26
Nov
13

Mengenal Lebih Dekat Teknologi Moge Yamaha…!!!

??????????

Dalam acara lauching moge Yamaha kemaren di Dealer DDS Jakarta Pusat (artikelnya disini), sempet juga dipresentasikan tentang teknologi motor Yamaha yang nemplok di varian R1, R6 & VMax oleh Pak M. Abidin selaku General Manajer Service and Motorsports Yamaha Indonesia. Sayang hanya sekilas, idealnya sih dibiqin sesi tersendiri ato biqin workshop🙂 Meski hanya sebentar, tapi banyak info2 yang didapat dari teknologi moge.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Fitur teknologi yang ada di Yamaha R1 & R6 antara lain :

  • Yamaha Chip Controlled Throttle (YCC-T) atau kontrol suplai udara dengan fly by wire throttle. Gerakan throttle grip akan dibaca oleh Accelerator Position Sensor yang kemudian dikirim ke ECU. Selanjutnya ECU akan memberi sinyal kepada Throttle Servo Motor untuk menggerakkan throttle valve. Hasilnya adalah udara yang masuk sesuai dengan debit yang diinginkan oleh ECU.
  • Yamaha Chip Controlled Intake (YCC-I) merupakan kontrol kecepatan udara masuk. ECU akan mengatur panjang pendek intake manifold.
  • Crossplane Crankshaft dimana keluaran tenaga selaras dengan respon throttle sesuai dengan keinginan biker. Sudut connecting rod antar silinder dibuat 90 derajat. Hasilnya adalah tenaga & traksi motor mudah dikendalikan terutama saat keluar tikungan. Silakan diliat video youtube-nya di bagian ini paling bawah…!!!
  • Fracture Splitting Carburized Connecting Rod yaitu material menggunakan metode carburization heat processing pada suhu yang tinggi guna meningkatkan fatique strength material baja. Proses selanjutnya adalah didinginkan menggunakan oli & air guna menghasilkan harder crystallization. Bagian rod & cap pada big end dipisahkan dengan metode fracture split guna presisi yang tinggi.  
  • Aluminium Deltabox Frame, tentu sudah banyak yang tahu nih…pertama kali digunakan pada GP500 Yamaha YZR500 tahun 1983. Konstruksinya kaku (rigid) & bobot ringan sehingga motor nyaman diajak keluar masuk tikungan.
  • Exhaust Ultimate Power (EXUP) merupakan teknologi untuk meningkatkan torsi dengan mengoptimalisasi exhaust pulse. Saat RPM rendah, katup menutup. Tekanan balik yang dihasilkan untuk torsi yang maksimal.

Selanjutnya untuk si gambot VMax teknologinya selain ABS adalah Shaft Drive yakni penyalur tenaga ke roda belakang tak lagi menggunakan rantai. Dengan Shaft Drive 2 cross join memungkinkan aplikasi ban belakang yang lebar.

Oke deh, segitu dulu, semoga bermanfaat…


9 Responses to “Mengenal Lebih Dekat Teknologi Moge Yamaha…!!!”


  1. 26 November 2013 pukul 4:22 pm

    yang 500 jutaan ga boonk lah😀

  2. 28 November 2013 pukul 10:32 am

    hmmmmmmmmm, jauuh dari jangkauan

  3. 29 November 2013 pukul 9:49 pm

    Ini harga 500K saamplope😀 aseekkk

  4. 9 Rollerman
    19 Desember 2013 pukul 9:59 pm

    Teknologi EXUP belum ada yah d aplikasikan ke sport 600 kebawah, padahal bagus tuh


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
November 2013
S S R K J S M
« Okt   Des »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 6,471,177 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 376 pengikut lainnya

Suka Blognyamitra ???

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: