250 cc. Walau treknya terbatas namun atas seizin pak Indra Dwi Sunda, saya bisa menjajalnya lebih lama, yah biar afdol gitu lah, kan gak seru kalo cuman bentar doank pakenya…
Berhubung sesi test ride-nya motor berkapasitas mesin besar, mau gak mau kudu pake safety gear yang memadai. Meski dari pihak Yamaha sendiri sudah menyiapkan, namun saya lebih pede pake punya sendiri. Helm full face Nolan, knee protector Dainese & glove RS Taichi siap menemani saya menunggangi R25.
Tampang R25 yang menyita perhatian adalah 2 buah lampu depannya yang seolah sedang menatap tajam. Bagian buritan cukup sporti plus ditunjang lampu belakang LED. Kaki2 cukup kekar, ban depan pake ukuran 110/70-17 & belakang 140/70-17. Sasis R25 tidak pake tipe deltabox tapi pake tipe diamond yang bertujuan agar karakternya pas dipake buat harian. Sayang untuk swing arm masih berbahan besi bukan aluminium seperti R15. Oh ya, ada mengganjal di bodi R25 & menjadi perbincangan hangat para blogger yakni pemakaian lampu sein model Vixion/Byson. Model sein seperti ini kurang awet, rata2 pengguna Vixion/Byson mengeluh karetnya retak. Rata2 umurnya di kisaran 3 tahunan. Yah masukan buat Yamaha untuk memperbaiki sektor ini, kan gak lucu umur motor berharga Rp52 juta belom 4 tahun tapi sein udah oblak
Kunci kontak R25 masih model konvensional, wah kudu hati2 nih bro & sis, jangan sampe kuda besi apes digondol maling. Ketinggian jok yang saya rasakan lebih rendah dari R15. Kaki bisa menapak, beda dengan R15 yang agak jinjit. Posisi berkendara lagi2 pas, tidak terlalu merunduk seperti R15, sehingga bawa R25 masih enak dipake di kepadatan lalu lintas ibukota. Genggaman setang R25 nyaman & pas di tangan. Putar kunci kontak…pencet tombol starter…brummm…. suara khas motor 2 silinder keluar. Mesin R25 berkonfigurasi 2 silinder, DOHC, pendingin radiator & injeksi sanggup memuntahkan tenaga sebesar 35,5 hp @ 12.000 RPM & torsi 22,6 Nm @ 10.000 RPM…!!! Belum lagi bobotnya yang terbilang ringan yakni 166 kg. Secara teori di atas kertas, performa R25 diatas lawan2nya…!!!
Tarik kopling, masukin gigi 1 trus wuzzz… wah mantep akselerasinya…!!! Jarum RPM naik begitu cepat…!!! Diajak manuver, R25 nurut mengikuti kemauan bikers. Bodi terbilang rada ramping ketimbang kompetitor motor sebelah (2 silinder) sehingga masih nyaman buat selap selip. Indikator speedometer terbilang lengkap seperti adanya penunjuk waktu & lampu indikator pindah gigi (shift light). Pindah gigi & bolak balik tarik kopling gak ada masalah karena kopling cukup enteng koq. Rem depan belakang cukup pakem…!!! Ketika melewati jalanan jelek, suspensi yang tergolong konvensional masih bisa meredam goncangan dengan baik.
Di sela2 acara ada hiburan free style menggunakan R25 serta pose cewek2 majalah dewasa…upppsss… :mgreeen:
wah enaknya
wew..syng gak ke sana sy 😀
ra ono undangane
Fitur ngampleh udah ditulis di artikel
wich jos
wah mantaap
Test Ride Yamaha R25
http://monkeymotoblog.com/2014/06/23/official-first-ride-impression-with-yamaha-r25-mantap-ini-motor/
idih jadi kepingin saja sampeyan ki 😀 http://cicakkreatip.com/2014/06/23/new-vixion-lightnig-livery-motogp-2014/
sip! bungkus wae mas 😀
Nasi goreng spesial bungkusss… 🙂
kunci kontaknya mirip punya byson 😀
http://siraya96.wordpress.com/2014/06/24/yamaha-yzf-r6-supersport-gendut/
Motor ini emang keren & safety gear yang dipake untuk test ride motor ini juga ga kalah keren 😀