18
Nov
13

Kelamaan Pake Fitur Defogger, Kaca Belakang Mobil Bisa Pecah…???

Camera 360Hari Minggu pagi hp berdering, karena saya lagi riding bawa si Vixi ke tempat cuci steam motor, ntar aja deh pikir saya, kalo dah sampe di TKP akan call back ke dia. Cek ke HP, eh sohib SD yang telpon. Yo wis, telp balik, gak diangkat, di-BBM aja. “Ada apa mas bro…?”,tanya saya, “Lagi kena musibah mas bro, kaca belakang City (Honda) pecah berantakan,” ujar temen saya. Wah koq bisa sih ??? Camera 360Dia pun bercerita kronologisnya, hari Jumat sore, mobil meluncur dari Tangerang ke arah BSD. Cuaca saat itu hujan lebat. Berhubung hujan, kaca belakang berembun. Mengatasi embun di kaca belakang, defogger pun dinyalakan. Sampai BSD sekitar jam 19.00, defogger pun dimatikan karena akan makan malam (kurang lebih 1 jam). Kelar makan, meluncur ke Bandung lewat tol JORR. Berhubung masih hujan, defogger dinyalakan, namun sesekali dimatikan sebentar kurang lebih 15 menit.

Sekitar jam 21.30 sampe Rest Area KM 57, mampir bentar buat memenuhi panggilan alam (pipis):mrgreen: Berhenti kurang lebih 15 menit. Posisi defogger masih dalam posisi nyala karena bini-nya gak ikutan turun. Kemudian jalan lagi, hingga akhirnya terdengar bunyi duaaarrr (KM 79) …!!! Celingak celinguk sambil lihat spion apa yang terjadi, eh…pandangan kaca belakang tidak jelas. Pas di-cek, ternyata sudah pecah, namun tertolong oleh kaca film sehingga kaca tidak berhamburan kemana2.

Apa penyebab kaca belakang bisa pecah ??? ada yang mengatakan perbedaan suhu yang cukup besar antara suhu dalam kabin dengan suhu luar, kelamaan parkir diluar (mobil dijemur), pemakaian defogger yang terlalu lama (mungkin karena panas), ada juga karena sebelumnya sudah ada retak kecil/halus sehingga begitu defogger nyala lama kelamaan retakan semakin besar dsb.

Seperti itulah analisa2 berbagai penyebab kaca belakang pecah. Ada yang mo nambahin ato ngomentari, monggo bro & sis…

Oh ya, di Jakarta ada toko spesialis kaca mobil yang telah menjadi rujukan khususnya klub2 mobil yakni Toko Moro Seneng, Jl. Bangau IV No.2E (Jl. Stasiun Senen No.50E), Jakarta Pusat telpon 021-3803797 ato 4201972.

Artikel terkait kaca mobil, bisa baca disini.


6 Responses to “Kelamaan Pake Fitur Defogger, Kaca Belakang Mobil Bisa Pecah…???”


  1. 18 November 2013 pukul 11:50 am

    Kayaknya spt itu cak.. kemungkinan dah ada retakan kecil yg ga kedeteksi..

  2. 19 November 2013 pukul 6:08 am

    mobilnya nggak ada fitur ini

  3. 4 Rollerman
    19 Desember 2013 pukul 10:03 pm

    defogger?? cara kerjanya gmana yah? soalnya jarang terdengar.hehe

  4. 30 Desember 2013 pukul 11:44 pm

    Pendapat anda ada benarnya juga,karna sy juga ada pengalaman dari teman sy tapi kejadiannya berbeda sedikit dari pengalaman anda. Di saat perjalan ada seseorang di pinggir jl raya mungkin iseng melempar bungkusan plastik minuman yg masih ada sisa batu es nya ke tengah jalan dan apes nya temen sy itu ga bisa menghindarinya karena kejadiannya spontan begitu aja,nah! Di saat lemparan itu pas mengena pinggir kaca tiba2 “brak!!!” kaca depan rontok semua,boleh jadi ada penyebab perbedaan suhu kaca yg bertemu dgn minuman yg masih ada es batunya yg dingin menjadi penyebabnya.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
November 2013
S S R K J S M
« Okt   Des »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 6,471,177 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 376 pengikut lainnya

Suka Blognyamitra ???

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: