01
Mei
14

1 Mei 20 Tahun Yang Lalu…Mengenang Ayrton Senna…!!!

Ayrton Senna

Tanggal 1 Mei adalah hari buruh. Ribuan buruh turun ke jalan menuntut hak2 mereka yang selama ini belum terpenuhi. Namun bagi mereka penikmat jet darat F1 tentu masih ingat dengan tragedi tikungan Tamburello di GP San Marino Itali. Yup, Ayrton Senna tewas akibat kecelakaan hebat saat memimpin balapan dengan menggunakan mobil Williams Renault. Sang pembalap Brasil mengalami cedera parah di kepalanya. Entah bagaimana ceritanya mobil FW16 dengan mesin Renault V10 meluncur deras ke tembok. Hingga saat ini penyebab kecelakaan masih misteri belum terpecahkan. Hanya Senna & Tuhan yang tahu.

Formula One Childhood Photos

Ayrton Senna lahir di Sao Paolo, Brasil tanggal 21 Maret 1960. Bakat membalap sudah terlihat sejak kecil. Kelihaian mengemudi jet darat tidak hanya diakui oleh rival di masanya namun juga pembalap2 F1 saat ini. Sirkuit Monaco yang terkenal sulit sanggup ditaklukan sebanyak 6 kali sehingga mendapat julukan Master of Monaco. Gak cuman itu, Senna juga piawai membalap di kondisi lintasan basah. Kehebatan menaklukan trek basah diakui oleh rival beratnya Alain Prost “Ketika kondisi sirkuit basah, sulit sekali untuk menyalip dia”

Di era 1990-an rivalitas Ayrton Senna & Alain Prost ketika di tim McLaren Honda belum ada yang bisa menandinginya hingga saat ini…!!! Puncaknya di seri penutup GP Suzuka Jepang 1989 dimana gelar juara dunia F1 ditentukan antara Senna & Prost. Di sebuah tikungan kedua pembalap tersebut bersenggolan ketika Prost berusaha memblok usaha Senna untuk menyalipnya. Sekalipun Prost kemudian gagal finish & Senna menang namun Senna diberikan hukuman diskualifikasi oleh pengawas lomba. Gelar juara dunia pun jatuh ke tangan Prost. Masih dalam perdebatan apakah Prost sengaja menabrak Senna, ato Senna memaksakan diri menyalip ato emang lagi sakit hati diantara keduanya. Insiden GP Suzuka terulang lagi di tahun 1990 kali ini Senna dengan sengaja nabrakin Prost di tikungan yang sama…!!! Weleh3x… Rivalitas Senna & Prost tak hanya di sirkuit tapi juga perang kata2 di media.

Senna & Prost

Ayrton Senna 2

Akhir 1993 Alain Prost memutuskan pensiun dari dunia balap. Dan dia berkata kepada Senna “This may be the last race where we are at a press conference together and I think we should show the people something nice – maybe shake hands, or something” disaat itu Senna tidak menjawabnya dikarenakan rasa kecewa. Sampai pada akhirnya saat berada di Adelaide mereka finish posisi 1 & 2 kembali, Senna berkata kepada Prost “What are you going to do now?’ Prost pun terkejut lalu berkata  “I don’t know yet” & dengan nada sedih sambil tersenyum Senna berkata “You’re going to be fat”. Lalu akhirnya saat berada diatas podium Senna memutar badannya lalu menjabat tangan Prost & memeluknya. Setelah Prost pensiun dari F1 pada tahun 1994 Senna mengakui kepada dunia bahwa dia & Alain Prost bersahabat serta mengatakan bahwa motivasinya datang dari pertarungan dengan rival satunya itu.

Senna boleh garang di lintasan tapi punya sisi manusiawi di hatinya. Di sebuah kualifikasi GP Belgia 1992, Erik Comas mengalami kecelakaan hebat. Senna gak jauh berada di belakangnya. Bukannya meneruskan sesi kualifikasi tapi meminggirkan mobilnya di pinggir lintasan. Keluar dari kokpit, Senna bergegas menolong Comas. Dalam sebuah wawancara Comas berkata “Senna datang menghampiriku, dia langsung mematikan mesin & mengangkat kakiku dari pedal gas. Suasana saat itu mencekam. Tidak ada dia mungkin saya sudah tewas karena sudah tercium bau bensin & mobil bisa terbakar sewaktu2”. Gak berapa lama kemudian tim penolong datang menyelamatkan Comas.
Jiwa penolong di dalam diri Senna juga nyata dengan didirikannya Ayrton Senna Foundation yang bertujuan untuk menolong anak2 kurang beruntung di negaranya. Alain Prost adalah pembalap yang paling merasa kehilangan ketika mendengar sang juara dunia 3 kali telah pergi. Hal ini terlihat dari Prost yang turut mengusung peti jenasah Senna sebelum dikubur. Tak hanya sampai disitu, Alain Prost menjadi pengurus di Yayasan Senna…!!!
Prost & Senna
Racing Is In My Blood. Senna juga dikenal sebagai pembalap yang menentang penggunaan perangkat elektronik di ajang F1. Andaikata Senna masih hidup,entah bagaimana reaksinya melihat mobil F1 yang sarat perangkat elektronik saat ini.
Guna memperingati 20 tahun kepergian Senna, tim Williams F1 memberi penghormatan peringatan 20 tahun Senna di moncong mobilnya.
Williams Martini Formula One
Williams Martini F1

1 Response to “1 Mei 20 Tahun Yang Lalu…Mengenang Ayrton Senna…!!!”


  1. 1 aurora
    7 Mei 2014 pukul 12:01 pm

    senna adalah seorang legenda, meskipun ada juga sisi negatifnya. memang manusia tdk ada yg sempurna. saya setuju dngan pendapatny soal perangkat elektronik. balapan jaman sekarang terlalu dibantu oleh perangkat elektronik, baik f1 maupun motogp. seorang valentino rossi pun tdk setuju dg banyaknya bantuan elektronik di motor balap. skill pembalap menjadi tidak dominan. contoh jelas di motogp, dani pedrosa langsung hi-side ketika kabel traction controlnya putus di malaysia tahun lalu. jadi rindu masa-masa tahun 2001 dan sebelumnya.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
Mei 2014
S S R K J S M
« Apr   Jun »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 6,475,018 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 376 pengikut lainnya

Suka Blognyamitra ???

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: