11
Sep
13

Yamaha X-Ride, On Road Bisa…Off Road Bisa…!!!

X-Ride

Yamaha X-Ride hadir dengan tampang berbeda dengan skutik2 sebelumnya yang telah mengaspal disini. Desainnya yang bagi sebagian orang rada nyeleneh dengan sudut2 tegas seolah memberi kesan nih skutik bukan sekedar skutik biasa namun ada sesuatu lebih yang ditawarkan.

Yamaha X-Ride samping

Ketika menaiki skutik ini, sedikit agak kagok dengan stangnya yang baplang. Tinggi saya yang hanya 165 cm, kaki bisa menapak pas di aspal walau sedikit masalah dengan dek yang terasa ngepas (kurang leluasa) dengan sepatu saya. Maklum ukuran sepatu 42 :mrgren: Masih di seputar dek, terdapat cantolan untuk membawa barang seperti tas ato kantong plastik. Sayang, gak ada kompartemen (laci) buat nyimpen barang di dek depan. Repot juga nih kalo mo bawa botol air mineral.

Kunci kontak magnet dimasukin, jlebbb… Mesin berkubikasi 113,7 cc pun dinyalain terdengar samar2 suara fuel pump bekerja. Suara mesin gak jauh beda ama Mio series. Yup, mesin X-Ride basisnya ngambil dari Mio, udah pake pasokan bahan bakar injeksi YMJET-FI, teknologi diasil cylinder & forged piston…!!! Saya pun melaju ke jalan raya untuk mengetahui performa dari X-Ride plus isi bensin full tank pake BBM Shell Super, sekalian ngitung fuel consumption…!!!

Yamaha X-Ride belakang

Tarikan awal (putaran bawah) terasa padat & berisi, lebih galak dibandingkan dengan Mio. Ternyata hal ini dikarenakan ada perbedaan setting CVT (roller), begitu penjelasan dari pak M. Abidin selaku GM Service & Motor Sport Yamaha. Di putaran menengah hingga atas, yah 11-12 ama Mio, mirip. Speedometer sempet menyentuh 90 km/h walau bisa lebih namun situasi lalu lintas tidak mendukung. Ya iyalah, Jakarta gitu lohhh…emang mo ngebut dimana:mrgreen:

Tes selanjutnya adalah membelah kemacetan ibukota. Bodinya yang enteng membuat si X-Ride enak diajak selap selip namun kudu perhitungan nih… jangan sampe spion yang rada nonjol keluar dari stang menyenggol kendaraan lain, bisa2 ntar dimaki2:mrgreen: lagi enak2nya riding, ehhh…tiba2 ada motor nyelonong nerabas lampu merah… ahhh…untungnya rem cukup mumpuni menghentikan laju motor. Mengoperasikan smart lock system di jalanan tanjakan cukup mudah & simpel.

Stang Yamaha X-Ride

Skutik yang didesain untuk bisa melahap 2 alam ini:mrgreen: membuat saya penasaran untuk mencoba X-Ride di jalanan jelek. Kebetulan di dekat rumah saya ada jalanan jelek (makadam), polisi tidur ampe lapangan dengan kontur tanah tidak rata. Ground clearance yang tinggi, tapak ban lebar serta suspensi yang lebih panjang membuat X-Ride masih nyaman untuk melewati jalan jelek. Peredamannya pas, gak terasa mental mentul…!!!

Oh ya, ada yang kurang nih ketika akan parkir motor. Saya biasanya naruh helm di atas jok kemudian diikat pake rantai ke behel belakang. Nah di X-Ride behel belakang terpisah antara kiri & kanan, gak menyatu. Jadi terpaksa deh helm ditenteng kesana kemari.

Setelah dipake beberapa hari dengan kondisi jalan bervariasi lancar, macet, padat merayap dsb, menggunakan metode full to full diperoleh konsumsi BBM sebesar 46,6 km per liter…!!! Iritlah…!!!


4 Responses to “Yamaha X-Ride, On Road Bisa…Off Road Bisa…!!!”


  1. 11 September 2013 pukul 5:18 pm

    imbang ama v125 ku kisaran 45 kpl

  2. 11 Desember 2013 pukul 11:17 pm

    tampilannya sangat macho
    pas dengan sekitaran rumah ane (pujon)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
September 2013
S S R K J S M
« Agu   Okt »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 6,469,619 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 376 pengikut lainnya

Suka Blognyamitra ???

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: