10
Mei
14

Strategi Pabrikan TVS, Bermain Di Niche Market…!!!

??????????

Menghadapi 2 giants Honda & Yamaha tentu butuh effort lebih. Bermain head to head jelas gak mungkin, bisa2 keok babak belur…!!! Salah satu strategi yang pas yakni menghindari pasar mereka, tentu saja si pemain kudu jeli melihat pasar yang belum digarap oleh 2 samurai tadi. Awal Mei 2014, PT. TVS Motor Company Indonesia (TMCI) memperkenalkan motor sport TVS Apache RTR180 XVenture yang tak lain adalah re-lauch produk pendahulunya TVS Apache 180. TVS Apache RTR180 XVenture kini lebih tegas positioning-nya yakni motor yang bisa diajak di jalanan mulus(on road) maupun jalanan rusak (offroad). ??????????

“Berawal dari kesuksesan jarak 10.426 KM di Lintas Borneo & Ekspedisi 7 Danau di Sumatera (Saptaranu) 8500 km, terbukti bahwa mesin TVS tangguh & handal menghadapi kondisi berbagai jalanan,” ungkap Bpk. Herry Budijanto Dragono, Chief Marketing Officer PT. TMCI. Kondisi infrastukur jalanan yang kurang bagus di luar Jawa serta pertumbuhan sektor perkebunan & pertambangan merupakan pangsa pasar yang pas untuk digarap…!!! Untuk kendaraan roda empat bisa mencontoh mobil double cabin yang laris diterima konsumen, nyaman ditumpangi namun sanggup melahap jalanan rusak. “Yah seperti itulah yang qta harapkan dari Apache RTR 180 XVenture ini. Salah satu yang coba kami tawarkan adalah kerjasama dengan industri perkebunan & pertambangan. Dan gak perlu khawatir, qta akan fasilitasi juga dengan layanan bengkel di tempat tersebut,” kata pak Herry kepada saya sambil menyebutkan target penjualan 400 unit sebulan.

??????????

Yup, butuh proses cukup panjang untuk membuktikan bahwa suatu produk handal & diterima konsumen. Bermain di ceruk pasar kalo jeli & digarap serius akan memperoleh hasil yang menggiurkan…!!! Brand building suatu hal yang dipikirkan oleh TMCI. Ini penting, ketika ditanya ke konsumen, apa yang ada di benak pikiran jika ditanya tentang TVS. Bisa jadi jawabannya hanya “Motor India”. Ke depannya harus lebih dari itu, bisa jadi jawabannya “Mesinnya tangguh”. Agar selaras dengan penciptaan citra suatu merek tentu harus diimbangi dengan layanan purna jual seperti bengkel & suku cadang. Kalo gak gitu yah percuma. Belajar dari mobil2 Korea yang ada hadir disini, label Kia & Hyundai sudah diterima masyarakat. Suatu hal yang berbeda 5 ato 10 tahun yang lalu dimana mereka masih dianggap sebelah mata.

Apa sih yang tidak mungkin ??? kalo serius & jeli, bisa koq TVS akan sukses seperti duo Korea tersebut.

 

 


9 Responses to “Strategi Pabrikan TVS, Bermain Di Niche Market…!!!”


  1. 10 Mei 2014 pukul 9:03 pm

    mantab nih . . . . photonya keren-keren

  2. 7 debu biru
    12 Mei 2014 pukul 10:07 am

    kekhususan nya apa ya bang, koq dijual dengan nama ‘Xventure’ ? ban nya kelihatan ban aspal biasa, spakbor nya juga nempel ban,, knalpot, cover body, stang.. semuanya masih nuansa road bike.. so?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
Mei 2014
S S R K J S M
« Apr   Jun »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 6,484,629 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 378 pengikut lainnya

Suka Blognyamitra ???

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: