10
Sep
13

Mengenal Lebih Dekat Tentang Filter Oli…!!!

??????????

Sesuai janji saya pada artikel sebelumnya, saya coba kupas satu per satu tentang filtration yang ada di kendaraan baik itu mobil maupun motor. Kali ini saya akan membahas tentang filter oli. Semua mobil pasti menggunakan filter oli, begitu juga dengan motor walau belum semuanya, yang berfungsi sebagai penyaring kotoran pada oli sebelum dialirkan pada seluruh mesin. Filter oli merupakan salah satu komponen penting agar kondisi mesin tetap sehat…!!! Lalai ganti filter oli, bisa2 kotoran2 oli akan ngendap di mesin, lama kelamaan bisa biqin umur komponen mesin menjadi pendek. Pabrikan pun menganjurkan agar setiap 2 kali ganti oli mesin maka wajib ganti filter oli. ??????????

Filter oli mempunyai bagian2 yang terdiri dari metal end gap, spiral centre tub, pleated paper & adhesive. Bagian penting dari filter oli adalah kertas filter/penyaring…!!! Mesin menggunakan sistem pelumasan bertekanan untuk mendistribusikan oli ke bagian yang bergerak. Yang ini adalah tugasnya pompa oli. Pompa oli dapat menghasilkan tekanan hingga 500 Psi sedangkan mesin hanya butuh 40-60 Psi untuk proses pelumasan & dapat meningkat menjadi 80-100 Psi untuk pendinginan.

??????????

??????????

??????????

Masalah-masalah yang muncul pada filter oli adalah :

  1. Excessive sludge, hal ini diakibatkan oleh kotoran yang tertahan sehingga menyebabkan tersumbatnya filter oli, bahan tambahan oli (detergent/aditif) dapat menyebabkan kotoran mesin terkuras & melekat pada filter oli.
  2. Pembengkakan pada filter oli, filter oli didesain tahan menahan tekanan hingga 5 kali daripada tekanan normal pada sistem pelumasan. Pembengkakan terjadi karena pressure regulating valve tidak berfungsi sehingga filter menggelembung.
  3. Exploded filters, filter meledak karena terbaliknya pemasangan saluran kembali oli ke dan dari filter ke housing.
  4. Collapsed filters, filter terlipat karena tersumbatnya media oleh kotoran atau tidak berfungsinya by-pass valve.

Ketika ingin mengganti filter oli, jangan lupa oleskan oli pada packing filter oli yang baru. Pastikan kondisi seal packing filter oli dalam kondisi baik (tidak putus, tidak melejit ato bergeser.


4 Responses to “Mengenal Lebih Dekat Tentang Filter Oli…!!!”


  1. 3 johan iswara
    13 November 2013 pukul 9:53 pm

    mau tanya, kalau di mio j ada filter olinya juga ? kalau perlu diganti sebaiknya kapan >

  2. 4 To johan
    28 September 2015 pukul 9:53 pm

    kapan aja bole! yg penting ada duitnya lek…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
September 2013
S S R K J S M
« Agu   Okt »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 6,479,167 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 377 pengikut lainnya

Suka Blognyamitra ???

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: